spot_img
spot_img
HomeLainnyaTips Bisnis10 Tips Memastikan Pembayaran Digital Aman untuk Pelanggan dan Partner Bisnis

10 Tips Memastikan Pembayaran Digital Aman untuk Pelanggan dan Partner Bisnis

Pembayaran digital jadi sebuah tren baru yang terbilang menguntungkan bagi para pebisnis. Pasalnya, pembayaran online ini tidak hanya sekadar mendorong kemajuan bisnis, tetapi juga bisa membantu untuk mempertahankan pelanggan serta partner bisnis.

Oleh karenanya, sangatlah penting untuk memilih platform pembayaran online yang aman bagi keperluan bisnismu. 

Tips Memastikan Pembayaran Digital Aman 

Di era serba digital ini, kamu harus bisa menyesuaikan bisnismu dengan perkembangan yang ada. Jika tidak maka kamu akan kesulitan untuk menandingi kompetitormu.

Saat ini adalah waktu yang tepat untuk mencari pembayaran online untuk digunakan dalam bisnismu. Selain untuk memudahkan proses bisnis, sistem pembayaran ini juga dapat mempersingkat waktu pelanggan dalam melakukan transaksi. 

Berikut 10 tips memastikan proses transaksi digital aman untuk pelanggan dan partner bisnis.

1. Uji Metode Pembayaran

Sebelum menggunakan pembayaran versi digital, sebaiknya kamu memastikan terlebih dulu apakah metode pembayaran yang dipilih dapat berfungsi dengan baik atau tidak. Cobalah melakukan beberapa pembayaran dan mintalah rekanmu untuk melakukan hal serupa.

Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kemungkinan kendala sebelum digunakan pada pelanggan atau mitra bisnis sesungguhnya.

2. Telah Memiliki Kemampuan Otomatisasi Internal

Dunia pembayaran online kini telah berevolusi dengan cepat seiring maraknya teknologi pembayaran B2B secara digital. Untuk mengimbangi hal tersebut, maka kamu perlu memastikan bahwa sistem pembayaran yang akan digunakan telah memiliki kemampuan otomatisasi internal. 

Dan berperan dalam melancarkan proses pembayaran. memastikan akurasi, dan memberikan jejak audit yang tepat.

3. Menerapkan Tingkat Keamanan Ekstra

Tingkat keamanan dalam transaksi digital merupakan hal krusial yang harus diperhatikan. Sebuah bisnis perlu memasukkan identifikasi, autentikasi, dan interaksi yang aman ke dalam pembayaran online.

Untuk mewujudkannya diperlukan penambahan tingkat keamanan ekstra seperti otentikasi multifaktor yang tepat dan enkripsi informasi pembayaran pengguna ke dalam kode visual sehingga pengguna bisa memeriksa detail transaksi sebelum otorisasi.

4. Memiliki Metode yang Aman

menentukan harga jual
ilustrasi umkm

Tunjukkan bahwa pembayaran yang dipilih memiliki metode yang aman dan dapat disinkronkan dengan mudah ke akun lainnya, seperti Google Pay, ShopeePay, dan lainnya sehingga pembayaran dapat berlangsung lebih praktis dan efisien.

5. Mengaktifkan Beragam Sistem Pembayaran

Cobalah untuk mengaktifkan berbagai sistem pembayaran online yang mendapatkan daya tarik konsumen, seperti Google Pay, ShopeePay, dan lainnya. Dengan mengetahui hal tersebut secara langsung akan menciptakan kepercayaan di benak pelanggan dan mitra bisnis.

Baca juga: Cara Memilih dan Manfaat Dompet Digital Untuk UMKM

6. Jangan Pernah Menyimpan Informasi

Keamanan dan privasi pelanggan atau mitra bisnis perlu dipertimbangkan dalam pemilihan platform pembayaran yang tepat. Cobalah untuk mencari vendor transaksi digital yang hanya mengumpulkan sedikit informasi dari penggunanya.

Hindari untuk menyimpan dan mengambil terlalu banyak data dari pelanggan serta mitra bisnis.

7. Cermat dalam Penggunaan Platform Pihak Ketiga

Sekuritas data menjadi perhatian utama dalam aspek transaksi digital. Kamu harus melakukan uji tuntas saat menilai platform pihak ketiga yang layak untuk memfasilitasi transaksi pembayaran onlinemu, karena pelanggaran data yang disebabkan oleh layanan pihak ketiga bisa berdampak buruk bagi reputasi bisnismu.

8. Pertimbangkan tentang Solusi Pembayaran Multichannel

Memakai alternatif pembayaran dalam sebuah transaksi merupakan hal yang perlu diterapkan. Selain untuk meminimalkan kendala saat proses pembayaran digital berlangsung, dengan adanya pembayaran multichannel ini bisa membuat pelanggan atau mitra bisnis merasa lebih leluasa dan tertarik untuk menggunakan layananmu.

Pembayaran multichannel juga akan menguntungkan bisnismu karena akan membuatnya semakin dikenal berkat kemunculannya dalam layanan multichannel tersebut.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Manfaat QRIS untuk UMKM

9. Izinkan Pelanggan untuk Menghapus Informasi Pembayarannya

Salah satu faktor penting dalam membangun sebuah bisnis adalah menjalin kepercayaan dan rasa aman dengan pengguna serta mitra bisnis. 

Dengan kata lain, memberikan akses untuk menghapus informasi pembayaran digital para pelanggan pun akan sangat menguntungkan bagi bisnismu. 

Karena pelanggan mendapatkan pelayanan yang transparan darimu sehingga mereka akan mempertimbangkan lebih jauh lagi untuk tetap menjalin bisnis denganmu

10. Berikan Instruksi yang Jelas pada Pelanggan

Tips yang terakhir, jangan lupa untuk menjelaskan secara detail kepada pelanggan dan mitra bisnis tentang pembayaran online yang kamu pilih, termasuk tentang keamanan dan metode pembayarannya.

Itulah 10 tips dalam memastikan keamanan untuk pembayaran online yang akan kamu gunakan bersama para pelanggan atau mitra bisnismu. 

Setelah mendapatkan vendor transaksi digital yang tepat, bisnismu akan berjalan semakin lancar dan kamu pun akan sangat diuntungkan.

Selain itu, kamu tidak akan dipusingkan lagi perihal invoice. Tak perlu ada lagi lembaran invoice yang menumpuk dan berhamburan di tempatmu, yang mungkin menyulitkanmu dalam mencarinya.

Dengan memakai pembayaran digital, kamu akan mendapatkan manfaat berupa invoice digital yang nantinya akan banyak berperan dalam kelancaran bisnismu.

Sebisa mungkin usahakanlah untuk terus mengikuti tren terbaru dunia teknologi yang masih berkaitan dengan bisnis yang kamu miliki. 

Penggunaan invoice digital bisa membantumu lebih responsif, mudah mengirimkan invoice digital dan tidak memerlukan waktu yang lama bagi pelanggan atau mitra bisnismu untuk menerimanya. 

Bisnismu pun akan tampak lebih profesional jika kamu menggunakan invoice digital ini. Biasanya, invoice digital telah terbentuk dalam sebuah template yang rapi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Nah, salah satu produk invoice digital yang bisa kamu coba adalah invoice digital dari Sahabat Bisnis. Selain praktis, kamu juga akan menikmati banyak fitur menarik lainnya di Sahabat Bisnis.

Menarik dan menguntungkan, bukan? Yuk, mulai kembangkan bisnismu dengan menggunakan layanan dari Sahabat Bisnis.

spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here