spot_img
spot_img
HomeE-InvoicingGalbay Pinjol Resmi Tenor Panjang? Apa Efeknya untuk UMKM?

Galbay Pinjol Resmi Tenor Panjang? Apa Efeknya untuk UMKM?

Sekarang ini, layanan pinjaman online memperoleh respons negatif dari masyarakat. Hal tersebut disebabkan karena banyak kasus dari nasabah yang tidak bisa membayar kemudian pengelola pinjaman menyebarluaskan data pribadinya. Apakah pinjol resmi tenor panjang juga demikian?

Pinjaman online pada dasarnya menjadi sebuah alternatif masyarakat saat ini. Maraknya pinjaman yang dilakukan masyarakat, hingga akhirnya membuat layanan pinjaman online di pasaran tidak terdaftar resmi di OJK. 

Padahal pinjaman resmi harus terdaftar di OJK serta harus mengantongi sejumlah izin tertentu agar dapat mengembangkan bisnisnya. 

Risiko Tidak Membayar Pinjol Resmi Tenor Panjang

Sebagai UMKM, naik dan turunnya bisnis memang menjadi hal biasa. Tetapi, jangan sampai kamu lengah dan tidak membayar pinjaman online yang sudah digunakan. Berikut sejumlah risiko ketika tidak membayar pinjaman online, yaitu:

  1. Blacklist SLIK OJK

Salah satu risiko yang diperoleh nasabah ketika tidak membayar pinjaman online, utamanya bila pinjaman tersebut merupakan pinjaman resmi, sesuai dengan peraturan OJK mengenai gagal bayar, kamu akan di blacklist SLIK OJK

Nantinya, data pribadi yang kamu gunakan ketika permohonan pengajuan pinjaman akan diserahkan OJK serta dilaporkan jika kamu mempunyai masalah kredit dan akan kesulitan mengajukan pinjaman lain. 

Untuk menghapus blacklist di OJK, tentu saja kamu harus melunasi terlebih dahulu pinjaman serta bunga yang kamu miliki di pinjaman online tersebut. Kamu harus memastikan jika memiliki skor kredit yang positif dengan melakukan pembayaran tagihan dari layanan pinjaman dengan tepat waktu. 

  1. Bunga Menjadi Semakin Besar

Bukan hanya blacklist OJK, nantinya bunga yang harus kamu bayarkan akan menjadi semakin besar. Bunga yang semakin besar ini menyebabkan penumpukan utang piutang nasabah. Pada akhirnya, kamu tetap memiliki hutang dan harus membayar bunga dalam jumlah yang besar.

Tidak membutuhkan waktu lama sampai jumlah pinjaman menjadi sangat besar bahkan mustahil dilunasi. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah mengajukan keringanan bunga serta memperpanjang tenor. 

Dengan cara ini, nominal cicilan menjadi lebih terjangkau serta mungkin bisa dilunasi. Berdasarkan aturan dari OJK, bunga serta denda keterlambatan yang dibebankan maksimal 0,8 persen per hari, sedangkan denda keterlambatan maksimal yang dikenakan adalah 100% dari pokok pinjaman. 

  1. Penagihan Pada Kerabat

Umumnya, ketika melakukan pengajuan pinjaman online, syarat yang harus dipenuhi pemohon adalah mencantumkan nomor telepon dan identitas kerabat dekat yang bisa dihubungi ketika kredit macet. 

Sehingga, jika pinjaman online yang kamu lakukan menunggak atau macet, kerabat yang kamu cantumkan akan dihubungi untuk menanyakan tanggungan pinjaman. Ini menjadi salah satu risiko, karena kerabat kamu mungkin akan terganggu dengan telepon terus menerus dari pihak penagihan. 

  1. Ditagih Oleh Debt Collector

Risiko lain ketika tidak bisa membayar pinjol resmi tenor panjang adalah berurusan dengan petugas debt collector. Umumnya,  layanan pinjol akan menyuruh dan meminta debt collector melakukan penagihan pada nasabah yang mempunyai masalah kredit macet. 

Pinjaman online resmi memang memiliki prosedur yang ketat dan teratur dalam menagih masyarakat yang mangkir. Prosedur tersebut bahkan diawasi oleh AFPI atau Asosiasi Fintech Pendanaan bersama Indonesia. 

Proses awal penagihan, kamu mungkin hanya diingatkan dengan SMS, telepon serta email, tetapi jika tidak kunjung melakukan pembayaran, tim penagihan akan melakukan penagihan. 

Nasabah akan dihampiri ke rumah, kantor dan lainnya. Tentu saja mereka yang menunggak pinjaman tidak akan leluasa untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. 

Lebih-lebih jika penagihan dilakukan di kantor dan diketahui oleh karyawan lain. Selain mengganggu operasional kantor, hal ini akan membuatmu malu bukan? 

  1. Adanya Sanksi Hukuman

Di dalam Pasal 19 ayat 2 UU No 39 Tahun 1999 mengenai HAM, memang sudah dijelaskan jika terdapat jaminan seseorang tidak bisa dipidana penjara karena tidak bisa memenuhi kewajiban dalam utang. 

Tetapi, jangan salah! Pihak penyelenggara pinjaman online bisa membawa kasus kredit macet ini pada hukum perdata. Hal ini akan menyulitkanmu karena harus hadir dalam persidangan gugatan piutang yang sangat panjang. 

  1. Pikiran Menjadi Tidak Tenang

Ketika memiliki hutang, dan terus menerus bertambah dalam jumlah yang besar, tentu pikiran akan menjadi tidak tenang. Kamu akan terus menerus dihantui dengan jumlah hutang yang harus kamu tanggung. 

Hal ini masih diperparah dengan telepon dari debt collector serta kerabat yang terus menerus ditagih oleh debt collector. Dengan sejumlah risiko ini, apakah kamu masih yakin untuk mengajukan pinjaman online? 

Adakah Solusi Selain Menggunakan Pinjol? 

Sebenarnya, dalam mengembangkan bisnis atau membiayai biaya operasional yang dimiliki, UMKM bukan hanya bisa mengandalkan pinjaman resmi. UMKM dapat menggunakan invoice financing dibandingkan dengan menggunakan pinjaman resmi untuk mendapatkan modal. 

Invoice financing merupakan pinjaman modal yang ditujukan untuk UMKM atau UKM berkembang yang mempunyai hubungan bisnis dengan perusahaan besar. Untuk mengajukan invoice financing, kamu hanya perlu menggunakan e-invoice, sehingga invoice bisnismu bisa tertata lebih rapi, dan peluang untuk memperoleh suntikan dana dari invoice financing menjadi semakin besar. 

Bila kamu masih bingung cara membuat e-invoice yang tepat agar invoice financing disetujui, Sahabat Bisnis bisa menjadi jawaban untukmu. Invoice Financing merupakan salah satu fitur yang dimiliki Sahabat Bisnis ketika kamu menggunakan e-invoice.

Baca Juga: Mengenal Pinjaman UMKM: Invoice Financing.

Sehingga, setelah kamu menggunakan e-invoice dari Sahabat Bisnis, history e-invoice inilah yang menjadi dasar apakah kamu dapat mengajukan invoice financing. 

Dibandingkan dengan mengajukan pinjol resmi tenor panjang yang penuh dengan risiko, lebih baik beralih menggunakan invoice financing bukan? Jadi, tunggu apalagi? Yuk, beralih ke e-invoice. 

pinjol resmi tenor panjang
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here