spot_img
spot_img
HomeE-InvoicingAplikasi Invoice5 Tips Memilih Aplikasi Nota Online Terbaik

5 Tips Memilih Aplikasi Nota Online Terbaik

Setiap kali selesai berbelanja, kita akan mendapatkan struk belanja atau nota sebagai bukti pembayaran. Perkembangan teknologi mengubah kebiasaan orang dalam bertransaksi. Melalui aplikasi nota online, pembeli bisa mendapatkan struk belanja di di gadget mereka. 

Bentuk nota online jelas lebih praktis. Dompet milikmu tidak akan penuh dengan struk belanja. Karena bukti pembelian akan tersimpan aman di dalam gadget. 

Bagi kebanyakan orang, nota pembelian mungkin hanya dianggap bukti pembayaran, yang langsung dibuang atau dihapus setelah selesai berbelanja. Namun bagi pengusaha nota sangat penting untuk laporan keuangan.

Nota harus disimpan dan diarsipkan dengan baik. Baik itu nota penjualan maupun nota pembelian. Sebagai bukti resmi atas transaksi jual beli yang sudah dibayar lunas.


Kelebihan Menggunakan Aplikasi Nota Online

Sampai sekarang masih banyak bisnis yang membuat nota dengan cara tulis tangan. Khususnya para pengusaha UMKM, yang belum mengadaptasikan teknologi ke dalam aktivitas bisnisnya. 

Padahal saat ini sudah tersedia aplikasi untuk membuat nota online. Keberadaan aplikasi hadir untuk memudahkan pengusaha dalam menjalankan bisnisnya. 

Namun belum banyak orang mengetahui kelebihan dari nota online. Berikut ini kelebihan dari aplikasi untuk membuat nota online, yang perlu kamu ketahui:

  • Menghemat Waktu

Kelebihan pertama dari menggunakan aplikasi yaitu proses membuat nota jadi lebih cepat. Sehingga dapat menghemat lebih banyak waktu. 

Terutama saat konsumen membeli barang dalam jumlah banyak, kamu tidak perlu lagi repot menulis nota secara manual. Kamu tinggal input data barang dan harga yang sudah tersimpan di dalam sistem.

  • Meminimalisir Kesalahan

Selain cepat, penggunaan aplikasi nota juga lebih akurat. Kamu bisa meminimalisir kesalahan pencantuman data, seperti nama barang dan harga. 

Perhitungannya juga dibuat otomatis, sehingga kalkulasinya tidak akan salah. Pembeli akan merasa lebih nyaman dan kembali memesan barang dari toko milikmu.

  • Mudah Mengecek Riwayat Penjualan

Ketika ingin mengecek riwayat penjualan, jika masih menggunakan nota kertas, kamu harus mencarinya secara manual. Membuka dokumen dan menelusurinya berdasarkan tanggal. 

Sedangkan dengan aplikasi nota online, kamu bisa langsung mencari atau searching di dalam sistem. Setelah itu data yang kamu cari akan ditampilkan dalam sekejap. 

  • Ramah Lingkungan

Memakai nota online dinilai lebih ramah lingkungan. Karena mengurangi penggunaan kertas. Hal ini juga akan memberikan nilai (value) lebih kepada bisnis kamu. 

Karena kepedulian bisnis kamu terhadap kelestarian lingkungan. Pembeli juga akan menilai pelayanan kamu lebih canggih jika menggunakan nota online.

Baca juga: Kenali Perbedaan Invoice dengan Faktur, Nota dan Kwitansi

5 Tips Memilih Aplikasi Nota Online Terbaik

aplikasi nota online
ilustrasi invoice digital sahabat bisnis

Kamu bisa menemukan banyak aplikasi untuk membuat nota online, tetapi mana yang terbaik? Untuk menjawabnya, berikut ini 5 tips yang bisa kamu lakukan sebelum memilih akan menggunakan aplikasi apa: 

  • Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sebelum mencari aplikasi yang sesuai, tentukan dulu fitur apa saja yang kamu butuhkan. Baru setelah itu cari aplikasi yang menawarkan fitur-fitur tersebut. 

Mencari tanpa mengetahui keperluan terpenting untuk bisnismu hanya akan membuat kamu pusing saat memilih aplikasi yang tepat. Jadi kenali dulu apa yang jadi kebutuhan bisnismu terkait pembuatan nota dan catatan keuangan.

Karena setiap aplikasi menawarkan berbagai fitur yang berbeda. Cari tahu kelebihan dari setiap fitur yang disediakan pembuat aplikasi nota penjualan.

  • Mudah Digunakan

Sebaiknya pertimbangkan juga apakah aplikasi tersebut mudah untuk digunakan atau cukup sulit. Aplikasi yang terlalu rumit sampai harus mengikuti pelatihan panduan penggunaan sebelum memakainya, akan memakan waktu dan mengeluarkan biaya tambahan.

Aplikasi yang canggih tetapi sulit saat dipakai malah akan menghambat jalannya bisnis. Jadi pastikan aplikasi yang akan kamu pilih user friendly dan mudah dipahami. 

  • Cek Fitur Keamanan

Poin penting yang tidak boleh terlewat adalah fitur keamanan. Cari tahu seperti apa sistem keamanan yang ditawarkan suatu aplikasi pembuat nota online.

Karena kamu harus memastikan data pelanggan aman agar tidak disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Data penjualan produk bisni kamu pun harus terjaga dan tersimpan dengan rapi. 

Baca juga: 10 Tips Memastikan Pembayaran Digital Aman untuk Pelanggan dan Partner Bisnis

  • Integrasi 

Pilih aplikasi yang juga menawarkan integrasi dengan tambahan fungsi lain. Misalnya pembuatan invoice, laporan stok barang, perhitungan pajak, dan fungsi lainnya. 

Jadi dalam satu aplikasi kamu bisa menggunakan fitur-fitur untuk beberapa keperluan. Bukan hanya pembuatan nota online saja. 

  • Coba Free Trial

Cara terbaik untuk mengetahui kelebihan dari suatu aplikasi yaitu dengan lebih dulu mencobanya. Ada aplikasi yang memberikan free trial, agar pengusaha bisa mencoba menggunakan fitur-fitur yang tersedia. 

Jika dirasa cocok dan sesuai dengan kebutuhan bisnis, pengusaha tinggal lanjut menggunakannya. 

Membuat nota menggunakan aplikasi akan memudahkan para pengusaha. Pemilik UMKM juga sebaiknya segera beralih ke nota online, agar pencatatan lebih rapi dan mudah dilacak. 

Transformasi bisnis ke penggunaan aplikasi digital juga sesuai dengan kondisi saat ini. Di mana perilaku konsumen mulai berubah dengan melakukan transaksi serba online. Baik itu pembelian ataupun cara bayar.

Setiap transaksi jual beli secara online, tentu memerlukan nota pembelian secara online juga. Tidak bisa lagi menggunakan nota manual yang ditulis tangan. 

Karena itulah sebaiknya kamu memanfaatkan aplikasi nota online. Hal ini bisa menjadi kesempatan bagi kamu untuk mengembangkan bisnis lebih luas lagi. 

Kamu bisa menggunakan Invoice Digital dari Sahabat Bisnis untuk membuat nota online. Selain membuat nota secara online, kamu juga dapat membuat invoice tagihan dengan mudah dan cepat. 

Coba gratis Invoice Digital Sahabat Bisnis sekarang! Nikmati kemudahan menjalankan bisnis,  karena pengelolaan tagihan jadi serba otomatis.

spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here