spot_img
spot_img
HomeE-InvoicingFormat Invoice Barang bagi Pebisnis Pemula

Format Invoice Barang bagi Pebisnis Pemula

Ketika kamu melakukan transaksi jual beli barang, tentu kamu akan menyertakan bukti pembayaran (invoice) untuk keamanan dalam bertransaksi. Tentunya ini menjadi salah satu dokumen yang berguna sebagai bukti transaksi tersebut apabila dibuat dengan format invoice barang yang tepat.

Invoice sendiri berbentuk seperti nota, namun tentunya perhitungan akuntansi di dalamnya akan berbeda. Tidak hanya itu saja, invoice sendiri juga memiliki beberapa jenis yang disesuaikan berdasarkan keperluannya.

Lalu bagaimana format invoice barang yang baik untuk pebisnis? Yuk, simak paparan dari SaBi di bawah ini.

Format Invoice Barang

1. Nama dan Alamat Perusahaan

Format utama yang harus ada dalam sebuah invoice adalah nama terang dan juga alamat perusahaan. Nama dan juga alamat perusahaan sangat penting ditampilkan pada invoice untuk memberikan informasi mengenai identitas toko/penjual tempat konsumen membeli barang/jasa.

2. Nomor Invoice dan Tanggal

Nomor terbit invoice dan juga tanggal invoice juga sangat penting dicantumkan dalam invoice. Nomor terbit dan juga tanggal terbit berguna sebagai arsip.

Ketika kamu ingin mencari atau merekap pembelian maupun menjual, kamu dapat langsung mencari berdasarkan tanggal dan nomor terbit tersebut. Nomor terbit dan juga tanggal terbit sangat berguna ketika kamu melakukan verifikasi penjualan dan pembelian loh.

3. Identitas Konsumen

Selain identitas perusahaan penerbit, di dalam sebuah invoice juga perlu mencantumkan identitas atau data diri dari konsumen. Identitas yang dicantumkan dapat berupa nama terang perusahaan atau nama lengkap konsumen yang melakukan pembelian.

Identitas konsumen berguna untuk barang bukti proses jual beli dan juga berguna untuk arsip ketika melakukan verifikasi. Dengan tercantumnya identitas konsumen, maka penjual akan lebih mudah menghubungi konsumen ketika melakukan penagihan.

4. Nama dan Jumlah Barang/Jasa

Hal yang paling penting dituliskan pada lembar invoice yaitu nama dan juga jumlah barang/jasa. Ketika kamu membuat sebuah invoice, pastikan kamu menuliskan nama dan juga jumlah barang yang sesuai.

Penulisan nama barang dan juga jumlahnya sangat berguna untuk barang bukti penjualan dan pembelian. Dengan adanya format ini maka invoice dapat menjadi bukti bahwa nama barang dan jumlahnya sesuai ketika melakukan penagihan. Format yang satu ini juga sangat penting ketika kamu melakukan rekapan barang-barang khususnya saat akhir bulan loh.

5. Harga Satuan dan Harga Total

Harga satuan dan juga harga total barang/jasa sangat penting di dalam sebuah invoice. Harga tersebut berguna sebagai barang bukti ketika melakukan penagihan.

Dengan mencantumkan harga satuan dan harga total ke dalam invoice maka proses jual beli akan lebih sah karena terdapat bukti pembelian/penjualan.

6. Stempel dan Tanda Tangan

Stempel dan juga tanda tangan dari kedua belah pihak tentu menjadi format yang cukup penting di dalam sebuah invoice. Stempel dan tanda tangan menjadi bukti bahwa kedua belah pihak, yaitu penjual dan pembeli sepakat atas barang dan juga harga yang tercantum pada invoice.

Format Invoice Barang
Format Invoice Barang. Source: Freepik.

Perbedaan Invoice dengan Nota

Mungkin dari para SaBi masih banyak yang mengira bahwa invoice sama halnya dengan nota.

Jika dilihat dari kegunaannya, memang invoice dan nota memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai barang bukti penjualan dan pembelian.

Namun jika diperhatikan, invoice dan juga nota memiliki perbedaan yang cukup signifikan loh. Perbedaannya yaitu, nota merupakan barang bukti penjualan dan pembelian yang dibuat secara manual. Nota dibuat dengan ditulis tangan oleh pembeli.

Biasanya nota juga jarang menggunakan stempel dan juga jarang mencantumkan nama perusahaan. Pada umumnya, di dalam nota hanya tercantum nama barang dan juga harga barang.

Sedangkan invoice merupakan barang bukti digital. Invoice sendiri dapat berupa soft file dan juga hard file. Isi dari invoice lebih lengkap dibandingkan dengan nota, karena invoice biasanya dibuat oleh perusahaan-perusahaan besar yang menjual barang-barang dengan harga yang mahal.

Kelola Invoice Barang dengan E-Invoice dari Sahabat Bisnis

Dengan E-Invoice dari Sahabat Bisnis, kamu bisa buat dan kirim invoice secara online dan real-time.

Kirim tagihanmu kepada mitra dengan mudah, cepat, dan ringkas. Tak ada lagi pembayaran terlambat, keuntungan makin mudah didapat.

Dilengkapi oleh dasbor manajemen yang mudah dioperasikan, perhitungan pajak otomatis, serta manajemen mitra, Sahabat Bisnis akan bantu kamu biar bisnis kamu makin cuan!

Coba Gratis Sekarang!

Format Invoice Barang
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here