spot_img
spot_img
HomeInventory ManagementCara Mudah Manajemen Stok Barang untuk Berbagai Usaha

Cara Mudah Manajemen Stok Barang untuk Berbagai Usaha

Bisnis yang melibatkan penyimpanan dan distribusi sangat perlu melakukan manajemen stok barang toko yang tepat dan akurat. Fungsinya sebagai informasi status dan kondisi produk yang ada di gudang.

Kamu punya toko yang memiliki banyak barang yang menumpuk di gudang? Mulailah untuk melakukan manajemen dan mengecek secara berkala agar informasi stok barang tetap update.

Cara membuat manajemen stok barang toko sebenarnya cukup mudah. Di sini kami akan coba memaparkan cara-caranya untuk kamu!

Kenapa Manajemen Stok Barang Sangat Penting?

Sebelum kami jelaskan lebih lanjut, kami akan jelaskan fungsinya yang menjadi alasan kenapa manajemen stok barang tersebut begitu penting. Manajemen ini sangat krusial untuk berbagai bidang usaha khususnya bisnis ritel.

Manajemen stok barang termasuk ke dalam bidang pengelolaan usaha. Fungsi utamanya yaitu untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan kebutuhan pelanggan.

Ketersediaan stok barang di gudang akan membantu kelancaran bisnis. Jika tidak dikelola dengan baik, maka bisa menghambat jalannya bisnis yang sedang kamu jalankan.

Di sisi lain, sebagai pemilik usaha, kamu juga harus memastikan ketersediaan stok barang bagi konsumen. Dengan begitu, proses pemasaran bisa berjalan lancar dan sesuai harapan.

Manfaat Manajemen Stok Barang untuk Toko

Degan memaksimalkan manajemen stok atau inventory toko, maka proses pemasaran maupun pengelolaan bisnis ritel menjadi lebih optimal. Pasalnya manajemen ini memiliki sejumlah manfaat sebagai berikut:

1.  Informasi Data yang Terpusat

Manajemen ini membantu kamu untuk mengetahui ketersediaan barang. Selain itu juga memberikan informasi untuk membantu kamu dalam mengecek lokasi barang dengan bantuan sistem tertentu.

2.  Mengatur Persediaan Stok Barang

Manajemen stok barang juga merupakan strategi untuk mengatur ketersediaan stok di gudang. Sistem ini memungkinkan kamu untuk mengawasi ketersediaan barang dan juga memastikan produk yang disimpan di gudang senantiasa tersedia untuk dipasarkan.

3.  Mengefisiensi Sistem Manajemen Stok Inventori

Kamu tidak perlu lagi mencatat maupun menghitung setiap stok yang ada di gudang secara manual. Pasalnya kamu bisa membuat manajemen stok dengan sistem yang lebih canggih untuk meminimalisir kesalahan penghitungan stok.

4.  Menghemat Biaya

Manajemen ini merupakan sebuah sistem yang bisa membantu kamu agar terhindar dari kerugian yang disebabkan oleh pengelolaan gudang yang tidak akurat. Pasalnya, sistem pengelolaan manual rentan terjadi human error.

5.  Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Sistem manajemen ini juga bisa mempermudah kamu yang ingin mengelola aktivitas pergudangan. Bahkan kamu bisa mengontrolnya secara real time. Informasi ini juga bisa melacak persediaan barang agar proses pengiriman kepada pelanggan bisa lebih cepat.

Baca Juga: Punya Online Shop? Ini Tips dan Cara buat Invoice Tagihan untuk Toko Online Kamu

Cara Mudah Membuat Manajemen Stok Barang

Cara Mudah Manajemen Stok Barang

Jika kamu melakukan manajemen yang tepat pada stok barang di gudang, maka jalannya bisnis pun bisa berjalan dengan lancar. Berikut kami sudah merangkum juga cara-caranya agar kamu bisa menyusun manajemen secara optimal.

1.  Mempersiapkan Gudang Penyimpanan

Pertama-tama, siapkan gudang terlebih dahulu untuk menyimpan barang-barang yang kamu jual. Meskipun bisnis yang kamu jalankan masih kecil, gudang tetap diperlukan sebagai fasilitas penyimpanan barang-barang yang akan dijual.

Jika belum memiliki gudang sendiri, kamu bisa menggunakan jasa warehouse yang saat ini banyak tersedia di berbagai daerah.

2.  Memiliki Data yang Akurat

Data sangat penting dan bagian yang paling krusial dalam manajemen stok barang. Kamu memerlukan tenaga khusus yang bertanggung jawab mencatatnya. Jika belum memiliki budget untuk membayar karyawan, kamu bisa mengolah data tersebut sendiri.

Pastikan kamu mencatat secara akurat setiap stok barang yang keluar maupun yang masuk. Pencatatan ini juga bisa kamu lakukan secara instan dengan menggunakan program tertentu agar lebih akurat.

3.  Membuat Perkiraan Persediaan Stok Barang

Setelah mengantongi data akurat terkait keluar masuk barang, selanjutnya susunlah perkiraan persediaan barang. Perkiraan ini adalah informasi tentang perkiraan jumlah dan juga ketersediaan produk yang diperlukan dalam satu periode.

Perlu kamu ketahui, semakin banyak barang yang kamu miliki, maka semakin sulit manajemen dilakukan. Sebaliknya, manajemen akan semakin mudah jika stok ketersediaan barang semakin sedikit. Jadi pastikan kamu memperkirakannya secara optimal.

4.  Menggunakan Kode Pada Setiap Barang di Gudang

Kode barang juga tidak kalah penting untuk membantu kamu dalam manajemen stok barang. Pemberian kode ini akan membantu kamu agar tidak bingung dalam proses transaksi.

Kode juga akan mempermudah kamu saat mencari barang yang disimpan di gudang sehingga mudah menemukannya.

5.  Mengecek Barang Sebelum Disimpan

Langkah terakhir yang tidak kalah penting yaitu mengecek barang sebelum dimasukkan ke dalam gudang. Pengecekan ini meliputi pemeriksaan kondisi barang, memberikan kode, dan memastikan barang tidak cacat.

Pemeriksaan ini sangat penting untuk memastikan kualitas barang yang ada di gudang merupakan barang-barang yang bagus.Manajemen stok barang toko merupakan salah satu proses pengelolaan bisnis yang wajib diperhatikan. Pengelolaan ini bermanfaat untuk kelangsungan bisnis kamu dan juga untuk meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan.

Solusi mudah manajemen inventori di Sahabat Bisnis

Beberapa cara di atas, bisa mengurangi beban gudang dan mengembalikan keseimbangan stok barang. Selain itu, kamu bisa mengubah barang simpanan di gudang menjadi dana cair yang bisa digunakan untuk keperluan bisnis lainnya.

Nah, agar lebih mudah lagi, kamu tidak perlu pusing mikirin gimana ya mulai menerapkan manajemen persediaan stok barang, apalagi secara manual. kamu bisa kok gunakan solusi dari SahabatBisnis, yaitu Inventory Management. Di sana, kamu bisa mengelola manajemen persedian dengan baik dan mudah secara terautomasi. Seperti:

  • Mengatur proses pencatatan, pencarian, penyimpanan, dan penjualan stok produk/barang dengan mudah.
  • Mulai dari bahan mentah (baku) atau barang jadi. Tak lagi repot atau ribet mengatur stok, semua dilakukan dengan mudah dan tertata dengan baik.
  • Dapat dikelola secara real time
  • Atur banyak warehouse dalam satu dasbor
  • Pengalihan Inventaris/Stok Opname/Rekonsiliasi

    Coba Gratis Sekarang!
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here