spot_img
spot_img
HomeLainnyaTips Bisnis8 Cara Cepat Kembangkan Bisnis dengan Metode Growth Hacking

8 Cara Cepat Kembangkan Bisnis dengan Metode Growth Hacking

Dalam menjalankan sebuah bisnis, dibutuhkan strategi maupun metode yang tepat untuk menghasilkan keuntungan agar sesuai dengan target yang telah direncanakan.

Salah satu metode yang bisa kamu gunakan adalah metode growth hacking. Metode ini kembali populer dikarenakan pertumbuhan perusahaan startup yang kian meningkat dan tentunya ia cukup berbeda dengan tradisional marketing.

Untuk mempelajari metode tersebut lebih lengkap, ketahui informasinya melalui artikel berikut ini.

Pengertian Growth Hacking

Apakah kamu belum mengetahui tentang hal ini? Jadi, kini adalah saatnya kamu tahu bahwa ini merupakan sebuah metode yang biasa digunakan oleh perusahaan startup dengan berfokus pada pertumbuhan, berdasarkan proses yang berbasis eksperimen dan digerakkan oleh data.

Istilah growth hacking tersebut pertama kali dipopulerkan oleh Seas Ellis. Beliau adalah CEO sekaligus founder dari website GrowthHackers. Website tersebut menggunakan strategi marketing dan promosi yang berfokus pada pertumbuhan atau growth.

Walau metode ini identik digunakan perusahaan-perusahaan startup, tapi bidang usaha seperti UMKM juga bisa menggunakan metode tersebut. 

Sebab, metode ini dibutuhkan agar sebuah usaha bisa berkembang dengan baik dan signifikan di awal pendirian, tumbuh dengan cepat dan mampu bertahan lama.

Metode satu ini tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan atau bisnis yang baru berdiri saja, tapi juga bisa diimplementasikan pada perusahaan dan bisnis yang telah berjalan atau sudah memiliki nama yang besar.

Secara sederhana, metode ini bisa diartikan sebagai sebuah cara yang melibatkan kreativitas, pemikiran dan pendekatan yang penuh dengan perhitungan yang matang.

Cara Mengembangkan Bisnis dengan Metode Growth Hacking

growth hacking
people meeting. image by pexels (mikhail nilov)

Lalu bagaimana cara mengembangkan bisnis dengan metode tersebut? Agar bisnis kamu bisa menerapkan strategi tersebut dengan baik, berikut ini kami sajikan beberapa cara yang bisa dilakukan agar penggunaan metode tersebut menjadi optimal:

  1. Ketahui Produk yang Dibuat Sesuai dengan Keinginan Masyarakat

Cara pertama adalah dengan mengetahui apakah produk yang kamu buat telah sesuai dengan keinginan serta kebutuhan masyarakat. Produk yang sesuai dengan keinginan masyarakat lebih mudah laku terjual dibanding yang tidak sesuai keinginan.

Maka diperlukan riset terlebih dahulu sebelum membuat produk. Kamu bisa membuat survey kepada masyarakat dan mendapatkan feedback atau masukan setelah melakukan penjualan produk pertama kali.

Baca juga: Cara Menentukan Harga Jual Produk UMKM

  1. Membuat Target Pasar yang Terarah

Berikutnya kamu bisa membuat target pasar yang lebih terarah. Jangan membuat target pasar yang luas, terutama bagi perusahaan yang baru dirintis. Sebab, nantinya penjualan bisa tidak optimal.

Mulailah dengan target pasar yang kecil terlebih dahulu. Dengan memasarkan produk pada target yang kecil, perkembangan dari bisnis kamu bisa terlihat lebih cepat.

  1. Acquisition

Selanjutnya ada acquisition atau akuisisi. Ini merupakan titik pertama pertemuan antara perusahaan kamu, produk, dan pelanggan. Titik ini menjadi sebuah langkah penting untuk mengetahui apakah pelanggan akan menerima produk kamu atau tidak.

  1. Aktivasi

Kemudian ada activation atau aktivasi. Cara ini adalah membuat masyarakat mulai menggunakan produk yang dikeluarkan bisnis atau usahamu. 

Untuk memulai cara ini kamu bisa dengan melakukan promosi terkait produk yang kamu jual melalui iklan yang menarik. 

Kamu juga bisa menjadikan produk kamu viral agar semakin banyak orang yang mengetahui produk tersebut dan tertarik menggunakannya.

  1. Retensi

Cara berikutnya adalah retention atau retensi. Pada cara ini kamu diharuskan fokus untuk menjadikan pelanggan yang telah menggunakan produkmu agar menjadi pelanggan tetap. 

Kamu perlu memastikan bahwa pelanggan tersebut akan kembali untuk menggunakan produk tersebut kedepannya.

  1. Revenue

Tujuan sebuah bisnis adalah untuk mendapatkan sebuah keuntungan atau revenue. Maka pada tahap ini, kamu bisa menghitung revenue yang dihasilkan dari penjualan produk yang telah dilakukan. 

Pada tahap ini kamu juga bisa melakukan analisa strategi untuk meningkatkan penghasilan dari penjualan produk. Kamu perlu mengetahui strategi manakah yang tepat dan cepat untuk bisnis kamu.

Baca juga: Mari Menghitung Pendapatan Operasional UMKM!

  1. Referrals

Salah satu strategi penjualan yang baik adalah referensi. Maka di tahap ini referensi bisa menjadi strategi yang terbaik untuk menarik banyak pelanggan. 

Referrals bisa membantu meningkatkan pertumbuhan bisnismu. Caranya bisa dari review atau ulasan orang-orang yang telah menggunakan produk dari usahamu dan menawarkannya kepada orang-orang terdekat.

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menawarkan kode diskon saat pelanggan berhasil mengundang orang lain untuk mencoba produk bisnis yang kamu hasilkan. 

Dengan cara ini akan semakin banyak orang yang mengetahui dan tertarik menggunakan produk kamu.

  1. Tingkatkan Produk Secara Terus Menerus

Cara terakhir adalah dengan meningkatkan produk yang telah kamu buat secara terus menerus. Hal ini perlu dilakukan agar kualitas dari produk yang kamu hasilkan bisa lebih baik.

Kamu juga bisa membuat produk lain yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pasar. Inovasi sangat perlu dilakukan agar pelanggan tidak bosan dengan produk yang sama terus-menerus.

Itulah informasi mengenai pengertian growth hacking serta cara pengaplikasiannya pada bisnismu. Dengan melakukan implementasi metode tersebut, diharapkan bisnismu bisa mengalami perkembangan pesat dan menghasilkan keuntungan yang sesuai dengan target.

Baca juga: Yuk, Kenali Strategi Pemasaran UMKM 4P dan STP

Selain itu, untuk mempermudah pengelolaan keuangan dalam bisnis, kamu bisa mulai menggunakan software maupun aplikasi yang bisa mempermudah pembuatan laporan keuangan bisnis atau usahamu.

Salah satunya adalah dengan mencoba Invoice Digital di Sahabat Bisnis. Dengan berbagai kelebihan dan fitur menarik yang ditawarkan, tentu akan mempermudah dalam pengelolaan keuangan pada sebuah bisnis.

Yuk, mulai sekarang gunakan coba gratis Invoice Digital di Sahabat Bisnis untuk mempermudah kamu mengelola sirkulasi invoice dalam bisnis atau usaha mikro kecil menengah milikmu!

spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here