spot_img
spot_img
HomeE-InvoicingBuat Invoice Online: Perbedaan dalam Sejumlah Negara

Buat Invoice Online: Perbedaan dalam Sejumlah Negara

Buat invoice online memang mudah. Akan tetapi, kamu sebaiknya mengetahui bahwa terdapat perbedaan dalam sejumlah aspek, mulai dari format hingga aturan. Jika kamu ingin bermitra dengan bisnis dari mancanegara, maka sebaiknya ketahui tentang hal ini.

Dengan mengetahui perbedaan invoice dalam sejumlah negara, kamu pastinya dapat melakukan penyesuaian. Nah, penasaran apa saja perbedaan invoice dalam sejumlah negara? Saran yang tepat untuk kamu adalah tidak melewatkan pembahasan dalam artikel satu ini!

Pahami Perbedaannya dalam Beberapa Negara

Karena sekarang serba paperless dan proses globalisasi semakin merata, maka tidak heran jika hampir semua negara di dunia kini mengadopsi e-invoicing daripada jenis konvensional. Tentu hal ini memberikan kemudahan dari akses hingga alur kerjasama dengan mitra bisnis. 

Walaupun kamu saat ini merupakan pelaku UKM/UMKM, tidak ada salahnya untuk menambah pengetahuan tentang bagaimana e-invoice bekerja dalam berbagai negara. Yuk, intip perbedaannya dalam paparan informasi ringkas berikut ini:

  • Argentina

Negara ini mengadopsi format e-invoice yaitu ‘XML khusus dari negara’. Kalau penerapannya sendiri, e-invoicing dimulai semenjak tahun 2003 dan pengembangannya sejak 2015 sampai 2019.

Tentang aturannya, e-invoice merupakan suatu keharusan bagi wajib pajak tertentu. Soal kemajuan e-invoice, konfirmasi tanda tangan elektronik pembeli sesudah diterima tidaklah diperlukan. Lalu, e-invoice wajib disimpan dalam 10 tahun lamanya.

  • Australia

Kalau negara tetangga satu ini menerapkan format PEPPOL BIS untuk e-invoice. Operasinya sebagai otoritas PEPPOL yakni sejak akhir 2019. Oh iya, Australia dan Selandia Baru saling mendukung dalam hal teknis dan persyaratan untuk e-invoice.

  • Belgia

Sama seperti Australia, negara ini menggunakan format PEPPOL BIS untuk e-invoice mereka. Tentang persyaratannya, pemasok wajib bisa mengirim faktur PEPPOL. Untuk pemeriksaan status e-invoice sendiri bisa dilakukan dalam platform Mercurius.

Baca juga: Cara Membuat Invoice Tagihan – Syarat dan Ketentuan

  • Brasil

Salah satu negara di Amerika Selatan ini menerapkan beberapa format untuk e-invoice, diantaranya yaitu NF-e, NFC-e, dan CT-e atau format XML tertentu. Mengapa banyak format? Sebab, Brasil memiliki jumlah e-invoice tertinggi di dunia. 

Di negara ini, e-invoice merupakan hal yang wajib. Tanda tangan elektronik serta validasi dari otoritas pajak dibutuhkan sebelum e-invoice dikirim ke penerima agar bisa menghasilkan barcode representasi grafis. 

  • Kanada

Kalau di negara ini tidak ada format tertentu untuk e-invoice. Seperti negara sebelumnya, e-invoice di sini merupakan hal yang wajib. Sehingga semua pengusaha pastinya wajib untuk mengetahui cara buat invoice online

Penerima e-invoice di sini wajib memberi persetujuan mereka. Untuk praktiknya sendiri dilakukan secara implisit serta wajib bisa diverifikasi. Pemeriksaan integritas dan keaslian faktur merupakan saran dan penyimpanan e-invoice yakni 6 tahun.

  • Costa Rica

Format yang diterapkan dalam negara ini adalah XML e-invoice. Semenjak tahun 2018, e-invoice diwajibkan di Costa Rica dalam transaksi B2B maupun B2C, termasuk nota kredit maupun debit elektronik. 

Kewajiban e-invoice bertujuan baik, yakni demi membantu pemerintah mencapai tujuan integrasi digital serta memerangi penyelewengan wajib pajak melalui optimasi kontrol pajak.

  • Kroasia

Pemerintah negara ini merekomendasikan standar OASIS UBL 2.1 sebagai pertukaran e-invoice B2G. Akan tetapi, terdapat pula format atau standar lainnya, sebagai contoh yaitu CII atau Cross Industry Invoice. 

Seluruh otoritas kontrak harus menerima e-invoice. Semenjak tahun 2019 sendiri, tepatnya bulan juli, pemasok harus menerbitkan e-invoice. Bagi kontrak publik sendiri wajib memenuhi standar Eropa atau CEN. 

  • Ceko

Masih di Eropa, negara ini menerapkan 3 format e-invoice, yaitu EDIFACT, ISDOC, dan UBL. Kini, otoritas pusat, regional, maupun lokal wajib menerima dan memproses e-invoice. Pelaku ekonomi pun wajib menerbitkannya. 

Soal standarnya, e-invoice wajib melewati proses dalam platform NEN atau Národní Elektronický Nástroj. Begitupun standar Eropa, ini pun tergolong dalam standar teknis. Kalau format seragam nasional ISDOC sudah diadopsi semenjak tahun 2009.

  • Cyprus

Sama seperti Australia, format e-invoice menganut standar PEPPOL BIS. Untuk penerapannya sendiri, e-invoice sudah diperkenalkan bagi B2G. Penerapan e-invoice pun merupakan kewajiban bagi pelaku ekonomi dan otoritas publik. 

  • Prancis

Penerapan format untuk e-invoice di negara ini yaitu OASIS UBL 2.1, dengan Cii UN/CEFACT serta Factur-X. Bagi sektor B2G sendiri, seluruh perusahaan sejak tahun 2020 wajib menerapkan e-invoice lewat portal Chorus Pro. 

Pada 2 tahun mendatang, tepatnya juli 2024, dalam sektor B2B, seluruh perusahaan wajib dapat menerima e-invoice. Dilakukan dalam tahapan, kewajiban penerbitan maupun pengiriman e-invoice bisa berlaku dalam 3 tahun berturut-turut. 

Buat Invoice Online Kamu Sekarang!

Setelah mengetahui sejumlah perbedaan dalam negara-negara yang mengimplementasikan e-invoice, kini kamu telah mengetahui betapa kompleksnya sistem mereka dan masifnya penggunaan faktur elektronik tersebut secara merata. Khususnya dalam ranah bisnis. 

Karena hal tersebut, maka sekarang adalah waktunya meninggalkan invoice konvensional dan mulai beralih pada e-invoice. Selain mendukung negara tercinta dari ketertinggalan, bisnis kamu pun bisa semakin mudah untuk dikelola dan dikembangkan.

Tidak perlu bingung untuk mencari platform terbaik penyedia e-invoice, sebab kini kamu bisa mengandalkan Sahabat Bisnis. Beragam fitur bisa kamu temukan di sini, contohnya seperti histori dan detail pembayaran, orang yang melakukan transfer, tujuan transfer, pemrosesan data instan, dan jaringan yang luas.

Melalui networking yang luas, maka bisnis kamu bisa bermitra dengan bisnis lainnya. Selain itu, menggunakan e-invoice akan memudahkan untuk melakukan invoice financing, yang mana mempermudah kamu mendapatkan suntikan dana setelah menyetor invoice tagihan. 

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo buat invoice online bisnis kamu sendiri dengan Sahabat Bisnis!

Buat Invoice Online
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here