spot_img
spot_img
HomeLainnyaTips Bisnis7 Peluang Usaha Rumahan Bermodal Kecil

7 Peluang Usaha Rumahan Bermodal Kecil

Peluang usaha rumahan dapat dijadikan sebagai peluang yang menguntungkan, bagi kamu yang ingin memperoleh penghasilan tanpa harus bekerja kantoran. Kamu juga bisa memulai bisnis rumahan ini untuk memperoleh passive income. 

Sudah pasti, agar dapat sukses menjalankan bisnis ini, kamu harus menemukan ide yang menjanjikan. Dengan era yang serba canggih, bisnis rumahan bukan hanya terbatas pada membuka toko fisik. 

Lantas, apa saja bisnis yang dapat dicoba? Yuk, intip lewat artikel satu ini agar tidak ketinggalan infonya!

Berbagai Pilihan Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil

Ada sejumlah peluang bisnis rumahan yang dapat dijalankan. Berikut adalah poin-poin dan penjelasan tentang hal tersebut:

  1. Menjual Aksesoris-aksesoris Handphone

Dulunya, kita mungkin menganggap jika aksesoris handphone hanyalah printilan. Namun, siapa yang menyangka jika sekarang barang ini begitu laris manis. 

Dengan begitu banyaknya merek serta tipe ponsel yang terus dirilis, menjual aksesorisnya tentu bisa memberimu pasar tersendiri. Kamu bisa membuka peluang usaha rumahan dengan menjual aksesoris ini baik secara offline atau secara online

Aksesoris yang sekarang ini digemari seperti casing, socket, headset, kabel charger, earphone, dan yang lainnya. kamu juga bisa memulai bisnis ini dengan sistem dropshipping karena banyak supplier yang menawarkan aksesoris di marketplace.

  1. Menjual Voucher Game dan Layanan Subscription

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, digitalisasi sekarang semakin masif, dunia online juga semakin digemari oleh seluruh kalangan. Sehingga bisnis berjualan voucher game dan subscription dapat dijadikan sebagai pilihan. 

Kamu bahkan tidak harus membangun etalase offline agar bisa memulai berjualan voucher game. Semua bisa kamu lakukan secara online. Contohnya, kamu bisa berjualan langganan Netflix, voucher Google Play, dan sejumlah produk lain. 

  1. Menjual Bahan Pokok secara Online

Peluang usaha rumahan yang menjanjikan lainnya adalah menjual bahan pokok secara online. Walaupun banyak tersedia toko offline, tetapi menjual sembako secara online bisa memberi harga yang murah karena kamu tidak perlu membayar karyawan dan operasional toko. 

Bila ingin memulainya, kamu hanya perlu membeli sembako dari pusat grosir atau supplier yang menyediakan harga miring. Kemudian, ambil foto dan memasangnya di marketplace

Siapa yang menyangka, peminat dari bisnis ini begitu banyak. Namun, pastikan kamu memperhatikan pengemasan serta jenis produk agar bisa menyesuaikan pengirimannya. 

Terkadang, sejumlah marketplace tidak mengizinkan produk tertentu dijual pada platform-nya, atau tidak bekerjasama dengan jasa pengiriman untuk produk khusus. Kamu juga harus memperhatikan jenis pengiriman dan pastikan produk tidak terlalu lama dikirimkan. 

Baca juga: Contoh Usaha UMKM untuk Ibu Rumah Tangga

  1. Jasa Desain Grafis

Untuk membuka bisnis jasa desain grafis, kamu tidak perlu memiliki skill tinggi. Kamu bisa menggunakan tools seperti Canva atau Visme sehingga proses mendesain akan lancar dan mudah. 

Kamu dapat membuat desain seperti poster digital, logo, dan yang lainnya. Namun, bila kamu memiliki skill menggambar digital, kamu bisa menggunakan tools seperti Ibis Paint. 

Sejumlah desain yang dapat kamu buat seperti karakter bergaya anime Jepang, karikatur, dan sejumlah karyamu sendirio. Selain menjual karyamu secara digital, kamu juga bisa menjualnya dengan bentuk cetak. 

Kamu dapat mempromosikannya di marketplace serta media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitte, dan lainnya. Bila berhasil memiliki pasar sendiri, kamu dapat menggunakan platform freelance yang luas seperti Fiverr. 

  1. Spesialis Iklan Digital

Iklan online sekarang ini lebih diminati dan banyak digunakan berbagai kalangan mulai dari individu maupun perusahaan. Hal ini membuat kebutuhan serta peran ahli yang berada di bidang ini juga menjadi semakin besar. 

Kamu dapat menggunakan ide usaha ini untuk memulai bisnis dengan menjadi freelance spesialis iklan atau spesialis PPC. Bila kamu memiliki pengalaman di bidang pemasaran, pekerjaan ini sangat sesuai. 

Bila belum, sekarang ini ada begitu banyak sumber daya yang bisa digunakan untuk belajar seperti Google, hingga kelas online yang banyak dijual. Sebagai seorang spesialis iklan, kamu wajib membantu klien untuk memenuhi target iklan di sejumlah platform

Kamu juga harus menyusun strategi sesuai dengan bisnis serta produk mereka sehingga dapat menjangkau audiens dengan akurat. Bila sudah siap, kamu bisa bergabung di sejumlah platform untuk mencari klien. 

  1. Penerjemah

Bila kamu menguasai bahasa asing, salah satu ide yang menjanjikan adalah membuka jasa penerjemah. Kamu bisa menerjemahkan berbagai macam konten seperti konten website, buku, dan lainnya. 

Bila kamu belum mempunyai pengalaman profesional, kamu bisa bergabung dengan kelas penerjemah, dan mencoba skill untuk mengerjakan proyek terjemahan. Bila sudah percaya diri, kamu dapat menjadilannya sebagai pekerjaan sampingan. 

Kamu juga bisa fokus pada salah satu bidang penerjemahan. Kamu dapat bekerja dengan lebih mudah karena memahami latar belakang, dan menjadi spesialis pada bidang tersebuit. Untuk masalah tarif, bergantung dari volume, kesulitan, hingga tenggat waktu. 

  1. Jasa Layanan SEO
tips seo untuk pemula

Seluruh pemilik website mengetahui bila halaman pertama pencarian Google merupakan hal berharga. Sayangnya, tidak banyak pebisnis yang memahaminya, sehingga poptensi situs berada di halaman pertama mesin pencari tidak diupayakan dengan baik.

Baca juga: Tips SEO Untuk Pemula, Dijamin Naikkan Peringkat!

Agar dapat mengeksekusi jasa ini, kamu harus bisa menganalisis website dengan baik, kemudian mengidentifikasinya, serta menyusun strategi apa yang dapat dilakukan untuk menaikkan trafik.

Biasanya, spesialis SEO diwajibkan mempunyai pemahaman yang berkaitan dengan SEO on page, teknis, dan lainnya. 

Jika sudah memahami seluruh dasarnya, kamu bisa menambah wawasan dengan mengikuti semacam kursus online. Kamu juga harus mengikuti trend serta mempelajari seperti apa strategi SEO yang tepat. 

Meskipun berstatus sebagai peluang usaha rumahan, tetapi setelah menjalankan bisnis ini, jangan sampai kamu tidak memperhatikan masalah keuangan dengan baik. Agar arus keuangan bisnis semakin lancar, Invoice Digital Sahabat Bisnis dapat dijadikan sebagai pilihan. 

spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here