spot_img
spot_img
HomeE-InvoicingAplikasi Invoice9 Keuntungan Menggunakan Software Invoice Gratis

9 Keuntungan Menggunakan Software Invoice Gratis

Menjalankan sebuah roda bisnis baik kecil maupun besar ternyata memerlukan keahlian yang mumpuni. Sebab banyak sekali hal yang harus diperhatikan dalam bisnis, misalnya saja operasional yang ada di dalamnya. Namun kini sudah hadir berbagai produk yang dapat menunjang operasional keuangan dalam bisnis, salah satunya adalah software invoice gratis

Software Invoice ini merupakan salah satu inovasi yang dapat membantu kamu dalam hal faktur keuangan dalam bisnis kamu. Jika dulu faktur atau invoice dibuat dalam bentuk manual kertas yang ditulis, kini sudah ada dalam bentuk digital bahkan online. 

Hal ini tentu membantu dalam kerapian administrasi keuangan bisnis kamu. Nah, apa saja kah keuntungan dalam menggunakan software invoice ini? Simak penjelasan berikut ini! 

Keuntungan Software Invoice Gratis dalam Bisnis

Berikut beberapa keuntungan menggunakan software invoice yang gratis untuk membantu dalam perkembangan bisnis kamu! 

  • Gratis! 

Hal yang paling menguntungkan dari menggunakan software invoice gratis tentunya kamu tidak dipungut biaya apapun. Hal ini akan memberikan banyak manfaat untuk UMKM atau bisnis kamu. Anggaran akan lebih efisien untuk hal urgen yang lain. 

Software invoice memiliki berbagai fitur yang bisa kamu gunakan dalam penagihan, pembayaran dan peminjaman tanpa biaya tambahan apapun. Yang kamu lakukan hanyalah dengan mendaftar melalui salah satu softwarenya kemudian kamu sudah bisa menikmati berbagai layanannya. 

  • Bantuan Penagihan yang Ideal

Penagihan dan pembayaran adalah hal yang paling penting dalam bisnis UMKM kamu untuk siklus keuangan apapun. Sebagai pebisnis yang profesional dan bertanggung jawab kamu perlu memiliki dokumen serta catatan dari segala penagihan serta keuangan. 

Solusi diperlukan untuk mengefisienkan masalah ini, agar setiap informasi bisa diakses dengan mudah. Inilah peran penting dari software invoice, kamu bisa dengan mudah melakukan pencatatan secara otomatis dan mudah. Sehingga produktivitas Kamu meningkat, dan bisa mengerjakan hal penting lainnya. 

  • Akurat

Meskipun software ini gratis namun jangan kamu remehkan. Software ini tetap bekerja secara maksimal meskipun bukan versi pro. Kamu tidak perlu khawatir, karena software ini juga menawarkan berbagai layanan yang memudahkan pekerjaan bisnis kamu. 

Versi gratis biasanya memberikan gambaran tentang layanan pada versi pro. Perusahaan software tidak mungkin memberikan preview yang tidak bagus untuk pelanggannya. 

Baca juga: Serba-Serbi Invoice Financing Sebagai Modal Usaha Mikro

  • Menghemat Waktu

Dibandingkan dengan membuat Invoice secara manual, invoice yang dibuat dari software lebih hemat waktu dan tenaga. Mungkin jika bisnis kamu masih kecil perbedaan ini tidak terasa. 

Namun, apabila bisnis kamu telah berkembang pesat, jumlah tagihan dan pencatatan keuangan akan semakin banyak dan rumit. Oleh karena itu, software ini akan sangat bermanfaat untuk perkembangan bisnis kamu agar lebih efektif dan efisien dalam hal waktu. 

  • Membantu Tim Tetap Terkoordinasi

Semakin besar bisnis kamu, maka semakin banyak pula anggota tim di dalamnya. Dalam menjalankan bisnis, kamu harus terus berkoordinasi dengan tim kamu. Dimanapun kamu dan tim kamu berada, segala kebutuhan perusahaan haruslah dapat diakses dengan mudah. 

Menggunakan Software Invoice Gratis juga bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Apabila salah satu anggota kamu membutuhkannya, maka tinggal masuk ke dalam software dan mengaturnya. Software ini tentu sangat membantu untuk para pengusaha kedepannya. 

  • Memaksimalkan Laporan dan Update

Software invoice memiliki beberapa fitur yang memungkinkan kamu untuk senantiasa siap apabila klien meminta laporan atau kebutuhan dokumen keuangan yang lainnya. Hal ini akan mempermudah kamu dalam melakukan pelaporan kapanpun dan dimanapun. 

Selain itu, terdapat fitur untuk membagikan laporan sekaligus kamu akan mengetahui apakah klien kamu telah membaca laporan tersebut atau belum. Itulah yang membuat bisnis kamu terus memiliki laporan atau urusan keuangan yang update

  • Keamanan Terjamin

Ketika kamu masih menggunakan invoice secara manual, biasanya struk struk tersebut akan kamu kumpulkan menjadi satu di atas meja atau di laci. Suatu ketika bisa saja hilang, terkena air, atau bahkan terbuang begitu saja. Hal ini merupakan salah satu contoh betapa tidak amannya menggunakan cara lama. 

Dengan software invoice kamu tidak perlu lagi merasa takut untuk kehilangan invoice-invoice kamu apabila suatu ketika digunakan. Lebih-lebih invoice pasti berisi informasi-informasi penting yang seharusnya hanya kamu dan bisnis kamu yang tau ,namun ketika hilang bisa saja kompetitor atau orang luar bisa mengetahuinya.

Inilah yang membuat software invoice dapat membantu kamu dalam mengamankan dokumen-dokumen keuangan kamu.

  • Membangun Identitas Merek yang Kuat

Menggunakan software invoice yang gratis akan membuat brand kamu semakin kuat dan terkenal. Pasalnya bukan hanya orang atau klien akan merasa bisnis kamu sangat modern, namun juga identitas dan ciri khas dari bisnis kamu akan nampak pada invoice tersebut. 

Kamu bisa custom desain font, tulisan dan template yang menarik agar orang lain mengenali merek kamu. Ini akan sangat membantu dalam menaikkan pamor, sekaligus membantu dalam penataan administrasi yang efektif dan efisien. 

  • Proses Audit Sederhana

Setiap bisnis kecil ataupun perusahaan yang memiliki sirkulasi keuangan tidak bisa lepas dari proses audit. Proses audit adalah proses pemeriksaan untuk menyesuaikan apakah ada temuan yang tidak pas atau salah dalam sebuah sistem keuangan.

Ketika kamu menggunakan Invoice dalam bentuk software maka proses audit ini akan berlangsung sederhana dan cepat. Karena semua catatan telah terangkum rapi dalam software tersebut. 

Hal ini juga termasuk segala informasi tentang pengeluaran, pemasukan hingga pajak, dapat terangkum dan teranalisis sesuai dengan data yang kamu minta. Jadi, kamu tidak perlu kalang kabut saat mendekati hari untuk proses audit. 

Nah, itu tadi beberapa keuntungan menggunakan software invoice gratis. Jika kamu sedang membangun sebuah bisnis UMKM, kamu bisa menggunakan software invoice dari Sahabat Bisnis. Nikmati berbagai fitur menarik dan bermanfaat untuk bisnismu. Sahabat Bisnis juga akan merilis invoice financing yang akan membantu bisnismu berkembang melalui peminjaman modal. 

Semoga bermanfaat! 

spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here