spot_img
spot_img
HomeLainnyaTips BisnisIde Bisnis Usaha Modal Kecil yang Pasti Cuan

Ide Bisnis Usaha Modal Kecil yang Pasti Cuan

Sekarang ini membuat bisnis merupakan hal yang tidak asing, karena banyak orang yang berbondong-bondong mencobanya. Dalam memulai bisnis, pada dasarnya tidak harus dimulai dengan modal yang besar, sebab usaha modal kecil pun bisa! 

Bahkan, membuka usaha dengan menggunakan modal yang kecil ini dapat dilakukan oleh mereka yang sudah memiliki pekerjaan. Lantas, apa saja usaha yang dapat dijadikan sebagai pilihan? 

Referensi Usaha Modal Kecil yang Pasti Cuan

Bila kamu bingung mencari ide usaha yang menjanjikan, lebih baik temukan referensi terlebih dahulu. Nah, berikut ini bisa kamu jadikan inspirasi!

  1. Bisnis Laundry

Salah satu bisnis yang menarik untuk dicoba adalah bisnis laundry. Seperti yang diketahui, sekarang ini kita berada di zaman yang praktis. Lebih-lebih jika kamu tinggal di lokasi yang dekat dengan perkantoran atau kampus. 

Bisnis laundry bisa menjadi peluang yang menguntungkan. Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini tidak begitu besar karena kamu hanya membutuhkan mesin cuci tabung, pengering, dan setrika. 

Sedangkan, untuk operasionalnya, kamu hanya membutuhkan pewangi dan sabun cuci. Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini kurang dari Rp5 juta. 

  1. Jasa Les Privat

Bisnis dengan modal kecil lainnya adalah jasa les privat. Untuk memulai bisnis ini, kamu hanya membutuhkan penguasaan materi yang luas serta teknik mengajar sehingga murid bisa memahami semua materi yang diajarkan. 

  1. Bisnis Catering

Bila kamu memiliki hobi memasak, sepertinya bisnis ini akan sayang dilewatkan. Kamu bisa mencoba bisnis catering secara kecil-kecilan di rumah. 

Kemudian, kamu bisa meminta bantuan seluruh anggota keluarga untuk operasional bisnis. Jangan lupa, promosikan bisnis ini di media sosial agar banyak orang mengetahuinya!

  1. Dropshipper

Pilihan usaha modal kecil lainnya adalah dropshipper. Dengan menjalankan bisnis ini, kamu dapat berjualan tanpa membutuhkan banyak modal. 

Kamu hanya perlu menjual barang milik supplier, kemudian mempromosikannya di marketplace atau media sosial. Saat ada calon pembeli, kamu bisa mengkonfirmasikan ke supplier sehingga barangnya dikirimkan. 

Agar dapat menjalankan bisnis ini, kamu harus memperhatikan tempat untuk membeli barang, karena tidak semua toko memiliki sistem dropship. Agar lebih mudah, kamu dapat bergabung pada platform khusus yang memiliki layanan dropship. 

  1. Bisnis Frozen Food

Sekarang ini banyak konsumen yang lebih memilih makanan yang praktis dan dapat disimpan di dalam kulkas. Karena alasan inilah bisnis frozen food banyak diburu. 

Sejumlah frozen food yang laku di pasaran adalah french fries, nugget, dimsum, dan lainnya. Bukan hanya itu, kamu juga dapat menjual sejumlah makanan beku lain sebagai variasinya seperti es krim dan sejenisnya. 

Agar memperoleh stok barang, lakukan kerjasama dengan supplier. Modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis ini bergantung dari besarnya bisnis yang kamu bangun. 

  1. Thrift Shop

Sekarang bisnis thrift shop juga sangat diminati. Thrift shop merupakan bisnis jual beli baju bekas yang layak pakai. 

Bisnis ini sering menjadi pilihan pengusaha muda karena tidak membutuhkan banyak modal. Bisnis ini dapat dilakukan di media sosial serta marketplace tetrentu. 

Baca juga: 6 Cara Bisnis Online Modal Kecil di E-commerce

Tips Mengembangkan Bisnis Agar Sukses

Meskipun bisnis ini dapat dilakukan oleh siapa saja, sayangnya tidak sedikit orang yang belum berani untuk memulai karena takut dengan risiko kegagalan yang akan mereka hadapi. Agar dapat memulai usaha ini dengan baik, berikut sejumlah tipsnya, antara lain:

  1. Tentukan Jenis Usaha yang Akan Kamu Pilih

Saat berada di tahap awal, lebih baik kamu menentukan terlebih dahulu apa usaha yang akan kamu pilih, atau sesuai dengan keinginan. Kamu dapat memulai usaha yang sederhana, dengan jumlah modal tidak begitu besar. 

  1. Lakukan Riset Pasar

Jangan salah, meskipun sebuah usaha modal kecil, tetapi riset pasar menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan. Kamu juga harus menentukan bagaimana cara mengelola bisnis ini secara maksimal dengan kondisi yang ada. 

Berbagai informasi penting tersebut didapatkan dari riset pasar. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan melewatkan riset pasar hanya karena menganggap ini merupakan bisnis kecil. 

  1. Hitung Jumlah Modal

Meskipun modal yang nantinya kamu keluarkan tidak begitu besar, tetapi kamu harus tetap menghitung berapa modal yang dibutuhkan. Langkah ini dilakukan agar modal dapat ditekan tetapi keuntungan yang didapatkan tetap maksimal. 

Bila tidak memiliki cukup modal untuk membuka usaha, kamu bisa menggunakan pinjaman yang marak ditawarkan. Dengan demikian, usaha bisa berjalan maksimal sesuai dengan harapan. 

  1. Tentukan Lokasi Usaha

Umumnya, biaya bisnis yang paling besar saat membuka usaha adalah masalah lokasi. Karena sewa tempat untuk usaha sekarang ini sangat besar. Oleh sebab itu, bila kamu tidak memiliki modal yang cukup untuk menyewa tempat, kamu bisa memilih lokasi di rumah. 

  1. Andalkan Seluruh Kemampuan

Saat memulai bisnis, kamu juga harus mengandalkan kemampuan. Contohnya, bila kamu pandai memasak, kamu dapat membuka jasa catering. Tidak perlu malu menggunakan keahlian serta keterampilan yang dimiliki. 

Baca juga: 8 Cara Cepat Kembangkan Bisnis dengan Metode Growth Hacking

  1. Gunakan Peralatan yang Masih Layak

Agar budget tidak membengkak, kamu bisa menggunakan peralatan atau barang yang sudah ada. Karena tidak perlu membeli sejumlah barang tambahan, modal usaha bisa lebih ditekan. 

Sebagai pebisnis, seluruh elemen yang ada di dalam bisnis harus diperhatikan dengan baik, termasuk operasional. Meskipun masih berskala kecil, kamu dapat menggunakan invoice digital. 

Dengan menggunakan invoice digital, operasional bisnis akan berjalan lebih efektif dan cepat!

Salah satu invoice digital yang bisa dijadikan sebagai pilihan adalah Sahabat Bisnis. Bersama dengan Sahabat Bisnis, Anda dapat menjalankan usaha modal kecil ini secara maksimal. 

spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here