spot_img
spot_img
HomeLainnyaTips Bisnis4 Alasan Mengapa Harus Memiliki Pembayaran UMKM Bervariasi

4 Alasan Mengapa Harus Memiliki Pembayaran UMKM Bervariasi

Kamu tim cash atau cashless? Sekarang ini metode pembayaran memang semakin bervariasi, tidak hanya dengan uang tunai. Selain bisnis-bisnis besar, pelaku usaha kecil dan menengah juga harus menambah variasi pembayaran UMKM

Karena pasca pandemi COVID-19, kebiasaan orang dalam berbelanja jadi berubah. Terdorong oleh situasi yang tidak memungkinkan untuk bertemu secara langsung, metode pembayaran cashless pun kini semakin lumrah. 

Jika pelaku usaha mikro dan kecil tidak beradaptasi dengan perubahan ini, maka mereka akan tertinggal. Alhasil, pada akhirnya pun dapat menyebabkan bisnis kehilangan daya saing dan sulit untuk berkembang. 

Alasan Mengapa Pembayaran UMKM Harus Bervariasi

Menambah metode pembayaran dalam kegiatan bisnis akan mendatangkan banyak manfaat. Salah satunya yaitu memberikan pelanggan kemudahan untuk memilih cara pembayaran yang paling nyaman bagi mereka. 

Jika kamu masih ragu untuk menambah jenis pembayaran, berikut ini 4 alasan mengapa sebaiknya kamu menambah metode pembayaran:

  • Mendatangkan Pelanggan Baru

Cara pembayaran yang baru akan mendatangkan pelanggan yang baru juga. Contoh paling mudah adalah para Millennials dan Generasi Z yang mana merupakan generasi dengan tingkat melek digital tergolong tinggi. 

Karena itulah, mereka lebih suka pembayaran digital seperti e-wallet, menggunakan smartphone. Jika kamu menyediakan cara pembayaran melalui e-wallet, maka kamu bisa menggaet lebih banyak konsumen dari kalangan Millennials dan Gen Z. 

  • Mempertahankan Pelanggan Lama

Menambah metode pembayaran UMKM yang baru juga akan membantumu dalam mempertahankan pelanggan lama. 

Mereka memang sudah menjadi konsumen tetap dari produk kamu. Namun bukan berarti mereka akan menggunakan cara pembayaran yang sama terus-menerus.

Cara konsumen membayar akan bergantung pada situasi mereka saat itu. Misalnya seorang pelanggan ingin membeli produkmu. Biasanya ia membayar secara tunai, tetapi saat itu kebetulan dia hanya bisa membayar dengan cara transfer atau QRIS. 

Jika kamu tidak menyediakan metode pembayaran yang dibutuhkan, bukan hal yang tidak mungkin bila konsumen berpindah ke tempat lain. 

  • Meningkatkan Konversi

Menambah cara pembayaran akan meningkatkan conversion rate. Karena ketika konsumen mendapatkan banyak pilihan cara pembayaran, mereka cenderung tidak akan menunda pembelian barang dan jasa.

Kebalikannya, jika konsumen tidak menemukan cara pembayaran yang disukai mereka kemungkinan besar tidak jadi membeli barang. 

Karena setiap konsumen punya preferensi yang berbeda. Ada yang lebih suka membayar menggunakan kartu kredit, ada yang nyaman pakai QRIS, dan lain sebagainya. 

  • Meningkatkan Brand Perception

Brand perception atau persepsi merek adalah perasaan, pengalaman, dan juga pemikiran konsumen mengenai suatu produk atau layanan. 

Ketika konsumen melihat bisnis kamu menawarkan bermacam cara pembayaran, mereka akan merasa bahwa bisnismu mengalami kemajuan dan semakin profesional. 

Hal ini yang membuat konsumen datang kembali ke toko. Atau melakukan repeat order secara online. Sehingga keuntungan dari hasil penjualan juga ikut meningkat. 

Setelah memahami penjelasan di atas, seharusnya saat ini kamu mulai memikirkan strategi penjualan yang baru. Yaitu dengan menambah metode pembayaran.

Pilihan Variasi Metode Pembayaran UMKM

Selain pembayaran dengan metode tunai kamu juga perlu menyediakan cara pembayaran lainnya. Jika kamu bingung harus menambahkan metode pembayaran apa saja, berikut ini rekomendasi beberapa pilihan cara pembayaran

Akan lebih baik jika kamu menyediakan semua jenis pembayaran yang ada di bawah ini. Namun kamu juga bisa mulai dengan beberapa metode saja. 

  • Transfer

Sebenarnya metode transfer sudah tidak asing di tengah masyarakat, karena transfer merupakan pilihan kedua setelah pembayaran secara tunai. Sediakan rekening terpisah untuk pembayaran produk atau jasa, agar kamu lebih mudah saat melakukan rekapan. 

Namun, metode transfer mempunyai kelemahan, yaitu konsumen harus mengirimkan bukti transfer kepada penjual. Untuk memberitahu bahwa mereka sudah melunasi pembayaran, hal ini terkadang dirasa kurang praktis. 

Namun tetap sediakan saja metode pembayaran transfer. Ini berguna untuk memfasilitasi konsumen yang lebih suka membayar dengan cara transfer bank.

  • Kartu Debit dan Kredit

Pembayaran menggunakan kartu juga masih diminati sampai sekarang. Selain debit, ada juga yang lebih nyaman menggunakan kartu kredit, karena pengguna kredit bisa mendapatkan promo menarik dalam frekuensi yang cukup sering.

Namun untuk cara pembayaran menggunakan kartu, kamu perlu menyediakan mesin EDC (Electronic Data Capture). Ini merupakan suatu alat untuk menerima pembayaran non tunai. 

  • Digital Wallet

Digital wallet atau sering juga disebut e-wallet yang fungsinya sama dengan dompet fisik. Konsumen dapat menyimpan sejumlah uang dengan cara top up. Kemudian menggunakan uang atau saldo yang tersedia untuk pembayaran. 

Eksistensi e-wallet dapat digunakan untuk membayar makanan, transportasi, barang, tiket bioskop, sampai tiket pesawat. Dikarenakan banyaknya cashback dan bonus, saat ini, jumlah e-wallet di Indonesia semakin banyak. 

Baca juga: Cara Memilih dan Manfaat Dompet Digital Untuk UMKM

  • QRIS

QRIS merupakan singkatan dari QR Code Indonesian Standard. QRIS merupakan penyatuan  berbagai jenis QR dari Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang berbeda-beda. 

Sebelum ada QRIS pengusaha harus memajang banyak QR Code, karena setiap konsumen menggunakan e-wallet yang berbeda. 

Sekarang setelah ada QRIS, pengusaha cukup memasang satu QR Code saja. Pelaku UMKM sebaiknya mempunyai QRIS untuk memudahkan pembayaran.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Manfaat QRIS untuk UMKM

Sebelum konsumen melakukan pembayaran, pemilik usaha pasti akan membuat invoice untuk penagihan pembayaran 

Terutama bagi pelaku UMKM yang menjual produk untuk pengadaan barang kantor, furnitur, elektronik, dan komputer. Atau penyedia jasa seperti, website development dan digital marketing. 

Pelaku UMKM seringkali menghadapi kendala dalam membuat invoice manual. Kertas invoice gampang tercecer, hancur, bahkan hilang. Hal ini akan membuat pembukuan jadi berantakan. 

Jika kamu juga mengalami hal yang serupa, maka solusinya adalah membuat Invoice Digital Sahabat Bisnis. Proses membuat dan mengirim tagihan bisa lebih cepat. Datanya pun tersimpan aman di dalam sistem.

Jadi, bukan hanya metode pembayaran UMKM saja yang harus dibuat lebih canggih. Cara mengirimkan invoice kepada  pelanggan juga harus canggih dan praktis. Kamu tidak perlu lagi repot menulis invoice secara manual. 

Tunggu apa lagi? Segera beralih menggunakan Invoice Digital Sahabat Bisnis sekarang juga! Yuk, daftarkan usahamu dan coba gratis produk satu ini!

spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here