spot_img
spot_img
HomeE-InvoicingHindari Jebakan Pinjaman Online Bunga Rendah Tenor Panjang

Hindari Jebakan Pinjaman Online Bunga Rendah Tenor Panjang

Beberapa waktu belakangan ini, mungkin kamu sering mendapati orang yang resah karena petugas pinjaman online yang memaksa serta mengancam akan menyebarkan sejumlah data pribadi nasabahnya. Tentu saja ini menjadi salah satu jebakan pinjaman online bunga rendah tenor panjang yang harus kamu waspadai

Masyarakat tidak henti-hentinya terus diingatkan agar waspada dalam memilih pinjaman online yang tepat. Karena, tidak sedikit pinjaman online yang illegal. 

Modus Jebakan Pinjaman Online Bunga Rendah Tenor Panjang

Berikut sejumlah modus yang dilakukan oleh pinjaman online yang harus kamu waspadai, seperti:

  1. Fee Sangat Tinggi

Ketika melakukan pengajuan pinjaman, dan disetujui nantinya sebagai nasabah, kamu akan dibebankan sejumlah fee. Umumnya fee yang dibebankan hanya 7% dari total pinjaman yang diajukan. 

Tetapi, tidak sedikit pinjaman illegal yang menjebak nasabahnya dengan fee yang tinggi. Bahkan, fee yang harus dibayar bisa mencapai 40% dari besarnya jumlah pinjaman dan dipotong langsung. 

Sehingga, ketika kamu ingin mengajukan pinjaman untuk bisnis kamu sebesar Rp10 juta, jumlah pinjaman yang akan kamu terima hanya Rp6 juta hingga Rp8 juta saja, tetapi kamu harus membayar pokok hutang sebesar Rp10 juta. 

  1. Tipuan Bunga Rendah

Umumnya, pinjaman online bunga rendah tenor panjang memang memberikan tawaran bunga rendah. Tetapi, jika dihitung-hitung kembali, bunga yang harus dibayarkan akan tetap tinggi. Contohnya, bunga yang diberikan sebesar 1% hingga 4% per hari. 

Sehingga, bila kamu meminjam Rp5 juta, kamu akan dibebankan biaya sebesar Rp5 ribu hingga Rp20 ribu sehari, tentu saja jika di total, jumlah ini akan menjadi sangat banyak. 

Ditambah, suku bunga yang dibebankan ini biasanya tidak tertulis dengan jelas dalam perjanjian. Sehingga, nasabah langsung ditagih dengan jumlah yang fantastis. 

Baca juga: Modal UMKM: Pinjaman Online Tenor Panjang atau Pendek?

  1. Biaya Denda yang Besar

Bukan hanya bunga. Denda yang diberikan juga begitu besar dan sangat memberatkan. Saat terlambat melakukan pembayaran cicilan selama 1 hari, denda yang dibebankan bisa mencapai 10% dari pokok pinjaman. 

Ketika kamu meminjam Rp20 juta, biaya denda yang dibebankan kepada kamu bisa mencapai Rp2 juta, padahal kamu hanya melakukan keterlambatan selama satu hari.

  1. Jangka Waktu yang Singkat

Jebakan lain yang biasanya diberikan adalah jangka waktu yang sangat singkat. Umumnya, jangka waktu yang diberikan oleh layanan pinjaman online hanya dalam hitungan bulan, contohnya maksimal hanya 2 bulan. 

Sayangnya, meskipun mengatakan jika tenor yang diberikan selama 2 bulan, pada akhirnya mereka hanya memberikan tenor selama 2 minggu. Bagi UMKM yang menggunakan pinjaman online sebagai solusi modal operasional, tentu akan kelabakan ketika mendapatkan telepon penagihan tersebut. 

  1. Meminta Izin Akses Data

Umumnya, ketika nasabah ingin melakukan pengajuan pinjaman, pinjaman online akan meminta izin untuk mengakses data serta kontak yang berada di handphone. Sebenarnya, apa tujuan mereka meminta akses data tersebut? 

Akses data tersebut digunakan untuk mengintimidasi peminjam ketika gagal bayar. Bahkan, akses data yang harus diberikan ini bukan hanya dari data kontak, ponsel dan kamera, tetapi juga lokasi handphone. 

  1. Membuat Grup di Aplikasi Chatting

Petugas dari pinjaman online akan melakukan sejumlah penagihan yang tidak beretika seperti terror, intimidasi hingga pelecehan dengan membuat grup dari semua kontak yang berada di ponsel. 

  1. Tidak Mempunyai Layanan Pengaduan

Jebakan lainnya adalah pinjaman online khususnya pinjaman illegal tidak mempunyai layanan pengaduan. Sehingga OJK serta AFPI tidak bisa menangani pengaduan konsumen yang menggunakan pinjaman online illegal. 

Lantas, bagaimana cara mengadukan pinjaman online illegal ini? Pinjaman online illegal hanya bisa diadukan pada Satgas Waspada Investasi atau mengadukannya ke polisi. 

Ketika melakukan pengaduan, kamu masih harus menunggu proses pengaduan diproses. Selama menunggu pengaduan yang kamu lakukan diproses, kamu harus bersabar karena terus menerus diteror oleh pinjaman online illegal, bahkan bunga yang terus menumpuk setiap harinya. 

Cara Atasi Jebakan Pinjaman Online Bunga Rendah Tenor Panjang

Jebakan pinjaman online memang begitu banyak, jika tidak berhati-hati dalam melakukan pengajuan, kamu bisa terjebak ke dalamnya dan berakhir pada terganggunya operasional bisnis yang sedang kamu jalankan. 

Bila membutuhkan suntikan dana, sebenarnya kamu bukan hanya dapat mengajukan pinjaman online. Agar tidak terjebak masalah seperti ini, kamu bisa menghindarinya dengan menggunakan invoice financing. 

Invoice financing sendiri merupakan pembiayaan tagihan yang  bertujuan untuk mendanai operasional bisnis seperti membayar gaji tenaga kerja, membayar biaya listrik dan lainnya. 

Baca Juga: Mengenal Pinjaman UMKM: Invoice Financing.

Jaminan dari pinjaman tersebut adalah tagihan yang kamu miliki ke klien. Sehingga, kamu akan menjaminkan invoice tagihan atas barang atau jasa dan kamu berikan pada lender untuk mencairkan. 

Besarnya jumlah pinjaman yang bisa kamu peroleh beragam, mulai dari 70% hingga 90%, selain itu kamu tidak perlu takut jika klien akan mengetahui bila invoice mereka dijaminkan, karena kamu tidak memiliki kewajiban untuk memberitahu pihak klien. 

Untuk mengajukan invoice financing, salah satu syarat yang harus kamu penuhi adalah invoice yang terstandar dan  rapi, sehingga lender akan percaya jika invoice tersebut benar-benar asli dan dana yang diajukan digunakan untuk operasional bisnis. 

Bila kamu bingung membuat e-invoice yang resmi serta disetujui oleh pihak lender, Sahabat Bisnis bisa menjadi solusimu. Sahabat bisnis memiliki layanan e-invoice, sehingga kamu bisa membuat invoice yang terstruktur dengan mudah. 

Bukan hanya itu, setelah menggunakan e-invoice dari Sahabat Bisnis, Anda juga bisa mengajukan Invoice Financing di sini. Jadi, tidak perlu mencari pinjaman online bunga rendah tenor panjang lagi bukan? Cukup gunakan layanan dari Sahabat Bisnis, membuat einvoice dan mendapatkan Invoice Financing bisa semudah itu.

Klik gambar di bawah ini untuk Coba Gratis E-Invoice nya Sekarang!

pinjaman online bunga rendah
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here