spot_img
spot_img
HomeE-InvoicingApa itu Faktur Penjualan dan Fungsinya dalam Bisnis

Apa itu Faktur Penjualan dan Fungsinya dalam Bisnis

Faktur penjualan adalah dokumen yang mencatat transaksi penjualan. Faktur tersebut berisi rincian seperti harga jual, pajak atas transaksi, diskon yang ditawarkan, tanggal penjualan, hingga deskripsi barang atau jasa yang ditawarkan. 

Bisnis membutuhkan faktur untuk memelihara pembukuan mereka atau tujuan lain seperti masalah perpajakan dan hukum. 

Faktur harus dilakukan dengan benar, karena tanpa itu sebagai catatan penjualan, bisnis kamu tidak dapat dibayar dan menghasilkan keuntungan.

Faktur Penjualan

Menurut definisi, faktur adalah dokumen akuntansi yang berfungsi sebagai catatan penjualan. 

Selain itu, faktur juga memberitahu klien tentang jumlah uang diperlukan untuk bisnis akibat produk atau layanan yang telah kamu berikan kepada mereka. 

Ini berfungsi sebagai bukti hutang dan menetapkan kewajiban pada klien untuk membayar kembali bisnis kamu. 

Faktur tersebut biasanya dikeluarkan setiap kali kamu ingin meminta pembayaran, tepat saat layanan atau produk dikirimkan kepada klien.

Agar faktur penjualan memenuhi syarat sebagai dokumen hukum, dan tampak profesional bagi klien, kamu perlu menyertakan beberapa elemen di dalamnya yaitu:

  1. Judul “Faktur” dan Detail Kontak Bisnis

Kedua komponen ini umum menjadi bagian dari header. Selanjutnya, detail bisnis meliputi nama perusahaan, nomor telepon, email, dan alamat penagihan. 

Kamu juga dapat menambahkan logo bisnis untuk menambah profesionalisme.

  1. Detail Kontak Klien

Detail kontak ini terdiri dari seperti nama klien, alamat email, nomor telepon, dan alamat penagihan.

  1. Tanggal Jatuh Tempo dan Tanggal Penagihan

Tanggal penagihan adalah tanggal ketika kamu mengeluarkan faktur, sedangkan tanggal jatuh tempo menunjukkan kapan kamu menginginkan batas waktu pembayaran. 

Penulisan tanggal dapat berguna untuk memudahkan proses pelacakan di kemudian hari.

  1. Nomor Faktur

Seperti apa nomor faktur yang dimaksud? Apa kegunaannya?

Nomor ini sebagai kode unik dan berurutan yang digunakan untuk membedakan faktur satu sama lain dan memudahkan arsip.

  1. Rincian Produk dan Layanan

Rincian ini dapat memuat jenis merek dan model produk, kuantitas, nomor seri dan lain-lain.

  1. Harga Satuan Per Produk

Bagian ini menjelaskan harga produk yang dijual kepada klien, dapat juga mencantumkan diskon jika memang ada potongan harga yang diberikan.

  1. Jumlah Total Terutang

Bagian ini berisi rincian harga akhir setelah dilakukan penjumlahan oleh pihak penjual.

  1. Jumlah Pajak

Jumlah pajak akan menyesuaikan dengan barang atau jasa yang dijual dan akan dibayarkan oleh pembeli kepada penjual.

  1. Ketentuan Pembayaran

Bagian ini menguraikan rentang waktu yang kamu izinkan bagi klien untuk membayar, biaya keterlambatan pembayaran, dan metode pembayaran yang kamu terima.

Baca juga: Intip Contoh Invoice Penjualan, Pembayaran, dan Tagihan Yuk!

Fungsi Faktur Penjualan Dalam Bisnis

faktur penjualan
ilustrasi pencatatan penjualan.

Kamu tak perlu bertanya apa manfaat dari faktur. Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat dari adanya faktur khususnya penjualan dalam bisnis yang kamu jalankan:

  1. Pembukuan Finansial Bisnis

Secara tidak langsung, faktur memberikan informasi mengenai riwayat keuangan perusahaan kamu. 

Dokumen tersebut memberi tahu seberapa banyak yang telah kamu habiskan untuk pembelian bisnis, ini jika kamu berada pada posisi pembeli. 

Di sisi lain, dokumen tersebut memberikan informasi penting mengenai pendapatan yang dihasilkan dalam bisnis kamu jika kamu berperan sebagai penjualnya.

Faktur juga dapat memberikan informasi terkait laba bersih yang dihasilkan dari rekapitulasi pada setiap penjualan dan setiap kerugian. 

Oleh karena itu, dokumen-dokumen ini sangat memainkan peran penting dalam proses pembukuan.

Selain itu, faktur juga membantu kamu melacak pembayaran. Sebagai pemilik bisnis kamu akan mengetahui berapa banyak uang piutang dan berapa banyak kamu berhutang kepada pihak lain. 

Dengan cara ini, akan mudah bagi tim akuntansi untuk mengelola pembukuan dan keuangan dengan mudah.

Baca juga: 4 Manfaat Aplikasi Pembukuan untuk UMKM

  1. Pajak

Tujuan lain dari faktur adalah untuk membuktikan bahwa informasi yang kamu berikan dalam formulir pajak adalah benar. 

Faktur dianggap sebagai cara nomor satu untuk mencadangkan detail mengenai pendapatan dan pengeluaran bisnis kamu. 

Jika kamu adalah penjual, faktur membantu memberikan bukti yang kuat tentang jumlah produk yang kamu jual kepada pembeli. 

Untuk pembeli, dokumen tersebut memberikan bukti pembelian yang telah dia lakukan, yang biasanya dipotong selama proses penjualan dari pendapatan penjualan kotor.

Baca juga: Inilah 10 Tips Cerdas Wajib Pajak UMKM

  1. Pengembalian Uang

Dalam proses jual beli, sangat mungkin terjadi komplain dan pengembalian uang. Misalnya saat pembeli menerima produk yang cacat karena kesalahan selama proses pengiriman atau mungkin tidak menerima ukuran dan model yang sesuai. 

Ketika membutuhkan pengembalian uang, faktur untuk produk dapat menjadi bukti bahwa pembeli membeli produk dari penjual. 

Didalamnya juga akan tercantum bagaimana proses klaim pengembaliannya sesuai dengan syarat dan ketentuan pembelian.

Oleh karena itu, faktur ini sebaiknya menyebutkan syarat dan ketentuan untuk pengembalian produk. Apa saja? 

Penyebutan periode pengembalian uang yang diizinkan dan alasan pengembalian uang serta biaya yang terkait. 

Dengan demikian, pembeli akan memiliki detail yang tepat tentang kebijakan pengembalian uang penjual tanpa harus menelpon penjual.

  1. Pengaturan Inventaris
faktur penjualan
ilustrasi pebisnis UKM inventarisasi aset

Fungsi lain yang dapat dijalankan oleh faktur adalah untuk pelacakan persediaan. Melacak semua item yang dijual dan item pesanan dapat menjadi rumit terutama ketika pesanan dan penjualan terus meningkat setiap harinya. 

Baca juga: Keuntungan Pakai Aplikasi Inventory, Kelola Stok Barang Otomatis

Faktur dapat membantu pembeli dan penjual melacak barang dan menindaklanjuti atau memberi tahu pihak lain jika ada penundaan.

Setelah mengetahui betapa pentingnya faktur penjualan, pengelolaannya dapat dipermudah dengan menerapkan sistem digital. 

Untuk mewujudkan kemudahannya, kami merekomendasikan untuk kamu Invoice Digital Sahabat Bisnis

Mengapa harus di Sahabat Digital? Invoice Digital ini menawarkan fitur terbaik untuk kemudahan mengelola faktur. 

Tunggu apalagi, segera klik gambar di bawah ini untuk coba gratis sekarang!

faktur penjualan
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here