spot_img
spot_img
HomeE-InvoicingApa Perbedaan Invoice Tagihan, E-Invoice, Nota, & Kwitansi?

Apa Perbedaan Invoice Tagihan, E-Invoice, Nota, & Kwitansi?

Sebagai seorang entrepreneur atau pelaku bisnis, bukti transaksi jadi dokumen yang sifatnya krusial. Biasanya, pihak pembeli akan menerima invoice saat melakukan transaksi. Nah, invoice tagihan ternyata berbeda dengan e-invoice, nota, atau kwitansi. Sebelum terjun di dunia bisnis, kamu jangan sampai salah menggunakan istilah tersebut. Lalu apa yang membedakannya?

Invoice Tagihan

Setiap pelaku bisnis akan mengeluarkan berbagai jenis invoice. Invoice kerap disamakan dengan faktur karena keduanya hampir mirip. Meski begitu, invoice adalah dokumen pernyataan tagihan yang wajib dibayar oleh client, customer, atau pembeli.

Pembayaran tagihan dibuat berdasarkan barang yang telah diserahkan atau diterima pembeli. Terdapat beberapa informasi yang biasanya dicantumkan agar transaksi tercatat secara rinci. Informasi tersebut meliputi:

  • Keterangan perusahaan pembeli
  • Keterangan perusahaan penjual
  • Tanggal transaksi
  • Item/jenis barang/jasa
  • Harga per item
  • Total harga keseluruhan
  • Besaran pajak
  • Harga yang harus dibayar atau ditagih setelah pajak

Baca juga: Contoh Invoice Penagihan Termin yang Mudah Dibuat

Fungsi utamanya yaitu untuk menyimpan catatan penjualan, sebagai bukti transaksi, sekaligus arsip keuangan. Selain itu, jenis-jenisnya pun beragam, di antaranya ada invoice tagihan standar, invoice proforma, hingga invoice konsuler.

Penggunaan invoice ini lebih disarankan daripada penggunaan nota. Sebab, data yang ada pada invoice tersimpan secara otomatis dan memudahkan pembuatan laporan keuangan.

E-Invoice

E-invoicing atau invoice elektronik adalah sebuah metode penagihan elektronik yang digunakan mitra dagang untuk pelanggan atau supplier. Secara fungsi memiliki kesamaan dengan invoice konvensional yang menggunakan kertas. Invoice elektronik ini, merupakan bentuk surat tagihan digital yang mempermudah Anda dalam setiap aktivitas transaksi.

Datanya sangat terstruktur sehingga memudahkan pengguna untuk memahami dan menyimpannya secara otomatis. Aktivitas penagihan, baik tagihan barang, tagihan jasa, hingga tagihan lainnya jadi lebih ringkas dan cepat berkat e-invoice.

Nota

Nota adalah bukti transaksi yang digunakan untuk kegiatan pembelian atau penjualan dalam berbisnis. Biasanya dibuat dan diberikan sebelum produk sampai ke tangan customer agar kedua belah pihak (pembeli dan penjual) sama-sama mengetahui total pembayaran yang harus dilunasi. Jika pelunasannya dicicil atau kredit, maka tenggat waktunya juga tercantum di dalam nota. 

Nota terbagi menjadi dua jenis, yaitu nota debit dan nota kredit. Nota debit merupakan bukti transaksi yang dibuat oleh pihak kedua atas pengembalian barang yang rusak atau cacat. Sementara nota kredit, berfungsi sebagai alat pemberitahuan jika penjual telah mengganti dan mengirimkan kembali barang baru sebagai pengganti barang yang rusak atau cacat.

Kwitansi

Kwitansi dapat dikatakan sebagai salah satu jenis bukti transaksi paling sering digunakan masyarakat. Selain karena harganya terjangkau, lembar kwitansi bisa ditemukan dan dibeli di toko perlengkapan alat tulis. Kwitansi adalah bukti yang sah dalam berbisnis. 

Isinya terdapat informasi, mulai dari jumlah uang, nama penerima/penjual, tujuan penyerahan uang, keterangan tempat dan tanggal, serta tanda tangan dari penerima/penjual. Sebagai bukti transaksi sah, kwitansi wajib diberi materai sesuai kebutuhan yang ditentukan oleh undang-undang perpajakan. 

Perlu untuk kamu ketahui, lembar kwitansi biasanya terdiri dari dua bagian. Bagian pertama adalah lembaran kecil yang disebut sebagai sub kwitansi dan disimpan oleh penjual. Sedangkan bagian kedua adalah lembar besar yang diberikan kepada pembeli. 

E-Invoice Mendukung Aktivitas Invoice Tagihan Bisnis Jadi Lebih Lancar

Buat kamu yang baru mau terjun di dunia bisnis atau sudah terjun namun ingin mencari cara praktis agar invoice tagihan jadi lebih cepat, e-invoicing adalah opsi terbaik. Penggunaan e-invoice juga terbilang aman karena perusahaan harus mematuhi standar keamanan PCI atau PCI Security Standards. 

Oleh karena itu, Sahabat Bisnis (SaBi) ada untuk memudahkan aktivitas pelunasan tagihan kamu!

SaBi bikin e-invoicing jadi lebih mudah, cepat, dan ringkas. Siap-siap untuk dapatkan untung berlimpah. Kamu akan menemukan berbagai fitur menarik, seperti:

  • Dasbor Manajemen
  • Manajemen Produk
  • Manajemen Produk
  • Manajemen Mitra (SaBiNetwork)
  • Tagihan Keluar
  • Tagihan Masuk
  • Penghitungan Pajak

Hanya butuh waktu hitungan detik, kamu sudah bisa mengirim invoice penagihan secara online dan cepat. Kompensasi yang diterima tidak lagi tertunda! Semua jadi lebih simple dan praktis dengan SaBi.

Kamu bisa mulai dengan membuat akun SaBi terlebih dahulu. Langkah berikutnya, gunakan produk dan fitur di dalamnya untuk membuat tagihan dengan cepat. Kamu bisa mengembangkan bisnis dengan lebih optimal!


Sekarang, sudah tau kan perbedaan antara invoice tagihan, e-invoice, nota, dan kwitansi? Jangan sampai salah lagi dalam membedakannya, ya. Sebab, masing-masing memiliki kegunaan yang berbeda.

Agar pekerjaan terasa jauh lebih efisien dan praktis, e-invoice jadi pilihan paling tepat untuk Anda. SaBi menghadirkan e-invoice yang di dalamnya punya banyak fitur untuk memudahkan aktivitas penagihan.

Bahkan, Anda juga bisa akses ke banyak pilihan bank dan multi layanan, lho. Tertarik untuk mencobanya? Kamu bisa klik langsung gambar di bawah ya!

E-Invoice
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here