spot_img
spot_img
HomeUncategorized5 Cara Simple Manajemen Stok Gudang, Anti Ribet!

5 Cara Simple Manajemen Stok Gudang, Anti Ribet!

Gudang memang dirancang sebagai space khusus untuk keperluan stok, bahkan membantu pelaku bisnis dalam mencapai target tingkat pelayanan yang baik. Pengaruhnya cukup besar bagi kelancaran bisnis apapun. Agar distribusinya tepat dan data ketersediaan tercatat dengan rapi, dibutuhkan skill dalam manajemen stok Gudang.

Meski bisnis yang dijalankan masih dalam skala mikro, kamu tetap butuh yang namanya space khusus untuk menaruh persediaan barang dengan Manajemen stok gudang. Kalau nggak punya banyak waktu dan ingin yang praktis, tips manajemen stok berikut wajib kamu ketahui. Simak selengkapnya, ya. 

Apa Itu Sistem Manajemen Gudang? 

Pebisnis mana saja, pasti ingin terhindar dari yang namanya kerugian besar. Meski sulit dilakukan, bukan berarti nggak bisa dicegah. Sistem manajemen gudang berguna untuk mengelola barang masuk dan keluar, proses, hingga penyimpanan barang dengan pencatatan yang tepat. Bentuk kerugian yang dimaksud bisa bermacam-macam, seperti barang rusak, overselling, dan lainnya. 

Mengapa Gudang Begitu Penting Bagi Bisnis? 

Peran gudang bukan hanya sekedar tempat untuk menyimpan barang atau stok, melainkan juga dipakai untuk menyortir, mengolah, hingga mengemas barang. Tanpa gudang, kamu bakal merasa sedikit kesulitan untuk mengatur siklus produksi. Nantinya, ini akan berujung pada ketidakpuasan pelanggan dan bikin reputasi bisnis jadi jelek.

Nggak cuma bagus buat jangka panjang, gudang juga cocok untuk bisnis musiman. Sebab, jumlah permintaan dari konsumen cenderung berjalan meski pasokan barang mengalami penurunan. Kamu bisa pakai gudang buat menaruh stok cadangan sehingga profit tetap stabil. 

Tips Simple Mengelola Ketersediaan Stok Gudang 

Pasti nggak mau dong bikin konsumen kecewa karena stok barang yang kurang dan kualitasnya menurun? Nah, buat kamu yang masih awam dan belum paham banget dalam mengelola stok terutama untuk gudang, bisa terapkan tips berikut biar lebih efisien. 

1. Membuat Catatan Barang Secara Rutin

Mencatat itu perlu, apalagi buat pebisnis. Kamu wajib membuat catatan barang mulai dari barang masuk maupun keluar agar meminimalisir terjadinya barang yang tidak terhitung. Kamu bisa mencatatnya di buku khusus agar setiap kegiatan terekam dengan jelas. 

Baca juga: Cara Mudah Manajemen Stok Barang untuk Berbagai Usaha

2. Mengecek Barang Sebelum Menyimpan

Ketika kamu memperbarui stok, jangan lupa untuk mengeceknya sebelum disimpan di gudang. Pengecekan dapat dilakukan dengan memeriksa kondisi barang, memastikan ada atau tidaknya kecacatan, dan memberikan kode di tahap akhir dengan mudah menggunakan Manajemen stok gudang.

Langkah ini berguna agar kualitas barang atau produk tetap terjaga dan sama baiknya. Kamu juga bisa mengajukan return kepada pemasok jika ditemukan kecacatan.

3. Membuat Forecast Persediaan

Setelah stok tercatat dengan rapi berjalan lancar, selanjutnya buatlah forecast persediaan atau memperkirakan persediaan stok barang. Isinya tentang jumlah persediaan produk yang dibutuhkan dalam satu periode. Proses manajemen stok bakal terasa lebih sulit jika kamu menjual berbagai jenis produk, begitu juga sebaliknya.

Nggak cuma soal jumlah, jadwal persediaan barang juga masuk dalam tahap ini. Kamu wajib menentukan kapan waktu yang pas untuk membeli persediaan barang dan kapan barang tersebut akan keluar dari gudang. 

4. Atur Stok di Berbagai Channel Penjualan

Buat kamu yang berjualan lebih dari satu channel baik offline atau di marketplace, penting untuk mengupdate stok barang. Ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, yaitu dengan mengumpulkan seluruh stok produk di satu tempat lalu didata ke dalam satu gudang virtual.

Kamu cuma perlu restock untuk satu lokasi penyimpanan, jadi bakal lebih hemat waktu dan tenaga. Tapi, tetap hitung sedetail mungkin untuk menghindari overselling atau dead stock

5. Melakukan Stock Opname

Biar stok yang kamu punya lebih terkontrol, bisa melakukan yang namanya stock opname. Maksud dari stock opname adalah proses berkala yang dilakukan untuk menghitung fisik barang dagangan dan persediaan sebenarnya dari bisnis. Nantinya, hasil tersebut akan dibandingkan dengan jumlah yang ada di dalam catatan persediaan.

Lihat apakah jumlah dan kondisi fisik barang sudah sesuai. Kadang, sering terjadi barang hilang, rusak, atau dipindah tanpa pemberitahuan. Biar lebih mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi stok agar sistematis. Data juga bisa diakses kapanpun dan dimanapun selama ada koneksi internet. 

Kelola Stok Gudang Jadi Lebih Simple, Cuma Pakai Inventory Management

Meski bisa dilakukan secara manual, pasti bakal terasa melelahkan. Nah, biar mudah kamu bisa memanfaatkan Inventory Management dari Sahabat Bisnis. Apa aja sih keuntungan yang didapat? 

  • Atur proses pencatatan, pencarian, penyimpanan, dan penjualan stok produk/barang jadi lebih mudah
  • Semua barang persediaan baik bahan mentah (baku) atau barang jadi, semua dilakukan dengan praktis dan tertata rapi 
  • Bisa dikelola secara real time
  • Atur banyak warehouse hanya dari satu dasbor
  • Pengalihan Inventaris/Stok Opname/Rekonsiliasi

manajemen stok barang anti ribet dengan Sahabat Bisnis. Semua fiturnya bisa kamu coba secara gratis, lho. Yuk, beralih sekarang!

Coba Gratis Sekarang!

Manajemen stok gudang
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here