spot_img
spot_img
HomeLainnyaTips Bisnis6 Cara Bisnis Online Modal Kecil di E-commerce

6 Cara Bisnis Online Modal Kecil di E-commerce

Bisnis online modal kecil dapat dilakukan dengan mudah di era serba digital seperti saat ini. Kemajuan teknologi yang pesat membuat pelaku bisnis semakin mudah dalam memasarkan produk bisnisnya. 

Adalah sebuah kerugian bila kita tak bisa memanfaatkan teknologi untuk mensukseskan bisnis online kita. 

Bisnis online dapat dimulai dengan modal yang kecil karena menggunakan platform bernama e-commerce. E-commerce atau electronic commercial ini semacam perdagangan yang dilakukan via online. 

Saat ini banyak tersedia platform e-commerce yang memberikan ruang bagi bisnis online untuk berkembang. Simak tips memulai bisnis online di e-commerce!

Intip 6 Cara Bisnis Online Modal Kecil di E-commerce 

Membuka bisnis tak melulu harus sebuah bisnis besar dengan toko fisik yang membutuhkan banyak modal besar. 

Bagi kamu yang ingin merintis bisnis namun memiliki modal kecil dapat memulai bisnismu di e-commerce. Nah, bagaimana caranya? 

  1. Riset Produk

Tentu kamu harus mencari tahu produk apa saja yang pasarnya besar di Indonesia. Apa yang paling banyak dicari dan manakah produk best seller.

Lakukan riset, dan sekaligus cari supplier yang bisa menyediakan produk-produk tersebut. Riset produk jelas sudah mencakup harga produk. 

Setelah meriset produk dan harga, kamu bisa menentukan produk manakah yang akan kamu ambil untuk jual. Sesuaikan dengan modal yang kamu miliki. 

Alangkah lebih baiknya jika kamu menjadi seorang reseller atau dropshipper, modal yang dibutuhkan jadi bisa lebih hemat lagi. 

  1. Riset Supplier

Setelah menemukan produk yang paling sesuai, lanjutkan dengan mencari supplier yang mampu memenuhi kebutuhan bisnismu. 

Namun, jika kamu hendak memproduksi produk sendiri maka tak masalah. Kamu tinggal mencari di mana bisa membeli bahan-bahan baku dengan harga terjangkau. 

Melakukan riset ini sebagai perbandingan harga dan penghematan biaya yang perlu kamu keluarkan untuk dapat memulai  bisnis onlinemu.

Baca juga: 8 Cara Cepat Kembangkan Bisnis dengan Metode Growth Hacking

  1. Daftarkan Bisnismu di E-Commerce

Hal ini biasanya dilakukan dengan membuat akun atau toko online. 

Berbagai macam e-commerce baik besutan dalam atau luar negeri siap menampung bisnismu. Pendaftaran dilakukan secara gratis. 

Kamu hanya perlu mengisi dengan informasi yang diminta dengan sebaik-baiknya. Sebab nanti kalau sampai salah memasukkan data bisa mengganggu transaksi ke depannya.

Bisnis online modal kecil baiknya mendaftar di e-commerce yang memang paling ramai dan mudah. Tak perlu mendaftar di semua e-commerce. 

Akan sayang jika sudah mendaftar tapi tak diurus dan maintenance dengan baik. 

  1. Kemas Toko di E-Commerce Semenarik Mungkin

Pakailah nama yang sesuai dengan brand atau produkmu, pastikan informasi yang tertera  sudah detail dan membantu memudahkan calon customer. 

Posting lah foto-foto produk yang real dan menarik visualnya. Isikan deskripsi produk selengkap mungkin. 

Berilah segala kemudahan kepada pengunjung tokomu. Sehingga mereka tak perlu banyak bertanya sebab semua informasi sudah tersedia.

  1. Memaksimalkan Penggunaan Social Media

Kebanyakan orang-orang mencari brand di sosial media, untuk itu penting bagi kamu membuat sosial media yang aktif. Sertakan link semu e-commerce yang kamu punya. 

Dengan menyebarkan info e-commerce milikmu di sosial media dapat membuat lebih banyak orang mengenal tokomu. 

Jangan lupa untuk memakai word of mouth untuk promosikan bisnismu. Manfaatkan bantuan saudara, keluarga atau teman-teman untuk mempromosikan bisnismu.

  1. Maintenance dan Monitoring Bisnis di E-commerce

Jangan lupa untuk aktifkan notifikasi dan rajin memperbarui informasi di e-commerce kamu. Pastikan juga merespon chat atau komen dari customer dengan cepat. 

Apalagi ketika harus memproses pembelian, usahakan cepat dan tak terlambat. 

Biasanya e-commerce dan pelanggan sendiri dapat memberikan penilaian pada bisnis kamu. Jika pelayananmu buruk bisa menurunkan performa bisnismu.

Baca juga: 10 Ide Usaha UMKM bidang Agribisnis

Menjadi Dropshipper, Reseller, atau Produksi Mandiri?

umkm naik kelas
ilustrasi bisnis dropship

Bagi kamu pelaku usaha yang masih dilanda kebingungan manakah yang lebih menguntungkan antara menjadi dropshipper, reseller atau produksi mandiri untuk bisnis online dengan modal kecil. 

Cari tahu di bawah ini untuk perbedaannya. 

  • Dropshipper

Dropshipper berbeda dengan reseller, tetapi masih banyak orang yang sering tertukar. 

Jika menjadi dropshipper, kriteria supplier yang harus kamu dapatkan adalah mereka yang memberikan harga kompetitif dan murah. 

Selain itu, supplier harus sanggup melayani sistem order dropship. 

Segala bahan promosi berupa gambar dan informasi produk didapatkan di supplier. Kamu tak perlu menyetok produk jika sistemnya dropship. 

Kamu hanya perlu menjual produk di e-commerce dan meneruskan ke supplier jika ada orderan masuk agar diproses kirim oleh supplier.

Bisnis online modal kecil ini memiliki keuntungan sebesar 10 – 20% dari tiap produk yang terjual.

  • Reseller

Sebagai seorang reseller, kamu perlu stok barang dan memilih supplier yang harganya rendah dengan margin jual serta kualitas tinggi. 

Sebaiknya sebagai reseller, pilihlah produk yang memang fast moving agar stock tak mati di rumah. 

Menjadi reseller lebih bisa mengatur harga jual kepada konsumen dengan leluasa. Proses order pun dilakukan oleh reseller sendiri.

Modal yang dibutuhkan tentu relatif lebih besar dari yang dikeluarkan seorang dropshipper. 

Keuntungan untuk reseller tergantung bagaimana reseller mengatur harga jual dan mendapatkan harga beli. 

Keuntungan yang didapat bisa lebih besar dari yang diperoleh dropshipper.

  • Produksi Mandiri

Untuk dapat memproduksi sendiri produk untuk bisnis online, jelas membutuhkan modal yang tak sedikit. Karena ada biaya produksi maka margin profit juga perlu diperhitungkan. 

Hal ini bisa menyebabkan harga jual produk jadi lebih mahal. Namun, kelebihannya produksi mandiri kamu dapat menjual produk dengan model dan kualitas sesuai keinginanmu.

Apapun sistem bisnis online modal kecil yang kamu akan geluti, terlihat professional dan mengutamakan kinerja yang efektif tentu sangat diperlukan. 

Kamu dapat memakai invoice digital agar memudahkan setiap transaksi tagihan bisnis onlinemu. 

Invoice Digital Sahabat Bisnis dapat memproses invoice lebih cepat dari cara manual. 

Apalagi sekarang Invoice Digital dari Sahabat Bisnis dapat digunakan langsung di smartphonemu secara praktis. Nikmati kemudahan memantau semua transaksi hanya melalui satu dashboard saja!

spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here