spot_img
spot_img
HomePilihan EditorSahamCatat! Ini Rekomendasi Investasi Jangka Panjang bagi Bisnismu!

Catat! Ini Rekomendasi Investasi Jangka Panjang bagi Bisnismu!

Seperti namanya, investasi jangka panjang merupakan investasi yang dikembangkan dalam waktu lama, hingga bertahun-tahun lamanya. Umumnya, orang melakukan jenis investasi ini untuk tabungan masa pensiun. 

Investasi sendiri merupakan penanaman modal atau uang yang dilakukan di sebuah perusahaan. Biasanya, investasi memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang. 

Dari segi waktu, investasi diklasifikasikan menjadi 2 jenis yaitu jangka pendek dan jangka panjang. Lantas, seperti apa investasi ini sebenarnya? Apa tujuan dari investasi ini? Simak penjelasan berikut!

Pengertian Investasi Jangka Panjang

Investasi berjangka panjang merupakan investasi yang membuat dana diputar, kemudian baru dapat dicairkan sesudah jangka waktu minimal 1 tahun. Sehingga, orang yang berinvestasi jenis ini, tidak mempunyai rencana untuk menarik uangnya dalam jangka pendek.

Mengapa demikian? Karena, mereka mengetahui bila mereka dapat menahan investasi agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Investasi ini tentu berbeda dengan jangka pendek. 

Contohnya saja, saat berinvestasi jangka pendek, biasanya mereka akan beralih pada risiko rendah, karena tidak memiliki waktu untuk menunggu pasar kembali pulih.

Sedangkan, investasi dengan jangka panjang mempunyai perubahan lebih cepat, tetapi hal tersebut tidak menjadi masalah karena dana akan diambil dengan jangka yang lama. 

Tujuan Investasi Jangka Panjang

Ada berbagai tujuan investasi ini, seperti:

  1. Agar memperoleh pendapatan tetap di setiap periodenya, baik dalam bentuk dividen, bunga, royalty atau yang lainnya. 
  2. Dapat membantu dana untuk kepentingan tertentu.
  3. Menjadi antisipasi dana operasional usaha.
  4. Menggunakan kelebihan kas yang tidak digunakan, sehingga dapat memperbanyak kekayaan. 

Baca juga: 8 Cara Cepat Kembangkan Bisnis dengan Metode Growth Hacking

Rekomendasi Investasi Jangka Panjang

Ada berbagai macam pilihan jenis investasi ini, seperti:

  1. Logam Mulia

Jenis yang pertama adalah logam mulia. Logam mulia yang popular dijadikan sebagai pilihan investasi adalah emas. Emas dapat diterima kalangan umum. 

Tidak hanya itu, emas juga dapat dibentuk menjadi perhiasan. Banyak yang menganggap jika emas merupakan pilihan investasi yang aman. Emas mempunyai nilai jual stabil, dan dapat kapan saja diuangkan.

  1. Saham

Perusahaan bisa memperoleh modal yang berasal dari investor dengan cara menerbitkan saham. Saham adalah bukti kepemilikan sebuah perusahaan publik. 

Saham akan diperdagangkan di bursa efek. Untuk memperoleh keuntungan finansial dari investasi saham, kamu dapat mempertahankan dan  menaikkan posisi kepemilikan ketika harganya sedang naik. 

Kamu juga dapat menjual saham di masa pensiun. Keuntungan yang akan diterima oleh pemegang saham disebut sebagai dividen

Investasi satu ini memungkinkan penghasilan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan obligasi. Investasi saham memiliki kelebihan yakni pemegang saham terbesar dapat memberi hak suara, sehingga dapat menentukan kebijakan perusahaan. 

Jika semakin besar saham yang dimiliki, akan semakin besar juga kontribusi yang dapat diberikan ketika proses pengambilan keputusan. Investor dapat memilih jenis saham sesuai dengan keinginannya. 

  1. Reksadana

Mutual fund atau reksadana juga menjadi investasi jangka panjang yang menarik dijadikan sebagai pilihan. Reksadana adalah instrumen investasi yang bisa menjadi pilihan pemodal kecil. 

Melalui reksadana ini, dana yang diperoleh dari investor dengan jumlah besar akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke sejumlah investasi yang menggiurkan.  Ada berbagai macam jenis dari investasi reksadana ini. 

Ada jenis reksa dana pasar uang, dengan kebijakan investasi seluruhnya di instrumen pasar uang. Kemudian ada juga reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, reksadana saham. 

Bahkan, sekarang ini terdapat reksadana syariah. Sehingga, bagi kamu yang ingin berinvestasi sesuai dengan prinsip Islam, dapat memilih jenis reksadana ini. 

  1. Property

Investasi ini juga termasuk dalam jenis jangka panjang. Property bahkan menjadi investasi yang popular, hal ini disebabkan karena investasi ini bisa memberikan imbal hasil yang banyak, apalagi semakin lama harga property yang dimiliki semakin meningkat. 

Salah satu keuntungan investasi ini adalah, kita bisa melakukan investasi dengan menggunakan pinjaman bank dan memiliki bunga rendah. Tidak hanya itu, untuk investasi property dalam bentuk bangunan, kamu juga akan memperoleh pendapatan berulang dari sewa property. 

Sayangnya, investasi ini tidak likuid, investasi ini memiliki tujuan ekspansi di masa depan. Selain itu, untuk investasi yang berwujud bangunan, kamu harus siap menanggung biaya renovasi. 

  1. Deposito

Deposito sendiri adalah simpanan berjangka dan dikeluarkan oleh bank dan sudah diberi izin BI menjadi bukti simpanan yang dapat dipindahtangankan dan diperjualbelikan pihak ketiga. Deposito bahkan dapat dijaminkan untuk memperoleh pinjaman. 

Kelebihan investasi inia dalah suku bunganya yang jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan bunga tabungan. Selain itu deposito juga mempunyai likuiditas tinggi serta dapat diambil kapan saja, meskipun terdapat biaya penalti. 

Bunga deposito juga dibayar dimuka. Dengan berbagai keuntungan tersebut, deposito menjadi jenis investasi yang banyak dijadikan sebagai pilihan. 

Dari berbagai macam investasi di atas, mana yang sudah pernah kamu jadikan sebagai pilihan investasi? Kamu dapat menyesuaikan investasi dengan profil risiko yang kamu miliki. 

Memang, investasi menjadi hal penting yang harus dilakukan. Namun sebagai pebisnis, selain memperhatikan investasi, Kamu juga harus memperhatikan jalannya operasional bisnis. 

Untuk mempermudah jalannya operasional bisnis, Sahabat Bisnis dapat dijadikan sebagai pilihan. Sahabat Bisnis memiliki produk Invoice Digital yang dapat kamu gunakan untuk membuat invoice dengan cepat dan tepat. 

Tidak hanya itu, sekarang ini Invoice Digital dari Sahabat Bisnis juga dapat digunakan dari smartphone sehingga kamu bisa dengan lebih mudah membuat tagihan. Jadi, jangan hanya fokus pada investasi jangka panjang saja ya, tetapi perhatikan pula elemen-elemen yang ada pada operasional bisnismu. 

spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here