spot_img
spot_img
HomeInventory ManagementCara Mudah Kelola Stok Opname Gudang dengan Tepat

Cara Mudah Kelola Stok Opname Gudang dengan Tepat

Bagi yang bekerja di bidang manufaktur pasti sudah tidak asing dengan istilah stok opname gudang.

Bagi yang belum kenal, stok opname ini merupakan kegiatan penghitungan jumlah stok persediaan barang dagang secara fisik dan disesuaikan dengan catatan akuntansi dalam bisnis. 

Dalam praktiknya, aktivitas ini cukup menyita banyak waktu karena mengharuskan untuk memeriksa dan melakukan perhitungan akan stok barang.

Selain itu, juga tidak boleh ada kesalahan karena akan berpengaruh pada stok barang yang nantinya dijual.

Lalu, bagaimana cara mengelola stok dengan simple namun tetap memberikan data akurat? Penjelasan berikut akan membantu kamu dalam mengatur stok agar terhindar dari kesalahan seperti yang dikutip dari KNIC

  • Mengatur Jadwal Stok Opname Gudang 

Membuat jadwal teratur dalam mengelola stok barang di gudang berguna untuk kelancaran persediaan dan berjalannya bisnis. Prosesnya harus dilakukan secara cepat, terutama jika terdapat bahan baku yang mudah menyusut dan tidak tahan lama. 

Kamu bisa dengan memperhatikan laporan penjualan dan menganalisis kapan perusahaan mengalami high season. Tujuannya agar siap melakukan penjualan ketika dihadapi dengan pemesanan yang meningkat.

Kamu dapat melakukannya di luar waktu penghitungan laporan keuangan ataupun pembukuan. Misalnya ketika jam tutup toko atau sebelum buka. 

  • Memetakan Produk

Langkah kedua, kamu dapat melakukan pemetaan produk. Instruksikan bagian gudang untuk memberikan tag di setiap stok yang dimiliki. Berikan label sesuai jenis dan kategorinya.

Tujuannya tentu untuk memudahkan staff dalam mengenali barang dan menyatukan stok barang yang terpisah dari kelompoknya. Selain itu, metode ini juga dapat mempermudah aktivitas penjualan.

Jika barang-barang tidak memiliki tag atau label, transaksi gudang akan terasa lebih ribet karena harus mencarinya secara berulang. Resiko kesalahan akan semakin besar apabila tidak teliti dalam mencarinya. 

  • Membuat Denah Gudang Penyimpanan

Jika ada waktu luang, agendakan untuk berkeliling gudang dan buatlah denah gudang penyimpanan sendiri. Ilustrasikan setiap rak dan lakukan pemetaan tempat penyimpanan tiap barang.

Staff akan terbantu dalam menemukan letak barang, terutama jika gudangnya berukuran luas dan memiliki jenis barang beragam. 

Baca Juga: Manfaat Manajemen Persediaan Stok Barang bagi Bisnismu!

  • Menugaskan Staff Kompeten
Stok Opname Gudang

Agar aktivitas mengelola barang di gudang jadi lebih cepat, kamu bisa membentuk staf khusus. Pastikan untuk memilih staff yang memiliki kemampuan menghitung, mempunyai stamina cukup, dan teliti. 

Meski sudah memilih staf yang kompeten, kamu tetap harus melakukan briefing agar terhindar dari kesalahan dan berjalan lancar. Bekali juga dengan tenaga yang cukup. Karena asupan yang baik akan meningkatkan konsentrasi dan stamina para staf agar tetap fokus melakukan pekerjaannya. 

  • Cycle Counting dan Double Check 

Cycle counting merupakan metode menghitung stok opname gudang secara terus menerus atau dengan mencicil penghitungan.

Cara ini dinilai paling efektif jika dibandingkan dengan melakukan penghitungan secara menyeluruh dalam satu waktu. Setidaknya, dapat mengurangi kerepotan dan rasa kebingungan.

Metode cycle counting juga dapat digunakan untuk mendeteksi kekeliruan stok. Biasanya dilakukan per hari atau per minggu sesuai dengan preferensi usaha. 

Kamu yang mengutamakan ketelitian dan masih merasa ragu juga bisa melanjutkan ke tahap double checking. Metode ini mengharuskan kamu untuk melakukan perhitungan barang minimal dua kali agar hasil yang didapatkan benar dan terhindar dari kekeliruan. Biar lebih mudah, berikan tanda pada stok agar tidak terhitung dua kali, ya. 

Gunakan Inventory Manajemen untuk Kelola Stok Barang Gudang Agar Semakin Mudah

Menghitung stok di gudang bisa terasa melelahkan. Tapi, kamu bisa membuatnya jadi lebih cepat dan mudah menggunakan inventory manajemen dari Sahabat Bisnis. Kelola stok barang gudang secara otomatis menggunakan fitur-fitur yang beragam. Mulai dari manajemen produk, stock opname, hingga rekonsiliasi tersedia di dalamnya.  

Sahabat Bisnis menawarkan solusi untuk membantu melacak ketersediaan dan pergerakan stok. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan inventaris dan memastikan ketersediaan produk di berbagai saluran. Berikut beberapa fitur inventory manajemen yang bisa kamu manfaatkan:

  • Dasbor Manajemen
  • Manajemen Produk
  • Manajemen Gudang (Multiple Warehouse)
  • Pengalihan Inventaris
  • Stock Opname
  • Rekonsiliasi

Mengatur ketersediaan stok opname gudang bisa dalam hitungan detik saja! Lewat inventory manajemen Sahabat Bisnis, pekerjaan selesai tepat waktu tanpa butuh banyak tenaga.

Setiap proses checkout dari konsumen baik online maupun offline, akan secara otomatis dihapus dari stok yang terdaftar. Setelah itu, seluruh datanya diperbaharui sehingga kamu tak perlu lagi menginput data satu persatu.

Caranya gabungnya pun mudah, tinggal buat akun dan sign up, kamu sudah bisa menggunakan fitur-fitur Sahabat Bisnis.

Pekerjaan jadi lebih cepat karena semakin mudah untuk kelola stok opname barang. Tak lagi repot dan menghabiskan banyak waktu untuk melakukan pencatatan dengan inventory manajemen Sahabat Bisnis biar bisnismu cuan terus!

Yuk coba gratis dan daftar sekarang.

Stok Opname Gudang
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here