spot_img
spot_img
HomeE-InvoicingCara Membuat Invoice Penjualan Secara Praktis dan Mudah

Cara Membuat Invoice Penjualan Secara Praktis dan Mudah

Sebagai pelaku bisnis, pasti SaBi tahu betapa pentingnya mengetahui cara membuat invoice penjualan, bukan? Invoice yang satu ini akan membantu kamu untuk memperkirakan pendapatan bisnis. Selain itu juga bisa membantu semakin dekat dengan mitra bisnis.

Nah, invoice juga bisa menjadi batas penentu sebagai indikasi bahwa konsumen akan segera melakukan pembayaran. Pertanyaannya, bagaimana sih cara membuat invoice penjualan? Berapa lama juga prosesnya?

Dalam proses pembuatannya, sangat penting untuk memperhatikan kemudahan dan sisi praktisnya. Tujuannya agar mudah dibuat. Di sini Sahabat Bisnis akan mencoba membantu untuk mengenalkan cara pembuatannya. Simak yuk!

Penjelasan Singkat Tentang Apa Itu Invoice?

Sederhananya invoice merupakan daftar pengiriman barang yang sudah dilengkapi dengan nama, jumlah, harga yang harus dibayar konsumen dan juga nomor invoice di dalamnya.

Namun pada prakteknya, ada beberapa jenis invoice dalam aktivitas bisnis. Misalnya seperti invoice tagihan dan penjualan atau sales invoice.

Invoice tagihan merupakan dokumen kertas yang biasa dikirimkan kepada pembeli. Akan tetapi, penjual hanya bisa meminta pembayaran secara online saja dengan menggunakan sistem faktur elektronik.

Cara Membuat Struktur Invoice Penjualan

Hal pertama yang harus SaBi perhatikan dalam proses pembuatannya yaitu mengetahui strukturnya terlebih dahulu. Dengan mengetahui struktur-strukturnya maka kamu bisa dengan mudah membuatnya.

Berikut ini kami sudah merangkum apa saja struktur dalam Cara pembuatan invoice.

  • Judul invoice: Dicantumkan di awal sebagai petunjuk nama dokumen.
  • Nomor invoice: Kode unik sebagai referensi penjual dan pembeli. Bisa juga sebagai cara untuk mengurutkan tagihan yang satu dengan lainnya.
  • Nama & kontak pembeli: Untuk menegaskan kepada siapa invoice ini ditujukan.
  • Nama & kontak penjual: Sebagai informasi identitas kamu sebagai pengusaha yang mengirimkan invoice.
  • Tanggal produk dikirim/tanggal layanan: Memberikan informasi kapan tepatnya produk atau layanan dibeli oleh pelanggan.
  • Tanggal pengiriman invoice: Sebagai informasi kapan invoice dikirim dan jatuh tempo yang harus dibayar.
  • Ketentuan pembayaran: Sebagai informasi rincian pembayaran mulai dari metode pembayaran, keterlambatan, diskon dan lainnya.
  • Deskripsi produk atau layanan: Melengkapi informasi produk atau layanan yang dibeli oleh pelanggan.
  • Harga per unit: Informasi tentang harga produk atau layanan.
  • Jumlah total yang dibebankan: Total harga yang harus dibayar oleh konsumen kepada penjual.

Langkah-Langkah Cara Membuat Invoice Penjualan Offline

Setelah mengetahui struktur apa saja yang harus ada pada invoice tersebut, selanjutnya silahkan ketahui langkah-langkahnya terlebih dahulu. Berikut Sahabat Bisnis sudah merangkum cara-caranya di bawah ini.

1.  Bisa pakai Software Microsoft Excel

Pembuatan invoice alangkah baiknya menggunakan software Microsoft Excel karena perangkat lunak ini sudah difungsikan untuk pembuatan dokumen tersebut. Silahkan buka aplikasinya terlebih dahulu.

2.  Mulai Membuat File

Silahkan kamu pilih “File” kemudian masuk lagi ke bagian “New From Other Template”. Setelah itu akan muncul berbagai template yang bisa kamu pilih, kemudian silahkan pilih “Invoice”.

3.  Buat Kolom Sesuai Kebutuhan

Template invoice pada aplikasi Microsoft Excel ini sudah sangat praktis untuk digunakan. Letak judul, nama perusahaan, kolom nama, alamat dan lainnya sudah tersedia. Kamu hanya tinggal membuat kolom untuk barang atau layanan yang dibeli oleh customer.

Silahkan kamu buat kolom sesuai dengan jumlah barang yang dibeli. Silahkan isi nomor, deskripsi, harga dan lainnya. Pastikan struktur yang sudah kami informasikan sebelumnya terdapat pada invoice yang kamu buat.

4.  Kirim Invoice

Setelah semua selesai kamu isi, silahkan cek kembali untuk mengetahui apakah ada yang belum dimasukkan. Jika semuanya sudah selesai, silahkan kamu kirim invoice tersebut melalui email atau platform yang lainnya.

Cara Pembuatan Invoice Penjualan Online

Selain menggunakan aplikasi Excel, kamu juga bisa membuatnya secara praktis, yaitu menggunakan platform online. Ada beberapa platform yang bisa kamu manfaatkan, salah satunya seperti Spreadsheet dari Google.

Di sisi lain ada juga sebuah platform yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan tertentu yang berbasis cloud. Silahkan kamu cari di internet.

Cara pembuatan invoice melalui sistem online pun tidak kalah mudah. Berikut kami rangkum cara-caranya di bawah ini.

  • Masuk ke salah satu platform penyedia layanan pembuatan invoice. Pilih yang sudah menyediakan template untuk mempercepat proses pembuatannya.
  • Catat semua rincian invoice baru lalu masukkan data-data yang diperlukan. Data yang SaBi maksud di sini yaitu struktur invoice yang harus kamu isi seperti yang kami paparkan sebelumnya.
  • Masukkan deskripsi dan informasi harga sebagai tagihan kepada customer. Selain itu, kamu juga bisa membuat catatan tambahan informasi pada invoice jika ada informasi yang dirasa belum lengkap.
  • Kirim invoice kepada customer. Pada layanan platform pembuatan invoice online biasanya pengiriman sangat mudah diproses. Pasalnya layanannya sudah terintegrasi dengan email atau media pengiriman lainnya.

Itulah beberapa cara membuat invoice penjualan yang praktis baik itu secara manual maupun online. Untuk kecepatan saat membuatnya, pastikan SaBi memilih platform atau aplikasi yang menyediakan template. Selamat mencoba!

Cara Membuat Invoice Penjualan

spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here