spot_img
spot_img
HomeE-InvoicingInvoice Financing3 Jenis dan 4 Tips Pinjol Bunga Rendah Tenor Panjang

3 Jenis dan 4 Tips Pinjol Bunga Rendah Tenor Panjang

Ketika UMKM membutuhkan suntikan modal dan memperoleh penolakan pengajuan pinjaman dari bank, pinjol bunga rendah tenor panjang menjadi solusi yang biasanya diambil. Maklum saja, sekarang ini kita bisa dengan mudah melihat alternatif pinjaman online yang tersebar di internet. 

Ada begitu banyak jenis pinjaman yang tersedia secara online saat ini dibandingkan dengan sebelumnya. Nasabah hanya perlu memilih mana jenis pinjaman online yang sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Jenis Pinjol Bunga Rendah Tenor Panjang 

Ada berbagai macam jenis pinjaman online yang menawarkan bunga rendah serta tenor yang panjang, seperti:

  1. KTA 

Kredit Tanpa Agunan atau KTA menjadi salah satu solusi yang bisanya dijadikan sebagai pilihan UMKM ketika membutuhkan suntikan dana tetapi tidak memiliki agunan. Sekarang ini, banyak bank konvensional yang juga memberikan pilihan pinjaman ini. 

Untuk bunga yang diberikan juga beragam. Salah satu produk KTA dari bank konvensional bahkan berani memberikan tawaran bunga 0,88% per bulan serta cicilan hingga mencapai 3 tahun lamanya. 

Tentu saja dengan syarat dan ketentuan tertentu untuk mengajukannya. Tetapi, ketika mengajukan KTA, kamu harus siap dengan berbagai macam data yang harus dikumpulkan. 

Bukan hanya itu, meskipun memiliki plafond pinjaman yang cukup besar, tetapi tidak sedikit penyedia KTA yang memberikan plafon kecil karena syarat serta ketentuan tertentu. Oleh sebab itu nasabah tidak bisa bebas mengajukan jumlah pinjaman. 

  1. KPR

Selain membutuhkan dana untuk operasional usaha, apakah kamu membutuhkan tempat baru sebagai lokasi bisnismu, tetapi belum memiliki anggaran untuk menyewa atau membelinya? Bila ini menjadi masalah yang kamu miliki, KPR atau Kredit Pemilikan Rumah bisa menjadi solusinya. 

Saat ini KPR memiliki bunga yang cukup kompetitif, bahkan terdapat salah satu bank yang memberikan tenor hingga mencapai 25 tahun lamanya, sehingga nasabah bisa dengan bebas menentukan durasi tenor. 

Tetapi, ketika mengajukan KPR, kamu harus siap menyiapkan sejumlah berkas, selain itu pengajuan KPR ini juga tidak secepat seperti yang dibayangkan. Tidak hanya sampai di sini saja, jika mengajukan plafond pinjaman  tidak disetujui, kamu harus siap menambah jumlah DP bangunan. Tentu saja hal ini akan semakin menambah bebanmu nantinya. 

  1. Kredit Mobil

Moda transportasi menjadi salah satu factor penting untuk mendukung berjalannya usaha dengan lancar. Bila sekarang ini kamu belum memiliki kendaraan yang memadai untuk membantu distribusi usaha yang kamu miliki saat ini, kamu bisa mengajukan kredit mobil. 

Kredit mobil atau kredit kendaraan bermotor, sekarang menjadi salah satu hal yang jamak dijadikan sebagai pilihan. Bunga kredit ini cukup kompetitif, selain itu cukup banyak lembaga keuangan yang memiliki produk ini, sehingga kamu bisa memilih sesuai dengan keinginan. 

Sayangnya, terkadang biaya denda dari kredit yang satu ini juga tidak kalah besar, sehingga ketika iklim bisnis yang kamu miliki sedang kurang baik dan dihadapkan pada cicilan kendaraan, beban bisnis yang kamu miliki akan menjadi semakin berat nantinya. 

Baca juga: Modal UMKM: Pinjaman Online Tenor Panjang atau Pendek?

Tips Memilih

Image by Lifestylememory on Freepik

Sebenarnya, ada beberapa tips memilih pinjaman online yang aman, antara lain:

  1. Pilih Lembaga yang Kredibel

Ketika akan mengajukan pinjaman online, sebisa mungkin pilih lembaga yang kredibel. Kamu bisa memilih bank yang banyak digunakan oleh UMKM lain atau memilih lembaga yang memiliki spesialisasi di bidang tersebut. 

  1. Ajukan Pinjaman Sesuai dengan yang Kamu Butuhkan

Ketika melakukan pengajuan pinjaman, pastikan untuk mengajukan pinjaman sesuai dengan jumlah yang kamu butuhkan. Hindari mengajukan pinjaman disertai dengan kebutuhan pribadi. 

Contoh, kamu memiliki beban tagihan sebesar Rp10 juta, tetapi kamu mengajukan pinjaman Rp12 juta. 

  1. Rencanakan Bisnis ke Depan 

Sebelum mengajukan pinjaman, kamu harus merencanakan operasional atau jalannya bisnis kedepan. kamu harus ingat jika pertumbuhan bisnis tidak selalu sejalan dengan arus kas. 

Mungkin sekarang ini kamu memperoleh laba yang besar sehingga bisa mengajukan pinjaman dalam jumlah besar, tetapi bisa jadi beberapa bulan tidak demikian. 

Kamu harus melakukan analisa bisnis dengan lengkap sebelum melakukan ekspansi bisnis dengan meminjam sejumlah dana. 

Selain itu, kamu juga harus menyesuaikan besarnya cicilan setiap bulan yang harus kamu tanggung dengan dana cadangan bisnis yang kamu miliki sekarang ini. 

Baca juga: Langkah Menyusun Rencana Bisnis yang Efektif

  1. Mengajukan Invoice Financing

Sebenarnya, dibandingkan dengan mengajukan pinjol bunga rendah tenor panjang, bila membutuhkan suntikan usaha, kamu dapat mengajukan invoice financing

Invoice financing merupakan pinjaman untuk modal kerja yang ditujukan pada UMKM dan UKM yang berkembang serta memiliki hubungan bisnis dengan sejumlah perusahaan besar. 

Sederhananya, kamu menggunakan invoice yang belum dibayar oleh klien sebagai jaminan pinjaman. Nantinya, kamu dapat memperoleh pinjaman hingga mencapai 90% dari nilai invoice yang kamu gunakan untuk mengajukan invoice financing

Jenis pinjaman ini memiliki risiko yang rendah, selain itu kamu bisa langsung melakukan pembayaran tagihan setelah invoice klien dibayarkan penuh. Tetapi, untuk mengajukan invoice financing pada lender tentu terdapat syarat tertentu. 

Salah satu syarat yang harus kamu penuhi adalah invoice yang digunakan sebagai jaminan harus rapi serta terstruktur. 

Dibandingkan menggunakan pinjol bunga rendah tenor panjang, memang invoice financing lebih disarankan. Mulai dari sekarang, kamu bisa merapikan invoice bisnismu. Bila bingung membuat invoice yang tepat, kamu bisa menggunakan e-invoice dari Sahabat Bisnis. 

Bahkan, setelah menggunakan e-invoice dari Sahabat Bisnis, kamu dapat menggunakan fitur Invoice Financing. Menguntungkan bukan? Tunggu apalagi, masih ingin ribet membuat invoice dengan cara tradisional? 

Pinjol Bunga Rendah Tenor Panjang
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here