4 Fitur yang Wajib Ada Pada Aplikasi Akuntansi

0
321
Aplikasi Akuntansi

Saat ini, aplikasi akuntansi telah menjadi salah satu sistem perangkat lunak terpenting bagi perusahaan manapun. Keuangan adalah hal paling vital dari sebuah bisnis, sehingga butuh kehati-hatian dalam menghitungnya. Namun, sulit bagi bisnis untuk memastikan keamanan dan stabilitas keuangan mereka tanpa bantuan dari aplikasi karena proses manual sangat rentan terjadi kesalahan.

Berkat teknologi, saat ini ada banyak software akuntansi yang tersedia untuk membantu bisnis dalam mengotomatisasikan pengelolaan keuangan. Perusahaan dapat menjalankan prosedur akuntansi dengan lebih praktis dan efisien, sekaligus mengoptimalkan keakuratan data keuangannya. Berikut adalah lima fitur yang paling banyak dicari dan wajib kamu pertimbangkan untuk kelancaran bisnis.

  1. Pengelolaan Laporan

Pengelolaan laporan keuangan merupakan salah satu fitur program akuntansi yang paling banyak dicari. Laporan keuangan yang dibuat secara manual rentan terjadi human error, sehingga menghasilkan data yang tidak akurat. Hal ini berdampak negatif bagi keuangan bisnis di masa depan.

Saat ini, banyak perusahaan menyadari penggunaan kertas dan spreadsheet untuk membuat laporan keuangan tidak begitu efisien. Inilah mengapa manajemen laporan keuangan menjadi salah satu fitur yang paling dicari. Laporan keuangan dapat dibuat secara instan. Program akuntansi yang hebat tentunya menyediakan data keuangan real-time dan disesuaikan dengan peraturan keuangan setempat.

  1. Invoice dan Manajemen Transaksi

Invoice dan transaksi adalah salah satu fitur terpenting dari aplikasi akuntansi sederhana, terutama untuk perusahaan perdagangan dan manufaktur. Program akuntansi membuat invoice penagihan jauh lebih sederhana dan mudah.

Penggunaan aplikasi memungkinkan untuk melacak invoice klien dan riwayat transaksi melalui repositori terpusat. Aplikasi keuangan tingkat lanjut juga menyediakan pengingat otomatis untuk tagihan yang telah jatuh tempo, sehingga membantu perusahaan mendapatkan pembayaran lebih cepat.

Baca juga: Cara Membuat Invoice Penjualan Secara Praktis dan Mudah

  1. Perkiraan Cash Flow

Perkiraan cash flow termasuk fitur yang paling dibutuhkan saat ini. Namun, hanya ada beberapa aplikasi saja yang menyediakan fitur ini. Fitur perkiraan arus kas membantu perusahaan memprediksi pendapatan, keuntungan, pengeluaran, dan kerugian mereka di masa depan. Ini membantu bisnis mengelola dan mengalokasikan anggaran bisnis dengan lebih bijaksana. Terlebih, fitur berikut dianggap berguna ketika perusahaan mencari investor karena pemangku kepentingan eksternal perlu meninjau prospek perusahaan sebelum memutuskan untuk berinvestasi di dalamnya.

  1. Manajemen Depresiasi (Penyusutan Aset)

Setiap perusahaan tentunya memiliki aset yang berharga, baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud. Aset tetap adalah aset berwujud yang mampu bertahan lama dan biasanya digunakan oleh perusahaan untuk memproduksi barang dan jasa.

Sistem manajemen aset, membolehkan kamu untuk mengetahui detail setiap aset di perusahaan agar melakukan perawatan secara berkala serta mengakumulasi nilai aset. Karena penggunaannya yang berkala, ini membuat nilai aset tetap menurun seiring berjalannya waktu. Aplikasi keuangan membantu perusahaan menghitung penyusutan aset secara otomatis hanya dalam hitungan detik.

Pilih Aplikasi Akuntansi yang Tepat untuk Kebutuhanmu!

Setelah mempelajari fitur apa saja yang wajib ada di dalam aplikasi, kamu harus memutuskan pilihan yang tepat. Sebaiknya, gunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sebab, tidak semua aplikasi menghadirkan fitur serupa.

Untuk menemukan aplikasi terbaik, kamu harus terlebih dahulu memahami kebutuhan bisnis. Selanjutnya, temukan solusi yang kamu harapkan dan cari tahu siapa yang akan merasakan manfaat dari aplikasi yang dipilih. Pastikan juga memilih aplikasi yang sesuai dengan anggaran perusahaan namun tetap memenuhi kebutuhan bisnis. 

Salah satu yang menawarkan fitur aplikasi akuntansi terlengkap adalah Sahabat Bisnis. Kamu menghitung laporan laba rugi, angka penjualan, data ketersediaan stok, dan masih banyak lagi. Dua pilihan produk yang bermanfaat bagi bisnismu di antaranya e-invoice dan inventory manajemen. Rasakan keunggulan berupa:

  • Kemudahan dalam user interface sehingga lebih gampang dalam mengenali sekaligus menggunakan fitur
  • Meningkatkan efisiensi bisnis karena proses penghitungan data yang cepat dan tepat
  • Tak butuh waktu lama dalam membuat dan mengetahui arus keuangan perusahaan
  • Sistem pembayaran yang fleksibel membuat kamu dan klien semakin mudah dalam bertransaksi
  • Dapat dimanfaatkan sebagai media untuk memperluas jaringan kerja dengan mitra lain dari ekosistem SaBiNetwork

Sahabat Bisnis jadi solusi buat kamu yang masih pemula dalam berbisnis. Hanya dengan membuat akun di SaBi dan mengisi datanya, semua fitur dapat diakses! Aplikasi akuntansi merupakan cara mudah untuk mengatur berjalannya bisnis. Coba gratis dengan sign up sekarang, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here