spot_img
spot_img
HomeE-InvoicingAplikasi Invoice10 Alasan Pakai E Invoicing Software Lebih Menguntungkan

10 Alasan Pakai E Invoicing Software Lebih Menguntungkan

Permasalahan bisnis yang sering terjadi adalah masalah pencatatan keuangan bisnis. Dalam membuat invoice digital, sistem keluar masuk tagihan sudah menggunakan e invoicing software yang dapat membantu operasional bisnis.

Invoice adalah komponen penting yang harus dipersiapkan dalam bisnis apapun. Invoice mendokumentasikan perjanjian tertulis tentang transaksi antara bisnis dan pelanggan.

Selain itu, invoice juga berisi rincian tentang berapa banyak pelanggan berhutang, produk atau layanan apa yang disediakan bisnis, tanggal penjualan, dan tanggal jatuh tempo pembayaran.

Mengejar klien dan memastikan bahwa semua tagihan dibayar memerlukan keterampilan multi-tugas dan pembukuan. Agar tugas rutin ini lebih mudah, sangat disarankan untuk beralih ke E invoicing software atau invoice digital.

invoice digital adalah proses yang jauh lebih efisien dibandingkan dengan bentuk invoice offline lainnya. Dalam model bisnis tradisional, setiap prosedur kertas penuh dengan langkah-langkah administratif.

Hal ini memakan waktu yang menjadikan invoice digital sebagai solusi terbaik untuk dipertimbangkan

10 Keuntungan Ganti dengan E Invoicing Software

Invoice mungkin tampak seperti dokumen yang tidak praktis, tetapi ini penting. Menguasai dasar-dasar invoice dapat membantu sebuah bisnis menyimpan catatan, meningkatkan efisiensi, dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan.

Selanjutnya, invoice dapat memberikan wawasan tentang kinerja bisnis dan membantu dalam keputusan strategi bisnis. Berikut adalah manfaat lain yang dapat kamu rasakan ketika membuat invoice digital.

  1. Efisiensi Waktu
e invoicing software
ilustrasi invoice digital

Waktu sangat berharga, semua orang tahu itu. Memiliki software invoice digital dapat menghemat banyak hal. Kamu tidak harus menghabiskan berjam-jam mengerjakan invoice secara manual.

Dengan invoice digital, kamu dapat memastikan bahwa pembuatan invoice dapat selesai tepat waktu dan kamu dapat melacaknya dengan mudah. Jadi lebih cepat dan efisien, bukan? 

  1. Efisiensi Biaya

Invoicing secara online juga mengurangi biaya pembuatan faktur untuk bisnis kamu. Jika tidak dilakukan secara online, kantor harus mempersiapkan biaya perlengkapan dokumen seperti kertas, amplop, materai, dan juga ongkos kirim.

Semua biaya ini dapat berkurang secara efisien ketika faktur online muncul. Dengan begitu, kamu hanya membutuhkan waktu yang jauh lebih sedikit untuk menyelesaikan pekerjaan.

  1. Mempermudah Pembayaran

Setiap kali invoice diterima secara langsung, proses pembayaran biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Software invoice seperti Invoice NG dikembangkan agar membantu pekerjaan kamu dalam mempercepat proses pembayaran dengan memberikan beberapa opsi pembayaran kepada klien (baik online maupun offline).

  1. Mempermudah Perusahaan
invoice
Ilustrasi mengirimkan invoice pada pelanggan

Pengisi invoice sudah tidak perlu lagi mengisi semua invoice secara manual di akhir bulan. Dengan faktur online, semua pekerjaan akan lebih mudah.

Cukup masukkan informasi mengenai kontak klien satu kali, kemudian informasi tersebut secara otomatis akan muncul dan dimasukkan ke dalam invoice digital hanya dengan mengklik tombol.

  1. Mempermudah Klien

Sebelum adanya invoice digital, kamu harus mengirimkan banyak invoice secara langsung yang dimana, kemungkinan besar klien juga menerima banyak invoice.

Dengan invoice digital, kamu dapat membantu mengurangi jumlah kekacauan di meja klien dan meningkatkan kemungkinan mereka akan menerima invoice perusahaan lebih cepat dan sebelum mereka tenggelam ke dasar tumpukan.

Semakin mudah kamu membuat klien membayar, semakin cepat kamu mendapatkan pemasukan.

Baca juga: Yuk, Ketahui Bagaimana Online Invoice Bekerja

  1.  Koordinasi Lebih Rapi

Apa kamu pernah lupa saat klien belum juga membayar sesuai dengan invoice yang kirimkan?

Pemilihan e invoicing software dapat memudahkan kamu menyalakan pengingat dan menghasilkan invoice secara otomatis setiap kali ditugaskan untuk melakukannya.

Keberadaan software ini menjadi salah satu cara yang efektif untuk melacak invoice mana yang dikirim, dibayar, atau terutang tanpa mengganggu klien.

  1. Mudah Diakses

Dengan membuat invoice digital, kamu dapat mengakses informasi di mana saja dan dari perangkat apa pun. Untuk mengaksesnya hanya perlu masuk ke akun untuk mengetahui client mana yang harus mulai penagihan.

invoice digital akan tersimpan di ruang penyimpanan yang memberi kemudahan untuk mengelola informasi klien dan penagihan dari satu aplikasi. 

Software ini dapat dibuka melalui banyak perangkat, seperti desktop, tablet, atau smartphone.

Ini berarti jika kamu tidak dapat datang ke kantor, baik sedang di rumah atau bepergian, tetap dapat mengirim dan mengelola invoice kapan pun.

  1. Tingkat Keamanan yang Tinggi

invoice digital memberimu ketenangan pikiran karena software-nya sangat aman dan dicadangkan di cloud. Ini melindungi file dari gangguan dan kehilangan.

Dengan memanfaatkan software invoice, kamu dan klien dapat merasa tenang dengan memastikan bahwa tidak akan pernah ada potensi kehilangan atau kebocoran data yang dapat membahayakan detail pribadi bisnis atau pelanggan selama proses transaksi.

Baca juga: Intip Contoh Invoice Penjualan, Pembayaran, dan Tagihan Yuk!

  1. Mempermudah Komplain Konsumen

Proses komplain akan lebih mudah ketika kamu membuat invoice digital karena data dan informasi telah tersimpan dengan rapi.

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mencari dokumen yang diinginkan sesuai dengan tanggal, nama klien, jenis pekerjaan, dan lainnya. 

  1. Mempermudah Kepentingan Manajemen dan Keuangan Perusahaan

Kehadiran invoice digital juga membantu kamu mendapatkan gambaran tentang aktivitas keuangan dan piutang secara sekilas melalui dasbor pada software tersebut.

Dasbor ini menciptakan proses yang sederhana dan menghemat waktu saat menganalisis laporan keuangan. Solusi invoice digital memungkinkan kamu untuk menyimpan semuanya.

Terutama pada waktu membayar pajak tahunan, kamu akan merasakan kemudahan dalam menentukan potongan pajak yang memenuhi syarat dengan merujuk pada riwayat transaksi.

Baca juga: Cara Membuat Invoice Digital di Sahabat Bisnis

Dari penjelasan diatas, keputusan beralih dari invoice offline ke e invoicing software benar-benar memberikan manfaat bagi keberlangsungan bisnis atau perusahaan.

Jika kamu butuh software untuk keperluan invoice digital, kamu dapat menggunakan produk dari Sahabat Bisnis yaitu Invoice Digital. Produk ini dapat sangat membantu kamu melakukan penagihan kepada klien. 

Selain itu, ada fitur menarik lain seperti invoice financing. Fitur yang akan dirilis ini dapat membantu mengembangkan bisnis yang akan kamu garap agar arus kas tidak terhambat. 

Yuk coba buat invoice digital kamu sekarang! Gratis!

e invoicing software
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here