spot_img
spot_img
HomeE-Invoicing7 Tipe Invoice Penagihan yang Sering Muncul di Bisnis

7 Tipe Invoice Penagihan yang Sering Muncul di Bisnis

Tipe invoice penagihan sendiri ada yang berbentuk kertas dan elektronik atau dikenal dengan sebutan e-invoice. Bentuknya pun beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan si pengirim kepada perusahaan yang dituju.

Ada keadaan dimana penjual harus mengirimkan tagihan kepada mitra dalam bentuk invoice yang harus dibayarkan. Lalu bagaimana bentuk tagihan invoice-nya? Berikut 7 tipe invoice penagihan yang sering digunakan dalam bisnis. 

  1. Invoice Standar

Sesuai dengan namanya, invoice standar merupakan tipe invoice penagihan yang digunakan untuk beragam tagihan transaksi. Invoice standar sering digunakan banyak UMKM karena sifatnya yang serbaguna.

Umumnya,Invoice standar memuat informasi tentang nama dan kontak penjual, nomor referensi atau purchase order, daftar barang/jasa, ketentuan pembayaran, pilihan pembayaran, harga, serta jatuh tempo pengiriman dan pelunasan tagihan.

  1. Invoice Jasa

Invoice jasa merupakan jenis invoice yang dikirim oleh bisnis berbasis layanan kepada kliennya untuk meminta pembayaran terhadap layanannya. Informasi didalamnya terkait tenggat waktu pembayaran serta daftar terperinci akan layanan yang diberikan. Umumnya sering dijumpai pada penyedia jasa desain, jasa penerjemah, pelatihan, dan berbagai bentuk jasa lainnya

  1. Invoice Proforma

Jenis invoice penagihan satu ini adalah dokumen yang menyatakan komitmen penjual untuk menyerahkan barang dan jasa kepada pembeli dengan harga yang disepakati.

Invoice akan dikirim sebelum pekerjaan dilakukan. Para klien dapat melihat perkiraan transaksi mulai dari biaya produk, biaya pengiriman, hingga biaya pemrosesan. Proses penagihannya pun dapat dilakukan secara bertahap. 

  1. Invoice Kolektif

Apabila perusahaan memiliki banyak proyek kecil untuk klien dalam satu waktu, invoice kolektif akan sangat berguna. Daripada harus membuang waktu dan tenaga untuk memberikan invoice kecil, penagihan barang atau jasa disatukan (kolektif).

Jenis invoice satu ini juga berguna untuk meminimalkan biaya transaksi. Invoice kolektif akan sangat membantu bagi pelanggan yang sering membeli atau transaksi jangka panjang antara bisnis dan pemasok mereka.

  1. Invoice Interim

Berbeda dengan invoice penagihan kolektif yang tagihannya diajukan dalam satu waktu, jenis invoice interim dilakukan secara bertahap. Tujuannya untuk mempermudah perusahaan dalam melakukan penagihan. Biasanya diterapkan jika mengerjakan proyek besar.

Jadi, tidak perlu menunggu hingga akhir pengerjaan untuk mengajukan invoice. Jika telah ada perjanjian pembayaran per termin sebelumnya, invoice dapat diajukan untuk penagihan biaya hasil pekerjaan per termin tersebut. 

  1. Invoice Berulang

Jenis invoice satu ini terbit berdasarkan jatuh tempo pembayaran dan sifatnya berkala. Biasanya muncul ketika kamu ingin berlangganan suatu produk atau jasa, seperti untuk listrik, air, atau internet. Invoice yang diterbitkan bisa per minggu atau per bulan. Bahkan, ada juga yang diterbitkan untuk proyek yang ditetapkan berdasarkan jangka waktu tertentu, contohnya selama 12 bulan. 

  1. Invoice Komersial 

Jenis invoice komersial sangat familiar jika kamu bergelut di bidang usaha perdagangan khususnya di kegiatan export dan import. Singkatnya, invoice komersial merupakan nota perincian yang berisi tentang keterangan dari harga barang, jumlah barang, serta jumlah yang harus dibayar oleh pembeli.

Penagihan barang yang diajukan harus mendapatkan persetujuan atau pengesahan dari perwakilan negara yang mengimpor, kantor kedutaan besar negara pengimpor di negara pengekspor, hingga kantor konsuler. 

Baca Juga: Apa Bedanya Invoice Tagihan, E-Invoice, Note, dan Kwitansi?

Beralih ke E-Invoice Agar Bisnis Semakin Lancar!

Tipe Invoice Penagihan

Invoice konvensional umumnya berbentuk laporan terperinci terkait penagihan barang. Umumnya didokumentasikan menggunakan kertas. Namun, kecanggihan teknologi membuat aktivitas invoice penagihan makin simple dengan adanya sistem pembayaran e-invoicing. 

E-Invoice merupakan metode penagihan elektronik yang digunakan oleh mitra dagang untuk pelanggan atau supplier. Untuk menggunakannya, kamu harus menggunakan sistem transaksi.

SaBi memberikan solusi e-invoicing agar lebih mudah, cepat, dan ringkas. Siap-siap untuk mendapatkan untung berlimpah dan tidak pernah merasakan namanya keterlambatan. Kamu bisa menemukan fitur-fitur unggulan Sahabat Bisnis, mulai dari:

  • Dasbor Manajemen
  • Manajemen Produk
  • Manajemen Produk
  • Manajemen Mitra (SaBiNetwork)
  • Tagihan Keluar
  • Tagihan Masuk
  • Penghitungan Pajak

E-invoice hanya membutuhkan waktu hitungan detik untuk mengirim invoice penagihan secara online dan cepat. Kompensasi yang kamu terima juga tidak tertunda. Apalagi, semuanya jadi lebih simple dan praktis dengan SaBi. Kamu tinggal melakukan langkah-langkah ini:

  • Mendaftar dan membuat akun SaBi untuk mengakses fitur di dalamnya
  • Gunakan fitur produk untuk membantu kerja lebih Efektif dan efisien
  • kembangkan bisnis lebih optimal dan tanpa batas

E-invoicing jadi solusi mudah untuk kelancaran bisnis kamu! Penagihan barang tak perlu waktu lama lagi. Cukup dengan menggunakan fitur-fitur dari Sahabat Bisnis, invoice penagihan bisa dikirim dalam waktu cepat! Daftar sekarang dan nikmati fitur penagihan otomatis dengan Sahabat Bisnis, sobat cuanmu!

spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here