spot_img
spot_img
HomeLainnyaTips BisnisContoh Usaha Menengah yang Cocok untuk Pegawai Kantoran

Contoh Usaha Menengah yang Cocok untuk Pegawai Kantoran

Memiliki sumber penghasilan cadangan di zaman sekarang ini sangatlah penting. Kebutuhan semakin beragam dan biaya hidup juga bertambah tinggi. 

Hal ini menjadi motivasi bagi para pegawai kantoran untuk mulai merintis usaha. Ada banyak contoh usaha menengah yang bisa ditekuni pegawai kantoran. 

Yuk, cari tahu apa saja ide usaha yang bisa dijalankan!

Ragam Contoh Usaha Menengah

Sebenarnya ada banyak peluang usaha yang bisa dimanfaatkan oleh para pegawai kantoran. Tidak hanya menerima penghasilan dari gaji kantor, kamu juga bisa mendapatkan lebih banyak pemasukan dari keuntungan bisnis. 

Berikut ini beberapa contoh usaha yang mungkin bisa kamu jadikan sebagai inspirasi:

  1. Kedai Kopi

Jenis usaha pertama yang direkomendasikan untuk para pegawai kantoran adalah kedai kopi. Usaha ini cocok sekali untuk pegawai kantoran yang memang ingin punya usaha sampingan secara all out

Cocok juga dijalankan oleh milenial dan gen Z yang circle pertemanannya cocok dijadikan sebagai target pasar. 

Jenis bisnis ini tidak selalu butuh modal yang besar. Tinggal di sesuaikan saja dengan kapasitas bisnisnya. 

Apabila kamu belum punya modal yang besar maka mulai saja dengan kedai kopi yang kecil atau menengah. Lokasinya juga bisa dicari yang paling cocok dengan budget yang kamu punya.

  1. Jasa Desain Grafis

Bagi kamu yang bekerja kantoran dan punya bakat membuat desain grafis, tidak ada salahnya membuka bisnis jasa ini. Jasa desain grafis itu sendiri sekarang cukup banyak dibutuhkan seiring dengan meningkatnya platform digital di berbagai bidang. 

Coba saja buka agensi sendiri dan menawarkan jasa pembuatan desain grafis tersebut lewat media sosial. Jenis bisnis ini tidak butuh modal besar. 

Bahkan kalau kamu sudah punya laptop atau perangkat yang memadai maka kamu tidak perlu keluar modal apapun lagi. Cukup mengandalkan keterampilan atau kemampuan yang sudah kamu miliki. Mudah kan? 

  1. Katering

Bisnis katering juga cocok ditekuni untuk menambah jumlah pemasukan pegawai kantoran. Bisnis jenis ini sudah pasti akan selalu diminati dan dibutuhkan di tengah masyarakat. 

Apalagi jika kamu bisa menawarkan produk catering yang enak dan punya ciri khas. Cocok sekali bagi kamu yang punya bakat memasak dan ingin menekuni dunia bisnis kuliner. 

Kamu bisa menjalankan bisnis katering makanan sehat, katering makanan bayi, dan lain sebagainya. Buat saja secara spesifik supaya lebih mudah menjangkau target konsumen. 

Lebih bagus lagi kalau kamu membuat bisnis katering yang dibutuhkan oleh teman-teman di lingkungan kantormu jadi target pasarnya dekat dan mudah dijangkau. 

Baca juga: Rekomendasi Usaha UMKM Bidang Kuliner

  1. Fashion
contoh usaha menengah
Ilustrasi bisnis fashion

Contoh usaha menengah berikutnya yang bisa ditekuni oleh pegawai kantoran adalah bisnis fashion. Jenis usaha yang satu ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat. 

Bisa dilihat sendiri bahwa sekarang ada banyak orang berjualan produk fashion di media sosial maupun marketplace. Meskipun kompetitor banyak, tapi prospek bisnis ini masih terbuka lebar dan menguntungkan. 

Kamu bisa memilih jenis produk fashion apa yang akan dijual. Bisa berupa baju anak, baju kantor, sepatu, aksesoris, dan lain sebagainya. 

Pilih produk yang memang diminati dan mudah untuk dipasarkan. Kamu juga bisa menjadikan teman-teman kantor sebagai target konsumen untuk bisnismu tersebut. 

  1. Fotografi

Jika kamu punya bakat di bidang fotografi, maka jadikan saja sebagai lahan bisnis. Bisnis fotografi sekarang sangat diminati oleh masyarakat. Tidak perlu punya studio foto untuk menjalankan bisnis ini. 

Mulai saja dulu dengan menawarkan jasa foto kepada klien untuk sesi pemotretan outdoor. Jika memungkinkan, kamu bisa menyediakan studio foto meskipun ukurannya tidak terlalu besar. 

Bisnis satu ini bisa menghasilkan banyak keuntungan. Jasa fotografi sekarang memang semakin dihargai dan tarifnya pun cukup mahal. 

Apalagi jika kamu sudah ahli dan bisa mendapatkan foto-foto yang estetik demi memuaskan klien. 

  1. Hampers

Berikutnya ada contoh usaha menengah berupa bisnis hampers yang juga bisa ditekuni oleh para pegawai kantoran. Zaman sekarang ini hampers banyak dicari dan biasanya dibutuhkan di momen-momen spesial. 

Kamu bisa menawarkan jasa pembuatan hampers kepada teman-teman kantor lalu memperluas target konsumen lewat media digital. Bisnis hampers ini cocok sekali dijalankan sembari menekuni pekerjaan di kantor. 

Cocok untuk membantu kamu refreshing membuat hampers yang menarik dan estetik. Jika kamu sudah bisa merekrut tenaga kerja maka lebih mudah lagi karena tinggal melakukan kontrol dan masih bisa bekerja di kantor. 

  1. Bisnis Dessert
contoh usaha umkm
ilustrasi bisnis dessert.

Makanan pencuci mulut atau dessert juga sangat diminati saat ini. Kamu bisa menjadikan ini sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. 

Jual saja produk dessert yang enak seperti puding, kue, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menjualnya ke teman-teman kantor dan menawarkan untuk membuat dessert saat ada acara-acara penting di kantor.

Jenis bisnis ini juga sekarang mudah dijalankan secara online. Kamu bisa menggunakan media sosial sebagai platform promosi. 

Selain itu kamu juga bisa menggunakan marketplace untuk menjual produk selama proses pengirimannya bisa dijangkau. Cocok sekali dikelola jika kamu punya bakat di bidang memasak dan tertarik membuat dessert

Bagi kamu yang ingin berbisnis sambil bekerja kantoran, cobalah untuk memanfaatkan berbagai jenis teknologi yang dapat mendukung bisnismu. 

Salah satunya adalah teknologi pembuatan invoice digital oleh Sahabat Bisnis. Kamu bisa dengan mudah membuat invoice digital tanpa perlu ribet, sehingga transaksi dan pembukuan bisa jadi lebih cepat. 

Selain itu, Sahabat Bisnis juga akan merilis fitur mobile-friendly sehingga memudahkan kamu untuk buat invoice dari smartphone.

Yuk coba gratis sekarang!

contoh usaha menengah
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here