spot_img
spot_img
HomeLainnyaTips Bisnis7 Cara Tepat Kelola Modal Usaha UMKM

7 Cara Tepat Kelola Modal Usaha UMKM

Dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha, maka diperlukan pengelolaan modal usaha yang baik. Pengelolaan modal yang baik sangat penting dilakukan untuk kelancaran usaha.

Agar pengelolaan keuangan pada usaha kamu bisa berjalan dengan baik, terdapat beberapa cara kelola modal usaha UMKM yang bisa kamu terapkan. Untuk mengetahui apa saja cara tersebut, simak selengkapnya melalui artikel berikut ini.

Cara Kelola Modal Usaha UMKM

Agar usahamu bisa mencapai keuntungan yang optimal, maka diperlukan pengelolaan modal usaha yang baik. Dengan modal usaha yang terkelola dengan baik, kamu bisa membuat anggaran untuk setiap pengeluaran maupun pemasukan bisnis kamu.

Pengelolaan modal yang baik juga bisa menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebangkrutan usaha, maupun hal lainnya. Karena modal usaha adalah hal penting yang menjadi pondasi dari sebuah usaha, baik usaha kecil maupun usaha yang sudah besar.

Nah, berikut ini kami bagikan beberapa cara kelola modal usaha UMKM yang bisa kamu terapkan pada usahamu: 

  1. Pisahkan antara Keuangan Pribadi dan Keuangan Usaha

Cara pertama adalah dengan memisahkan antara keuangan pribadi dan keuangan usaha. Hal ini dilakukan untuk menghindari salah pencatatan keuangan yang bisa mempengaruhi perhitungan modal.

Jika terjadi kesalahan pencatatan keuangan karena dana yang tercampur tentu akan menyulitkan dalam menentukan biaya operasional usaha. Pencatatan keuangan usaha juga bisa mempengaruhi pengambilan keputusan hingga evaluasi kinerja usaha.

  1. Disiplin dalam Pencatatan Keuangan
kelola modal usaha umkm
ilustrasi pencatatan keuangan.

Setelah memisahkan antara keuangan pribadi dan keuangan usaha, maka cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah disiplin dalam melakukan pencatatan keuangan.

Pencatatan keuangan adalah aspek penting bagi usaha apapun. Sehingga kamu tidak bisa abai terhadap hal tersebut.

Kamu bisa mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan yang terjadi pada usaha agar bisa terkontrol dengan baik. Setidaknya kamu mengetahui berapa biaya operasional usaha yang dibutuhkan, keuntungan yang diperoleh serta berapa modal yang digunakan untuk usaha.

Jika sudah mengetahui hal-hal tersebut, maka pemilik usaha bisa melakukan evaluasi atas usahanya dan membuat perencanaan usaha yang lebih baik lagi berdasarkan pencatatan keuangan tersebut.

  1. Buat Perencanaan dan Pengelolaan Utang

Cara berikutnya termasuk ke dalam cara yang penting dilakukan oleh para pelaku UMKM. Cara tersebut adalah dengan membuat perencanaan dan pengelolaan utang yang baik.

Dalam sebuah usaha, utang menjadi hal yang bisa meningkatkan kapasitas performa usahamu. Tapi jika utang menjadi terlalu banyak dan tidak terkendali, maka akan menyebabkan masalah finansial hingga kebangkrutan.

Oleh sebab itu, perencanaan serta pengelolaan utang sangat perlu untuk dilakukan. Apabila usahamu sudah memiliki utang, pastikan rasio utang terhadap asetmu tidak lebih dari 50% dan rasio utang pada pendapatanmu tidak lebih dari 30%.

Sehingga sebelum usahamu mengajukan utang, pastikan kamu sudah membuat perencanaan sebaik dan sematang mungkin.

Baca juga: Cara Menghitung Laba Rugi di Laporan Keuangan

  1. Buat Pondasi Usaha yang Kuat

Cara kelola modal usaha UMKM selanjutnya adalah membuat pondasi keuangan pada sebuah usaha dengan kuat. Pondasi yang bisa kamu bangun adalah dengan membuat catatan keuangan yang rapi dan teratur.

Dengan pencatatan yang rapi, kamu dapat mengetahui laba dengan lebih akurat. Sebagian laba tersebut bisa disisihkan untuk melindungi usaha kamu dalam bentuk dana darurat atau asuransi.

Keberadaan dana darurat bisa digunakan apabila usahamu mengalami kendala atau musibah di luar rencana serta dapat mengganggu operasional usaha. Sementara asuransi bisa digunakan sebagai pengalihan risiko agar usaha kamu tidak menanggung biaya besar jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Tetapkan Target dan Lakukan Evaluasi

Memiliki sebuah usaha, maka sangat perlu menetapkan target atas usaha tersebut serta melakukan evaluasi. Menetapkan target dilakukan agar tujuan dari usaha bisa tercapai dan mendapatkan keuntungan.

Sementara, evaluasi usaha bisa dilakukan secara berkala untuk menganalisa apakah usaha yang kamu jalankan sudah atau perlu dilakukan perbaikan. Melakukan perbaikan pada suatu usaha bisa dilakukan untuk meningkatkan efisiensi usaha tersebut.

  1. Mengelola Stok Produk

Cara yang tidak boleh terlewat dalam kelola modal usaha adalah dengan mengelola stok produk usaha kamu. Dengan melakukan kontrol stok produk, kamu bisa memastikan jumlah yang tepat sehingga modal tidak terikat secara tidak perlu.

Jika kamu bisa mengelola stok produk dengan baik, maka usaha yang kamu jalankan tidak akan menghabiskan banyak biaya.

Baca Juga: Cara Mudah Kelola Stok Opname Gudang dengan Tepat

  1. Kembangkan Usaha

Cara terakhir tidak kalah penting dari cara lainnya, yaitu mengembangkan usaha kamu. Dengan usaha yang semakin berkembang, maka keuntungan yang diperoleh bisa lebih banyak. 

Tidak hanya itu, mengembangkan usaha juga bisa memperluas koneksi agar bisa pelanggan bisa bertambah atau bahkan menemukan partner usaha yang bisa diajak kerja sama. Maka mengembangkan usaha menjadi salah satu cara penting yang tidak boleh terlewat saat mengelola modal usaha kamu.

Itulah cara kelola modal usaha UMKM yang tepat dan bisa diterapkan pada usaha kamu. Pengelolaan modal usaha yang baik akan membantu kamu dalam keuangan bisnis yang lancar.

Agar pengelolaan modal usaha kamu semakin baik, kami merekomendasikan Invoice Digital Sahabat Bisnis untuk membantu mengelola keuangan.

Di era serba digital ini melakukan pengelolaan modal secara digital juga perlu dilakukan. Beragam fitur yang hadir di Invoice Digital sangat bisa membantu kelancaran keuangan UMKM.

Yuk, coba gratis berbagai fitur menarik Invoice Digital Sahabat Bisnis yang bisa mempermudah pengelolaan modal usaha UMKM kamu! Dijamin, keluar masuk invoice lancar dan usaha pun semakin berkembang!

spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here