spot_img
spot_img
HomeLainnyaTips Bisnis10 Jalan Mendapatkan Modal UMKM

10 Jalan Mendapatkan Modal UMKM

Salah satu masalah utama yang dihadapi pengusaha UMKM adalah, kurangnya pendanaan alias modal. Tentunya pengusaha juga menghadapi permasalahan lain seperti keterbatasan jaringan (networking) dan kurangnya pengetahuan atau keterampilan. Namun kekurangan modal UMKM bisa sangat menghambat perkembangan bisnis para pengusaha mikro.

Pelaku bisnis seringkali merasa kebingungan untuk mencari sumber pendanaan. Dilansir dari republika.co.id, menurut data dari OJK, 74 persen pengusaha UMKM tidak mendapatkan akses pendanaan, sehingga menyulitkan mereka untuk meningkatkan skala bisnis. 

10 Jalan Mendapatkan Modal UMKM

Padahal ada banyak jalan yang bisa dipilih pengusaha untuk mendapatkan modal UMKM. kamu hanya perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis pinjaman. Kemudian memilih mana yang paling sesuai untuk bisnis kamu saat ini. Berikut ini X jalan mendapatkan modal usaha yang bisa kamu coba:

  1. Tabungan Pribadi

Modal usaha bisa berasal dari dana pribadi, yaitu tabungan yang sudah kamu siapkan sejak lama. Atau dana hasil investasi dan juga pesangon, bagi kamu yang memilih berhenti dari pekerjaan lama untuk fokus membangun bisnis. 

Keuntungan menggunakan tabungan pribadi adalah kamu punya kendali penuh atas bisnis. Namun terkadang, modal yang satu ini bisa terbatas dan butuh waktu lama untuk menyiapkan uang sesuai jumlah yang kamu inginkan. 

  1. Meminjam dari Keluarga atau Teman

Umumnya pengusaha UMKM akan menghubungi keluarga, kerabat, dan teman terdekat sebelum datang ke bank atau lembaga peminjaman lainnya. Lebih mudah bagi pengusaha untuk bermitra dengan keluarga. 

Namun walaupun kamu meminjam dari orang dekat, tetap susun kesepakatan yang jelas untuk menghindari selisih kedepannya dan menjaga hubungan keluarga atau pertemanan tetap baik. 

  1. Pinjaman Koperasi

Sebelum mengambil pinjaman ke bank, sebagian pengusaha bisnis mikro akan lebih memilih pergi ke Koperasi Simpan Pinjam. Untuk mendapatkan pinjaman modal UMKM, pengusaha harus sudah terdaftar sebagai anggota koperasi.

kamu bisa mengajukan pinjaman tanpa jaminan dan bunganya juga cukup rendah. Ini terjadi karena koperasi mengusung asas kekeluargaan dan gotong royong.

  1. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Jalan lain untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan mengajukan Kredit Usaha Rakyat. Yaitu program pendanaan untuk bisnis UMKM dari pemerintah yang bekerjasama dengan lembaga perbankan. 

Beberapa bank yang menawarkan KUR di antaranya ada Bank Mandiri, BRI, dan BNI. Bunganya terbilang rendah. Proses pencairan dana biasanya membutuhkan waktu 3 sampai 14 hari kerja. 

  1. Kredit Tanpa Agunan (KTA)
Modal UMKM

KTA merupakan produk pinjaman yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan modal. Ciri khas dari KTA adalah kamu tidak perlu menyiapkan jaminan untuk mendapatkan pinjaman. Saat biasanya jenis pinjaman lain akan meminta kamu menyertakan aset untuk menjadi jaminan.

Namun karena tidak adanya agunan, membuat bunga KTA cenderung tinggi. Serta biaya cicilan bisa besar jika kamu tidak cermat dalam memilih jangka waktu pengembalian dana (tenor).

  1. Peer to peer (P2P) lending 

Apabila kamu tidak mau mengajukan pinjaman ke bank, kamu bisa memilih layanan P2P lending yang dikelola oleh perusahaan fintech. Dalam P2P lending kamu akan mendapatkan pendanaan dari pemberi pinjaman (lender) yang menginvestasikan dananya di aplikasi P2P lending. 

Proses pengajuan dan juga pencairan dana cukup cepat. Sebagai borrower atau peminjam dana, kamu bisa mengajukan pinjaman secara online lewat website atau aplikasi.  

  1. Inkubator Bisnis

Para pengusaha UMKM yang mengikuti  program inkubator bisnis akan mendapatkan fasilitas untuk mengembangkan bisnis. Mulai dari pelatihan, fasilitas, sarana misalnya kantor, memperluas jaringan dan juga uang untuk menambah modal usaha.

Baca Juga: Rekomendasi Usaha UMKM Bidang Kuliner

  1. Crowdfunding

Cara lain untuk mendapatkan pendanaan bisa lewat crowdfunding yaitu penggalangan dana. Pengusaha bisa melakukan pengumpulan dana dengan menjelaskan secara rinci bisnis yang dijalankan saat ini. Termasuk rencana produk atau jasa apa yang akan ditawarkan ke publik. 

Nantinya, para pemilik dana atau investor yang tertarik dengan ide bisnis akan memberikan dana. Umumnya cara ini dilakukan oleh UMKM di bidang kreatif untuk mendapatkan modal usaha. 

  1. Menggadaikan Aset

Menggadaikan aset bisnis atau milik pribadi bisa jadi cara alternatif untuk pengusaha mendapatkan uang dengan cepat. Besaran pinjaman tergantung jenis barang yang kamu gadaikan. 

Bunganya relatif kecil dan kamu bisa melakukan pengembalian dana di akhir masa pinjaman. Namun, jika sampai masa tenor habis kamu tidak bisa mengembalikan uang, maka aset yang tergadai akan dijual. 

  1. Invoice Financing

Jalan terakhir yang bisa kamu tempuh untuk mendapatkan dana ialah dengan invoice financing. Ketika konsumen membeli produk dari bisnis kamu, kamu akan mengirimkan invoice atau faktur untuk meminta konsumen menyelesaikan pembayaran. 

Invoice yang belum terbayar tersebut bisa kamu gunakan untuk mengajukan pinjaman. Cara ini disebut dengan invoice financing.  

Permudah Bisnis dengan Invoice Digital

Bagi pengusaha yang ingin mendapatkan modal UMKM dengan invoice financing, pastikan pendataan invoice tersusun rapi. Sebab pemberi pinjaman akan melihat rekam data dari invoice dan memberikan besaran dana sesuai jumlah tagihan yang belum terbayar. Total dana yang cair bisa 70-90 persen dari nominal tagihan. 

Karena itulah sebaiknya kamu memanfaatkan teknologi dalam mengurus invoice dengan menggunakan Invoice digital dari Sahabat Bisnis. kamu bisa mengirim tagihan kepada mitra bisnis dengan mudah dan cepat. Semua tagihan masuk dan keluar akan direkap dengan rapi dan kamu bisa melihat datanya secara real time pada dasbor interaktif.

Caranya kamu hanya perlu mendaftar dan membuat akun Sabi di user.sahabatbisnis.id dan dapatkan kemudahan berbisnis dengan Invoice Digital. kamu pun akan lebih mudah saat berencana mengajukan pinjaman dengan invoice financing. 

Yuk, buat akun Sahabat Bisnis milik kamu sekarang!

spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here