spot_img
spot_img
HomeLainnyaTips Bisnis10 Ide Usaha UMKM bidang Agribisnis

10 Ide Usaha UMKM bidang Agribisnis

Ada banyak bidang menarik yang bisa menjadi usaha bagi para pelaku Usaha Masyarakat Kecil Menengah atau UMKM. Salah satunya adalah bidang agribisnis.

Bidang agribisnis bisa menjadi ide usaha UMKM yang menarik untuk dilakukan karena memiliki banyak peluang yang menguntungkan. Bidang ini juga cocok digeluti bagi mereka yang suka dengan kegiatan bercocok tanam atau dunia pertanian.

Potensi usaha di bidang pertanian masih termasuk tinggi dibanding di bidang lainnya. Menurut survei yang dilakukan oleh Bank Indonesia, usaha masyarakat di bidang pertanian masih terus tumbuh sebesar 16,7 persen dibanding bidang lainnya.

Untuk mengetahui apa saja ide usaha di bidang agribisnis, simak artikel berikut ini, ya!

Ide Usaha UMKM di Bidang Agribisnis

Agribisnis merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan di mana menggabungkan dua ilmu yaitu ilmu pertanian dan bisnis. Agribisnis juga bisa diartikan sebagai usaha yang berhubungan dengan produksi pertanian terutama dalam hal pangan.

Kegiatan usaha di bidang agribisnis meliputi memproduksi hasil pertanian, memasarkannya hingga mendistribusikan produk untuk penunjang pertanian. Sebagai negara agraris, peluang usaha di bidang agribisnis tentu sangat besar.

Ada banyak pilihan usaha yang bisa dilakukan dengan berbagai keuntungan yang bisa diperoleh. Berikut ini kami sajikan beberapa ide usaha UMKM di bidang agribisnis yang bisa dilakukan:

  1. Budidaya Jamur

Pertama ada usaha budidaya jamur. Jamur menjadi salah satu komoditas pangan yang banyak disukai oleh masyarakat. 

Umumnya, jenis jamur yang biasa dibudidaya adalah jamur tiram. Sebab, jenis jamur ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat. 

Untuk memulai usaha budidaya jamur, kamu tidak perlu lahan yang luas karena budidaya ini bisa dilakukan di lahan terbatas. Proses budidaya serta penjualan dan pendistribusiannya yang terbilang mudah menjadi alasan mengapa banyak orang memilih budidaya jamur sebagai usahanya.

  1. Usaha Sayur Organik

Berikutnya ada usaha sayur organik. Sayur organik adalah jenis sayuran yang tidak menggunakan pestisida pada proses penanamannya. 

Dengan tidak menggunakan pestisida, sayuran yang dihasilkan bisa terbebas dari bahan kimia berbahaya. Banyak orang yang memilih mengonsumsi sayuran organik karena alasan kesehatan.

Oleh sebab itu, usaha sayur organik menjadi peluang usaha yang menggiurkan, terutama bagi kamu yang suka bercocok tanam dan memiliki lahan yang luas.

Baca juga:

  1. Menjual Buah Organik

Tidak hanya sayuran, usaha di bidang buah organik juga bisa menjadi pilihan. Sama seperti usaha sayur organik, peluang yang tersedia untuk usaha buah organik juga besar.

Usaha ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki lahan luas untuk bercocok tanam. Penjualan buah organik juga mudah dilakukan dengan pendistribusian ke supermarket maupun pasar tradisional.

  1. Usaha Tanaman Hias
ide usaha umkm
ilustrasi menjual tanaman hias

Selain sayuran dan buah, usaha tanaman hias juga memiliki peluang bisnis yang besar. Ada banyak orang yang memiliki hobi mengoleksi tanaman hias sehingga melakukan usaha ini bisa menguntungkan.

Tidak hanya sebagai hobi, tanaman hias juga dibutuhkan bagi orang-orang yang memiliki acara besar sebagai dekorasi. Beberapa jenis tanaman hias yang bisa jadi pilihan usaha antara lain mawar, anggrek, dan masih banyak lagi.

  1. Budidaya Tanaman Obat

Ide usaha UMKM berikutnya adalah budidaya tanaman obat. Tanaman obat masih banyak dikonsumsi untuk menyembuhkan beberapa penyakit secara tradisional atau sebagai vitamin untuk tubuh.

Tanaman obat yang juga disebut sebagai TOGA bisa dibudidayakan dengan mudah. Pemasarannya pun tidak sulit. Beberapa jenis tanaman obat yang bisa dibudidayakan antara lain jahe, lidah buaya, dan masih banyak lagi.

  1. Usaha Terrarium

Selanjutnya ada usaha terrarium. Terrarium adalah sebuah seni bercocok tanam dengan tumbuhan hias dalam media berupa kaca atau plastik transparan.

Jenis tanaman ini banyak digunakan sebagai dekorasi maupun dijadikan koleksi karena terkesan estetik. Semakin cantik tanaman terrarium yang ada di usahamu, semakin besar pula keuntungan yang bisa diperoleh.

  1. Budidaya Lele

Selain berhubungan dengan tanaman, usaha di bidang agribisnis juga bisa dengan melakukan budidaya lele. Melakukan budidaya lele tidak memerlukan keterampilan khusus maupun lahan yang luas.

Kamu bisa dengan mudah melakukan budidaya lele dengan perawatan yang termasuk mudah. Penjualannya juga mudah dan bisa didistribusikan ke pasar maupun swalayan.

  1. Usaha Hidroponik

Salah satu usaha di bidang agribisnis yang tidak terlalu sulit adalah usaha hidroponik. Usaha ini bisa dilakukan dengan melakukan budidaya tanaman menggunakan air sebagai media tanam. 

Usaha hidroponik juga menjadi salah satu usaha populer yang bisa mendatangkan banyak keuntungan. Usaha ini sangat cocok dilakukan di kota-kota besar dengan lahan yang terbatas.

  1. Usaha Perah Susu

Bagi kamu yang tinggal di kawasan pegunungan, maka usaha perah susu bisa menjadi pilihan. 

Kamu bisa menghasilkan susu dengan kualitas tinggi dan dijual di toko swalayan maupun sebagai pemasok susu untuk pabrik. Apalagi masih banyak masyarakat yang mengkonsumsi susu sebagai tambahan nutrisi tubuh,

  1. Pengolahan Limbah Organik

Terakhir adalah usaha pengolahan limbah organik. Dengan melakukan usaha pengolahan limbah, nantinya limbah tersebut bisa menjadi pupuk organik dan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Potensi limbah di lingkungan sekitar bisa menjadi bahan yang diolah untuk pupuk organik. Mulai dari daun kering, ampas makanan, ampas kopi, kotoran hewan dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa ide usaha UMKM di bidang agribisnis yang bisa jadi pilihan untuk dicoba. Kamu bisa memilih usaha di bidang agribisnis yang menarik dan sesuai dengan kemampuan.

Nah, agar mempermudah proses usaha UMKM kamu, kami merekomendasikan Invoice Digital Sahabat Bisnis untuk membantu proses keluar-masuk invoice di usaha kamu.

Penggunaannya produk satu ini sangat mudah dan secara tidak langsung dapat mendorong sirkulasi keuangan UMKM kamu semakin lancar. Jadi, yuk coba gratis Invoice Digital dari Sahabat Bisnis sekarang!

spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here