spot_img
spot_img
HomeLainnyaTips BisnisDijamin Konsumen Suka, Ini 7 Cara Membuat Iklan Yang Menarik

Dijamin Konsumen Suka, Ini 7 Cara Membuat Iklan Yang Menarik

Iklan memiliki tujuan untuk membujuk orang agar membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Agar berhasil menggaet banyak konsumen, ada beberapa cara membuat iklan yang menarik, yang bisa kamu coba. 

Iklan yang menarik lebih mudah diingat oleh khalayak. Pesan yang ingin disampaikan suatu bisnis, baik itu berupa ajakan untuk membeli, berlangganan, atau mendaftar, dapat diterima dan dipahami dengan baik.

Membuat iklan yang menarik dan efektif bukanlah proses yang sederhana. Untuk menghasilkan suatu iklan ada banyak pertimbangan dan tahapan yang perlu dilalui. 

Mulai dari perumusan ide, menyusun isi pesan dari iklan, mendesain tampilan visual, menentukan di mana iklan akan ditampilkan dan lain sebagainya. Walaupun harus melewati tahapan yang panjang, dengan cara ini kamu akan menghasilkan iklan yang menarik dan efektif. 

7 Cara Membuat Iklan yang Menarik

Selama ini kamu pasti sudah melihat ratusan atau bahkan ribuan jenis iklan. Ada yang berupa poster, terpasang di papan reklame jalan raya. Ada juga yang berseliweran di layar gawai saat kamu sedang mengakses internet. 

Sebagian dari iklan tersebut pasti masih ada yang kamu ingat dengan baik sampai hari ini. Mengapa demikian? Hal itu karena isi iklan yang menarik dan unik berhasil membuatmu terpikat dalam waktu yang singkat. 

Bagaimana cara membuat iklan yang mudah diingat oleh khalayak? Berikut ini 7 cara membuat iklan yang menarik, yang bisa dicoba: 

  • Kenali Target Konsumen

Kenali siapa yang menjadi target konsumen dari produk atau jasa yang kamu tawarkan. Segmentasi konsumen yang berbeda menggunakan gaya bahasa dan pendekatan yang berbeda pula. 

Mengenali dengan baik target konsumen juga akan memudahkanmu dalam mencari ide iklan. Serta lebih mudah bagimu untuk menentukan di mana sebaiknya iklan ditampilkan. 

Bila perlu kamu juga perhatikan bagaimana iklan yang dibuat kompetitor. Kemudian buat sesuatu dengan cara yang berbeda untuk memikat hati konsumen. 

  • Gunakan Copywriting Persuasif

Gunakan teknik copywriting yang persuasif. Bangun kalimat yang singkat dan padat, tapi mampu menarik perhatian audiens saat pertama kali melihat iklan.

Karena itulah judul atau headline memegang kunci penting untuk menarik atensi khalayak. Ciptakan judul  semenarik mungkin yang bisa membuat audiens penasaran untuk mencoba produk atau jasa dari bisnismu.

  • Perhatikan Desain Visual

Selain tulisan, iklan yang efektif juga memerlukan desain visual yang menarik. Pilihan warna, font, bentuk, dan aspek-aspek visual lainnya perlu diperhatikan dengan baik. 

Karena tampilan visual akan sangat mendukung maksud dari pesan yang ingin disampaikan dari iklan. Selain itu, audiens lebih mudah tertarik pada iklan yang mempunyai desain unik dan profesional. 

  • Sesuaikan dengan Saluran Pemasaran

Terdapat dua jenis saluran pemasaran yang bisa kamu gunakan, yaitu online dan offline. Keduanya bisa kamu gunakan secara optimal, kamu hanya perlu mencari tahu saluran mana yang lebih efektif untuk menjangkau target konsumen.

Bagi sebagian konsumen, iklan yang dipasang pada media luar ruangan seperti baliho, reklame, dan jenis Out Of Home (OOH) Advertising lainnya dirasa lebih efektif. Sedangkan bagi sebagian yang lain iklan online dinilai lebih efisien.

Pastikan untuk iklan offline kamu mencari lokasi  pemasangan iklan yang strategis. Pilih lokasi yang sering dilalui banyak orang dan mudah dilihat. Kemudian untuk iklan online tentukan di media online apa saja kamu akan memasang iklan, bisa di website, media sosial, atau aplikasi. 

Baca juga: 8 Cara Cepat Kembangkan Bisnis dengan Metode Growth Hacking

  • Beritahu Keunggulan Produk

Iklan harus memuat pesan tentang keunggulan produk yang membuatnya berbeda dari produk-produk sejenis lainnya. Sampaikan juga apa yang akan didapat konsumen jika menggunakan produk dari bisnismu. 

Produk yang berhasil menjawab keinginan pembeli atau memenuhi harapan calon konsumen akan lebih mudah dilirik target konsumen. 

  • Tampilkan Penawaran Menarik

Cara membuat iklan yang menarik yaitu sertakan juga berbagai jenis penawaran. Supaya pesan iklan terlihat lebih meyakinkan di mata calon konsumen. 

Bentuk penawaran tersebut di antaranya bisa berupa diskon, buy one get one free, cashback, free ongkir, voucher dan lain sebagainya. 

Promo selalu berhasil memikat hati konsumen, apapun bentuk promonya. Iklan dengan isi promo juga akan lebih mudah diingat oleh konsumen. Serta lebih efektif dalam meningkatkan konversi. 

  • Pilih Sosok yang Terkenal sebagai Brand Ambassador 

Cara terakhir yang dijamin bisa membuat iklan bisnismu lebih menarik dan efektif yaitu memilih Brand Ambassador. Kamu dapat menentukan siapa sosok yang tepat untuk mempromosikan bisnismu. 

Pilih tokoh penting yang dikenal oleh banyak orang, khususnya mereka yang menjadi target konsumen bisnismu. Brand Ambassador bisa dari kalangan selebritis, influencer, atau tokoh penting lainnya. 

7 cara membuat iklan yang menarik di atas bisa kamu coba. Strategi pemasaran memang perlu dipersiapkan secara matang dan tertarget. Termasuk salah satunya adalah pembuatan iklan produk. 

Aktivitas pemasaran yang berjalan efektif akan berhasil mendatangkan lebih banyak pelanggan. Beri konsumen kesan yang baik dan profesional saat melakukan transaksi. Untuk membuat tagihan, kamu bisa menggunakan Invoice Digital yang lebih praktis. 

Sahabat Bisnis (SaBi) menawarkan kemudahan bagi semua pelaku usaha dalam membuat Invoice Digital. Membuat invoice jadi lebih cepat dan otomatis, tagihan dapat dikirim kepada konsumen melalui email atau aplikasi pesan. 

Data invoice juga tersimpan dengan aman, tidak ada lagi masalah invoice rusak atau hilang.  Selain itu sekarang ini, Invoice Digital SaBi sudah bisa diakses dengan smartphone, memudahkanmu membuat tagihan kapanpun dan dimanapun. 

Klik banner di bawah ini untuk coba gratis sekarang!

spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here