spot_img
spot_img
HomeInventory ManagementAplikasi Manajemen Stok Barang Manfaat dan Fungsi dalam Bisnis

Aplikasi Manajemen Stok Barang Manfaat dan Fungsi dalam Bisnis

Sekarang ada banyak sekali jenis aplikasi yang bisa membantu mengelola bisnis menjadi lebih mudah. Sebut saja salah satunya yaitu dasbor manajemen stok barang yang saat ini akan sangat membantu para pelaku bisnis mengembangkan usahanya.

Nah, bagi kamu yang belum menggunakannya, SaBi akan coba membahas aplikasi ini secara detail di sini. Tujuannya agar kamu bisa memanfaatkannya untuk kesuksesan bisnis yang lebih baik di masa depan.

Apa Itu Aplikasi Manajemen Stok Barang?

Sesuai namanya, aplikasi ini dirancang khusus untuk membantu manajemen stok barang di gudang atau warehouse menjadi lebih terkontrol. Sistemnya sudah dirancang untuk memudahkan para pebisnis yang ingin selalu mengontrol stok barang di gudang dengan cara yang efisien.

Aplikasi ini kini hadir dalam beberapa jenis platform yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Selain berupa platform website, kini juga sudah hadir platform berbasis aplikasi dengan sistem Android maupun iOS.

Dengan adanya aplikasi ini kamu bisa mengontrol dan melakukan pengecekan ketersediaan dan informasi mengenai stok barang secara mudah.

Fungsi Aplikasi atau Program Manajemen Stok Barang

Aplikasi Manajemen Stok Barang

Dari segi fungsinya, aplikasi ini ternyata punya beberapa fitur yang menarik dan mempermudah proses manajemen stok barang para pebisnis. Berikut kami paparkan apa saja fungsi dari fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi ini.

1.  Mengecek Status dan Jumlah Barang

Fungsi utama dari aplikasi ini yaitu untuk mengecek dan juga menghitung ketersediaan jumlah barang yang ada di gudang. Dengan begitu, kamu bisa mengecek kapan pun secara akurat hanya dengan mengakses aplikasinya.

2.  Fitur Penyesuaian Stok Barang

Fitur ini akan memudahkan kamu yang ingin melakukan penyesuaian stok di warehouse. Penyesuaian juga bisa kamu proses secara otomatis sehingga menjadi lebih efisien dan juga mudah. Proses ini akan membantu kamu untuk mengetahui ketersediaan stok secara real time.

3.  Data Lengkap Ketersediaan Stok Barang

Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengecek data lengkap terkait ketersediaan barang yang ada di gudang. Kamu bisa melihat rincian stok barang lama maupun barang baru hanya dengan mengakses dashboard pada aplikasi.

4.  Laporan Stok Barang

Laporan ini memungkinkanmu untuk mendapatkan data lengkap tekait jumlah dan juga status barang yang ada di gudang secara real time. Selain itu, kamu juga bisa mengaksesnya dimana saja dan kapan saja.

5.  Harga Barang

Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mengetahui harga barang, baik yang sudah masuk maupun keluar dari gudang. Artinya, selain detail informasi barang, juga dilengkapi juga dengan harganya.

6.  Pembukuan

Beberapa aplikasi bahkan sudah menyediakan fitur pembukuan. Fitur ini bisa kamu gunakan untuk memproses pencatatan keluar masuk barang dan mengetahui setiap transaksi yang sudah kamu proses.

Kelebihan Aplikasi untuk Manajemen Stok Barang

Aplikasi manajemen ini bisa membantu pengelolaan bisnis yang sedang kamu jalankan. Fiturnya dapat membantu berbagai hal yang berkaitan dengan sotk barang di warehouse. Adapun kelebihan dan manfaat dari aplikasi ini yaitu seperti:

1.  Manajemen Otomatis dan Mudah Diproses

Fitur yang tersemat pada aplikasi ini mampu memanajemen semua proses pendataan stok barang secara otomatis. Sangat cocok untuk kamu yang terlalu sibuk akan banyak hal sehingga tidak sempat melakukan manajemen stok secara mendetail karena semua bisa dibantu oleh aplikasi.

Bahasa pemrograman pada aplikasi ini sudah dibuat sangat mudah sehingga siapa saja bisa menggunakannya. Bahkan beberapa di antaranya sudah dibuat khusus untuk para pemula juga.

2.  Membantu Menghemat Biaya

Kamu tidak perlu menggaji karyawan setiap bulan untuk membantu manajemen stok barang. Saat ini kamu bisa memprosesnya sendiri secara mudah dan efisien. Kamu bisa memanfaatkan platform sesuai dengan kemudahan baik melalui handphone maupun website.

Beberapa aplikasi ada yang berbayar ada juga yang bisa kamu gunakan secara gratis. Perbedaan yang premium atau yang berbayar dengan yang tidak biasanya terletak pada fiturnya. Aplikasi premium biasanya memiliki fitur yang lebih lengkap.

Baca juga: Cara Gampang Buat Invoice Penagihan, Tagihan Lancar Cuan Mengalir Deras!

3.  Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Tujuan utama dari manajemen stok barang tidak hanya sekedar untuk mengoptimalkan manajemen bisnis kamu. Di sisi lain juga bermanfaat untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Contohnya, dengan manajemen stok yang kamu manajemen secara baik, maka ketersediaan barang untuk pemasaran bisa terus terpantau. Dengan begitu, pengiriman barang pun menjadi lebih cepat.

4.  Bisa Digunakan Di mana Saja

Melakukan manajemen stok barang kini bisa kamu proses dimana saja dan kapan saja. Kamu bisa mengontrol dan juga menerima laporan dengan menggunakan aplikasi berbasis online.

Proses pemantauan ketersediaan barang pun bisa menjadi lebih mudah dikontrol. Dengan begitu, bisnis yang kamu jalankan bisa menjadi lebih optimal dengan informasi stok yang akurat.

Masih ragu dengan manajemen stok barang? Informasi yang kami paparkan di atas sedikit banyaknya kini bisa mengubah pandanganmu terhadap aplikasi atau dasbor manajemen stok tersebut.

Solusi mudah manajemen stok barang di dasbor Sahabat Bisnis

Selain aplikasi, penggunaan yang mudah, cepat, dan efisien juga bisa dilakukan di dasbor manajemen stok barang punya Sahabat Bisnis. Agar lebih mudah lagi, kamu tidak perlu pusing mikirin gimana ya mulai menerapkan manajemen persediaan stok barang, apalagi secara manual.

Kamu bisa kok gunakan solusi dari SahabatBisnis, yaitu Inventory Management. Di sana, kamu bisa mengelola manajemen persedian dengan baik dan mudah secara terautomasi. Seperti:

  • Mengatur proses pencatatan, pencarian, penyimpanan, dan penjualan stok produk/barang dengan mudah.
  • Mulai dari bahan mentah (baku) atau barang jadi. Tak lagi repot atau ribet mengatur stok, semua dilakukan dengan mudah dan tertata dengan baik.
  • Dapat dikelola secara real time
  • Atur banyak warehouse dalam satu dasbor
  • Pengalihan Inventaris/Stok Opname/Rekonsiliasi

    Coba Gratis Sekarang!
Aplikasi Manajemen Stok Barang
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here