Ketika menagih klien, invoice menjadi lampiran yang harus kamu sertakan. Sebenarnya, agar tidak terus menerus membuatnya dari awal, kamu bisa membuat invoice template.
Apa itu template invoice? Template ini merupakan dokumen invoice yang sudah mencantumkan produk serta layanan yang kamu berikan pada perusahaan atau pada mitra.
Template tersebut juga berisi mengenai kewajiban pelanggan untuk melakukan pembayaran bisnis.
Pembayaran ini harus sesuai dengan layanan dan produk yang kamu miliki, sehingga kamu hanya perlu mengganti tanggal dan produknya saja.
Sedangkan, untuk nama perusahaan dan sejumlah informasi lainnya sudah tercantum di dalam template tersebut. Semakin memudahkanmu bukan?
Cara Membuat Invoice Template dari Canva
Canva menjadi salah satu aplikasi desain yang bisa kamu gunakan untuk membuat template invoice. Apakah sulit untuk membuatnya? Tenang, berikut langkah mudah yang bisa kamu lakukan.
- Buka Halaman Canva
Untuk membuat template, kamu bisa mulai membuka Canva di perangkat.
Bila kamu merupakan pengguna baru, kamu bisa mendaftar di Canva dari Facebook dan akun Google.
Tetapi, jika kamu sudah memiliki akun, kamu bisa langsung masuk dan cari jenis desain invoice.
- Pilih Template
Bila kamu membutuhkan inspirasi, kamu bisa membuka template invoice di setiap industri, tema dan gaya. Kamu juga bisa menggunakan fitur search.
- Pilih Sesuai dengan Gayamu
Kamu bisa melihat sejumlah foto dan desain lain di media Canva. Kemudian tambahkan data perusahaan seperti identitas, logo, gambar dan lainnya.
Padukan elemen dari sejumlah template. Kamu juga bisa mencoba berbagai layout sampai kamu puas dengan hasil desainnya.
Cara Membuat Invoice dari Template Excel
Tidak hanya menggunakan Canva, kamu juga bisa membuat invoice dengan menggunakan Excel. Bagaimana cara membuatnya? Berikut selengkapnya:
- Pilih Template Invoice
Kamu bisa membuka program Microsoft Excel terlebih dahulu. Kemudian, cari menu yang berada di kiri atas halaman.
Dari menu tersebut, pilih New from Template, nantinya kamu akan menemukan Excel Workbook Gallery. Ketik kata invoice, kemudian kamu akan melihat daftar template uang muncul.
Untuk memilih template, klik dua kali di tombol choose yang berada di bagian bawah halaman.
- Edit dan Sesuaikan
Kamu bisa segera mengedit dan menyesuaikannya. Namun, sebelum itu, pastikan jika template yang kamu jadikan sebagai pilihan sudah sesuai dengan kebutuhanmu.
Template invoice ini harus memiliki nama perusahaan, informasi kontak, nama klien, tanggal jatuh tempo pembayaran, nomor invoice, dan daftar produk dengan rinci.
Setelah memeriksa semua data, kemudian menambahkan bagian yang hilang, kamu bisa mulai untuk personalisasi template.
Mulai desain logo, font dan warna menggunakan menu beranda yang ada di atas halaman.
- Simpan dan Kirim Invoice
Nah, kamu sudah di tahap akhir yaitu menyimpannya. Untuk menyimpan, kamu bisa klik file kemudian Save As.
Nantinya pop up akan muncul dan memintamu untuk memberi nama faktur serta memilih jenis format penyimpanan.
Sebagai saran, lebih baik simpan template dengan bentuk PDF. Sehingga saat mengirimkannya ke klien, format invoice tersebut sesuai dengan yang sudah kamu buat.
Baca juga: 10 Alasan Pakai E Invoicing Software Lebih Menguntungkan
Cara Membuat Invoice Sendiri
Selain menggunakan invoice template yang sudah tersedia di Excel, kamu juga bisa membuat template sendiri.
Apakah membuatnya sulit? Tidak perlu khawatir, berikut langkah selengkapnya:
- Buka New Blank Workbook
Kamu bisa membuka New Blank Workbook dengan mengklik file kemudian pilih New Workbook.
- Hapus Gridlines
Kemudian, kamu bisa menghapus gridlines, sehingga lembar kerja Excel akan bersih untuk digunakan.
- Buat Header
Elemen dari faktur ini seperti invoice, nama bisnis serta informasi kontak hingga logi bisnis.
Masukkan detail tersebut di lembar kerja sesuai dengan warna dan ukuran font yang kamu inginkan.
- Tambah Jatuh Tempo Pembayaran
Di sisi kanan, buat tiga baris yang berisi rincian tanggal penagihan, jatuh tempo dan nomor invoice.
- Masukkan Informasi Kontak
Apa saja isi dari informasi kontak ini? Rincian kontak ini berisi nama klien, kota, alamat, nomor telepon. Kamu juga bisa mengosongkan karena akan menjadikannya invoice template.
- Beri Style Table
Kamu dapat melakukan personalisasi warna tabel sesuai dengan skema warna yang kamu ingini. Kamu juga bisa menggunakan fitur table styles yang ada di kiri atas menu tabel.
Sejumlah elemen ini merupakan elemen-elemen standar dari faktur penjualan.
Kemudian, kamu bisa menambahkan beberapa hal, bergantung dari klien, jenis industri dan produk yang kamu jual.
Baca juga: 7 Prinsip Membuat Invoice yang Harus Diketahui
Buat Invoice Lebih Mudah Bersama Sahabat Bisnis
Meskipun berbagai cara di atas cukup mudah dilakukan, tetapi karena merupakan bisnis rintisan, pasti ada berbagai macam hal yang kamu urus bukan?
Bila kamu tidak memiliki waktu untuk membuat invoice, Sahabat Bisnis dapat dijadikan sebagai pilihan. Invoice Digital dari Sahabat Bisnis menjadi jawaban tepat dari masalah pembuatan invoice.
Sahabat Bisnis nantinya akan membantumu membuat tagihan secara efisien, kemudian mengirimkannya ke mitra usaha.
Dengan Invoice Digital yang tercatat rapi serta aman oleh sistem, kamu tidak akan repot dengan berbagai invoice yang tercecer kesana kemari, rusak atau hilang.
Dengan sejumlah kelebihan tersebut, masih ingin menggunakan invoice template yang ribet? Alihkan pembuatan invoicemu ke Sahabat Bisnis sekarang juga, dan nikmati seluruh fiturnya!
Kamu bisa mencoba semua fitur unggulan dari Invoice Digital dari Sahabat Bisnis secara gratis sekarang juga di webiste. Buktikan sendiri kelebihannya!
