spot_img
spot_img
HomeE-InvoicingContoh Invoice Penagihan Termin yang Mudah Dibuat

Contoh Invoice Penagihan Termin yang Mudah Dibuat

Sebagai orang yang menjalankan bisnis dengan mitra/supplier, kamu sudah tahu gimana cara membuat invoice penagihan termin untuk transaksi penjualan belum? Terus, sudahkah mengetahui cara mengatur termin pembayaran saat pembuatan invoice? Jika masih belum tahu, SaBi punya contoh invoice penagihan termin untuk yang ingin membuatnya.

Berdasarkan contoh yang akan kami paparkan disini, sedikit banyaknya kamu bisa tahu bagaimana cara pembuatannya. Selain itu juga kami jelaskan apa saja fungsi dari jenis invoice yang satu ini.

Apa itu Invoice Penagihan Termin?

Seperti yang kamu ketahui, bahwa saat ini ada banyak jenis invoice dengan kegunaan yang berbeda-beda. Namun pada dasarnya semua invoice digunakan sebagai dokumen tagihan.

Termin merupakan sistem pembayaran yang dilakukan sesuai dengan kesepakatan dan akad bersama. Pembayaran dengan metode termin dilakukan jika barang maupun jasa sudah diterima oleh customer.

Jika pembayaran dilakukan sebelum barang diterima customer, maka disebut dengan istilah down payment atau DP.

Selain itu termin juga biasanya digunakan saat pembelian barang maupun jasa yang diterima dengan pembayaran bertahap atau cicilan. Maka dalam sistem ini dikenal juga dengan istilah termin kedua, termin ketiga, dan seterusnya.

Invoice termin digunakan untuk penagihan secara bertahap sesuai dengan fungsinya. Seperti penagihan pada termin 1, termin 2 dan seterusnya. Artinya invoice termin digunakan untuk penagihan penjualan dengan sistem pembayaran cicilan standar.

Struktur Pembuatan Invoice Penagihan Termin

Sama seperti invoice lain pada umumnya, dokumen penagihan untuk termin ini juga punya beberapa struktur yang penting untuk kamu perhatikan. Berikut ini kami juga sudah merangkum apa saja struktur yang harus Kamu ketahui sebelum membuatnya.

  • Tanggal invoice: Berfungsi untuk memberikan informasi tanggal dibuat dan dikirimkan invoice tersebut.
  • Nomor invoice: Kode unik sebagai referensi penjual dan pembeli.
  • Judul/nama invoice: Sebagai nama dokumen penagihan agar mudah dikenali oleh customer.
  • Nama penerima: Nama customer atau perusahaan yang menerima invoice.
  • Nama pembuat: Nama penjual atau perusahaan yang membuat dan mengirim invoice.
  • Informasi kontak & alamat: Informasi tentang kontak dan juga alamat pembuat dan pengirim invoice.
  • Nama produk/jasa yang dibeli customer: Jenis produk atau layanan yang dibeli oleh konsumen.
  • Harga per unit: Harga produk atau layanan per unit yang dibeli oleh konsumen.
  • Total harga: Total keseluruhan biaya yang harus dibayarkan oleh customer.
  • Informasi DP: Jumlah biaya down payment yang sudah dibayarkan oleh konsumen.
  • Nomor rekening: Untuk pengiriman pembayaran. Disertai juga dengan nama bank, nama pemilik rekening dan kantor cabang bank terkait.
  • Informasi angsuran: Menginformasikan kepada penjual terkait angsuran ke berapa tagihan tersebut dibuat.

Contoh Invoice Penagihan yang Mudah Dibuat

Jika kamu sudah biasa membuat invoice, sebenarnya tidak akan mengalami kesulitan pada saat pembuatan penagihan untuk termin ini. Karena pada dasarnya secara struktur masih tetap sama namun ada beberapa penambahan informasi saja.

Simak struktur contoh invoice penagihan termin di bawah ini:

1.  Nama atau Judul di Bagian Atas

Buatlah nama pada bagian atas. Pastikan nama atau judulnya spesifik sesuai dengan jenis tagihan. Contohnya “Invoice Termin ke-1”.

  • 2.  Cantumkan Logo Perusahaan di Atas Judul

Kamu bisa juga mencantumkan logo perusahaan di bagian atas judul invoice penagihan. Tujuannya agar customer langsung mengenalinya. Dengan begitu mereka tahu kalau yang mengirim invoice tersebut adalah perusahaan milikmu.

3.  Informasi Invoice di Bagian bawah Judul

Buatlah kolom untuk informasi yang terletak di bagian bawah judul. Isi kolom tersebut dengan informasi seperti nama perusahaan, alamat, kontak seperti nomor telepon, dan beberapa informasi penting lainnya.

4.  Deskripsi Produk atau Layanan

Buat kolom deskripsi terkait informasi produk atau layanan yang dibeli oleh customer. Buat deskripsi singkat saja namun detail dan bisa menjelaskan semua aspek penting terkait deskripsi produk atau layanan yang dibeli oleh konsumen.

5.  Informasi Down Payment

Masukkan informasi down payment atau uang muka yang sudah dibayarkan oleh konsumen. Informasi ini juga sangat penting karena bertujuan sebagai informasi untuk memberitahu konsumen bahwa mereka sudah membayar DP yang sudah kamu terima.

6.  Detail Barang/Layanan dan Harga per Unit

Invoice penagihan termin sama seperti yang lainnya. Kamu harus mencantumkan detail barang dan harga per unit. Silahkan buat pada kolom di bagian bawah dan merupakan kolom paling akhir.

Silahkan buat beberapa kolom jika konsumen membeli lebih dari satu barang maupun jasa. Kemudian cantumkan harga per unitnya.

7.  Kolom Informasi Total Biaya

Kolom ini menjelaskan tentang informasi berapa biaya yang harus dibayarkan oleh konsumen sesuai dengan barang yang mereka beli.

8.  Batas Waktu Pembayaran

Invoice penagihan termin juga biasanya mencantumkan informasi batas waktu pembayaran. Tujuannya agar customer mengetahui kapan batas waktunya agar mereka segera membayarnya.

Contoh Invoice Penagihan Termin
Contoh Invoice Penagihan Termin

Solusi Mudah Buat dan Atur Invoice Penagihan Termin

SaBi, sebagai Sahabat Bisnis kamu, punya solusi untuk kemudahan bisnis tanpa harus capek-capek bikin invoice secara manual. Kamu dapat mengirim tagihan kepada mitra dengan mudah, cepat, dan ringkas. Dilengkapi dengan Dasbor dan dapat digunakan secara mudah, kamu bisa membuat dan memantau semua invoice bisnismu. Seperti:

  • Buat invoice (menyertakan nama mitra, list barang, harga, tanggal dibuatnya tagihan, nomor invoice, tanggal jatuh tempo)
  • Kirim invoice ke email mitra.
  • Cek invoice terbayarkan/belum terbayarkan 

jadi, kamu tidak perlu membuat Invoice Penagihan ini secara manual (tulis sendiri/bikin di excel), kamu bisa gunakan solusi dari SahabatBisnis, yaitu E-Invoicing.

Invoice Penagihan



spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here