spot_img
spot_img
HomeE-InvoicingAplikasi Invoice5 Contoh Invoice Penagihan Jasa dan Cara Membuatnya

5 Contoh Invoice Penagihan Jasa dan Cara Membuatnya

Invoice penagihan jasa merupakan dokumen yang dikirim pada klien untuk meminta pembayaran atas suatu layanan. Invoice jenis ini menunjukkan pada klien jumlah yang harus dibayar, batas waktu pembayaran, serta daftar terperinci dari layanan yang diberikan.

Invoice penagihan jasa sendiri digunakan sebagai tagihan untuk layanan yang disediakan oleh sebuah bisnis kepada klien. Sesuai namanya, invoice jenis ini dilengkapi dengan kop surat resmi yang diberikan kepada pelanggan untuk transaksi tertentu.

Invoice penagihan jasa terdiri dari tiga bagian, yaitu awalan, isi, serta akhiran. Di samping itu, lembar invoice juga harus menyertakan tanggal, nomor surat, logo perusahaan, perihal, plus  pihak tujuan.

Contoh Invoice Penagihan Jasa

Ada beberapa contoh invoice untuk penagihan jasa. Berikut adalah 5 contoh invoice untuk lebih memudahkan kamu dalam memahaminya:

  1. Invoice Penagihan Jasa Servis Elektronik

Sumber: https://www.cvsurat.my.id/2022/07/contoh-nota-elektronik.html 

Jika ada peralatan elektronik yang rusak di rumahmu, mungkin kamu akan memanggil jasa servis untuk memperbaikinya. Setelahnya, kamu akan diberi tagihan untuk jasa yang telah kamu terima.

  1. Invoice Penagihan Jasa Perbaikan Rumah

Sumber: https://mamikos.com/info/contoh-invoice-tagihan-pembayaran/ 

Saat ada bagian dari rumahmu yang mengalami kerusakan, misalnya saja atap yang bocor atau kerusakan yang lebih parah lainnya, kamu memanggil tukang untuk memperbaiki rumahmu. 

Setelah renovasi selesai, tukang yang kamu panggil itu akan memberikan tagihan untuk pekerjaan yang telah diselesaikan.

  1. Invoice Penagihan Jasa Servis Kendaraan

Sumber: https://www.lazada.co.id/products/nota-bengkel-motor-murah-12-buku-i6378150718.html 

Ketika aki motormu habis dan kamu membawanya ke bengkel untuk diperiksa oleh para montir, kamu telah memakai jasa tersebut dan akan mendapatkan tagihan untuk membayar biaya servis motormu.

  1. Invoice Penagihan Jasa Servis Listrik

Sumber: https://infopromodiskon.com/brand/profile/service-ac-magelang-griya-teknik/ 

Terkadang saat kondisi hujan badai, ada pohon yang roboh dan menimpa kabel jaringan listrik di rumahmu hingga menyebabkan kerusakan atau pemadaman. Saat kamu memanggil teknisi untuk memperbaiki listrik di rumahmu, maka kamu akan dikenakan tagihan untuk layanan perbaikannya.

  1. Invoice Penagihan Jasa Servis Pipa

Sumber: https://www.lazada.co.id/products/cetak-nota-nota-custom-nota-olshop-nota-bon-ukuran-105-x-165-min-4-buku-i5576560162.html 

Contoh invoice untuk penagihan jasa yang terakhir adalah saat air di rumahmu macet dan kamu menelepon jasa servis pipa untuk memeriksanya, setelah itu kamu akan menerima tagihan dari perbaikan pipa tersebut.

Baca juga: Intip Contoh Invoice Penjualan, Pembayaran, dan Tagihan Yuk!

Komponen yang Perlu Ada dalam Contoh Invoice Penagihan Jasa

Secara umum, semua invoice penagihan jasa memiliki format yang sama. Ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan dalam pembuatannya, di antaranya:

  1. Template Invoice Penagihan Jasa

Contoh invoice penagihan jasa yang tepat haruslah menampilkan branding dari bisnis yang kamu miliki, apa saja hal itu? Ada logo, font, serta palet warna.

  1. Nama dan Kontak Bisnismu

Dalam header invoice penagihan jasamu, harus ada logo dan juga nama bisnismu. 

Alamat bisnis, alamat email dan nomor telepon juga harus tercantum agar klien bisa lebih mudah menghubungimu jika ada pertanyaan tentang invoice penagihan jasa darimu.

  1. Informasi Detail Soal Klienmu 

Salah satu contoh invoice penagihan untuk jasa yang baik juga menampilkan nama klien kamu dan detail kontaknya, termasuk alamat, nomor bisnis hingga email. 

  1. Nomor Invoice Penagihan Jasamu

Setiap kali membuat invoice penagihan jasa kamu harus menyertakan nomor unik. Cantumkan dengan jelas nomor invoice di tagihan. 

Nomor tersebut akan menjadi referensi penting saat kamu dan klien perlu mendiskusikan invoice tertentu.

  1. Tanggal Penerbitan Invoice Penagihan Jasa Usahamu

Dalam komponen ini, jangan lupa sertakan tanggal faktur invoice penagihan jasa usahamu. Kamu bisa membubuhkan waktu tertentu saat usahamu menerbitkan invoice, atau untuk substitusi, usahamu bisa menyertakan periode penagihan.

  1. Daftar untuk Semua Layanan yang Usahamu Sediakan

Di dalam invoice penagihan untuk jasa wajib rinci mendetail. Sediakanlah seluruh layanan yang usahamu sediakan untuk mitra atau klien, dalam suatu siklus atau periode tagihan dan cantumkan aspek-aspek di bawah ini:

  • Daftar ‘layanan pekerjaan’ yang beres
  • Daftar ‘durasi kerja’ di samping masing-masing layanan
  • Tarif pembayaran spesial layanan yang usahamu berikan
  • Subtotal tiap layanan
  1. Tarif Pajak yang Diberlakukan untuk Layananmu

Pajak yang dikenakan untuk klien untuk layananmu bisa sangat bergantung untuk lokasi serta bagaimana bisnismu didirikan. 

  1. Metode Pembayaran yang Usahamu Terima

Tentukanlah metode pembayaran apa saja yang usahamu terima dari klien khusus layananmu, contohnya pembayaran lewat kartu kredit, cash, setoran bank secara langsung,  pembayaran online, dan sebagainya. 

  1. Waktu Jatuh Tempo Invoice Penagihan Jasamu

Sertakanlah waktu jatuh tempo pembayaran khusus untuk invoice penagihan jasa usahamu. Gunakanlah bahasa direct serta jangan lupa cantumkan tawaktu nggal jatuh tempo setepat mungkin, contohnya “Pembayaran jatuh tempo 28 Februari 2022”.

Dengan penulisan waktu jatuh tempo yang jelas ini bisa mempermudah klien dalam membaca invoice dari kamu.

  1. Nominal Total Tagihan Jatuh Tempo

Invoice penagihan jasa yang dibuat wajib mencakup nominal total wajib dibayar untuk layanan diberikan. Kamu bisa menonjolkan bagian ini lewat metode huruf besar dan tebal agar langsung diketahui oleh klien usahamu.

Nah, untuk memudahkan bisnismu, tak ada salahnya jika kamu mulai mempertimbangkan penggunaan Invoice Digital. Kenapa harus Invoice Digital?

Di era serba digital ini, hampir semua keperluan bisa diselesaikan dalam sekejap tanpa perlu menunggu dalam waktu yang lama. Misalnya saja untuk keperluan surat-menyurat atau sekadar berkirim kabar.

Begitu pula dengan Invoice Digital. Seiring berkembangnya teknologi, Invoice Digital menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin bisnismu tetap berjalan lancar dan tampak semakin profesional.

Selain praktis untuk digunakan, kamu juga bisa memilih template sesuai kebutuhan bisnismu saat kamu memilih Invoice Digital ini. Kamu bingung harus pilih Invoice Digital yang mana?

Tenang saja, ada Invoice Digital dari Sahabat Bisnis bisa jadi salah satu opsi yang patut kamu pertimbangkan. Terdapat fitur-fitur terbaik mulai dari pemilihan jasa, input pajak, hingga bisa digunakan dengan smartphone kamu!

Baca juga: Cara Membuat Invoice Digital di Sahabat Bisnis

Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya? Yuk segera pakai dan nikmati layanan Invoice Digital Sahabat Bisnis!

spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here