spot_img
spot_img
HomeLainnyaTips BisnisInilah 10 Tips Cerdas Wajib Pajak UMKM

Inilah 10 Tips Cerdas Wajib Pajak UMKM

Setiap bisnis atau UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) memiliki berbagai hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah pajak. Pajak UMKM wajib dibayarkan setiap tahunnya. Sesuai dengan besaran pendapatan dan beberapa syarat yang sudah diatur dalam perundang-undangan di Indonesia. 

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam mempersiapkan dokumen wajib pajak untuk UMKM dan beberapa tips untuk menekan jumlah pajak yang kamu keluarkan setiap tahunnya. Berikut informasinya. 

Tips Persiapan Wajib Pajak UMKM

Berikut merupakan informasi mengenai beberapa hal yang perlu kamu lakukan guna mempersiapkan pajak UMKM atau bisnis kecilmu . Perlu diperhatikan bahwa dalam mempersiapkan dokumen pajak kamu perlu teliti dan benar-benar meluangkan waktu untuk mempersiapkannya. Berikut tipsnya:

  1. Catat dan Kategorikan Setiap Transaksi Bisnis Dari Tahun Pelaporan Pajak kamu

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencatat dan mengkategorikan semua transaksi pada bisnismu. Mungkin ini akan berat dan memakan waktu yang lama. kamu harus kembali lagi ke awal tahun untuk melakukan pencatatan. 

kamu bisa menggunakan software akuntansi atau Excel agar pengkategorian serta pencatatan lebih rapi dan tersimpan dengan baik. Catat semua jumlahnya, tanggalnya, kategorinya, hingga deskripsi singkat untuk apa transaksi tersebut. 

  1. Rekonsiliasi Bukumu dengan Rekening Bank Milikmu

Setelah melakukan pencatatan transaksi, sekarang adalah waktunya untuk mencocokkan antara transaksi yang sudah kamu tulis dengan yang ada di buku tabunganmu. Jika ada perbedaan, segera cek ulang atau periksa ke bank. 

Rekonsiliasi dibutuhkan agar pencatatan keuangan pada bisnis kamu rigid dan tepat. Hal ini akan membantu kamu dalam pengurusan wajib pajak pada bisnis kecilmu. Biasakanlah setiap transaksi kamu harus melakukan cross check ulang hingga jumlahnya pas dan tepat. 

  1. Buatlah Laporan Keuangan

Mulailah untuk membuat laporan keuangan pada bisnismu. Laporan keuangan ini akan berisi juga tentang laba dan rugi. Hal ini digunakan sebagai informasi untuk pengembalian pajak. 

Baca Juga:

  1. Kumpulkan Kwitansi dan Invoicemu

Hal ini sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya kwitansi dan invoice juga dibutuhkan dalam dokumen untuk mengurus pajak UMKM. kamu perlu menyimpan atau mengarsipkan dengan rapi setiap kwitansi dan invoice yang masuk atau keluar. 

Setiap transaksi berupa pemasukan, pengeluaran, tagihan, hutang piutang, hingga akun vendor perlu untuk diarsipkan guna melengkapi dokumen wajib pajak bisnismu. 

Baca juga: Intip Contoh Invoice Penjualan, Pembayaran, dan Tagihan Yuk!

  1. Ajukan Formulir Pajak Untuk Kontraktor dan Karyawan

Jika kamu memiliki karyawan dan kontraktor pada bisnismu, maka kamu perlu mengajukan permohonan pajak untuk mereka. kamu perlu mengisi formulir berisi data data karyawanmu. Siapkan, agar dokumen pajakmu lengkap dan siap untuk dikirimkan. 

Cara Menekan Jumlah Pajak untuk UMKM

Setiap bisnis pasti menginginkan agar pajak yang dibayarkan setiap tahunnya tidak terlalu besar agar dana yang ada bisa dipakai untuk kebutuhan yang lainnya. Meskipun jumlah pajak yang dibayar sudah ditentukan sesuai dengan besaran pendapatan masing-masing bisnis, tapi kamu bisa menekan jumlahnya dengan melakukan hal-hal berikut: 

  • Mendanai Rencana Pensiun

Kamu perlu sedini mungkin untuk menyiapkan dana pensiun diri sendiri maupun karyawanmu. Dengan begitu kamu akan menghemat uang untuk pajak. Pastikan bisnis kamu memenuhi syarat sehingga hal tersebut dapat menghemat pengeluaran pajak untuk UMKM milikmu. 

Jika perlu kamu sebaiknya membicarakan hal ini dengan ahli keuangan guna merencanakan program pensiun yang tepat untuk kamu dan karyawanmu. Sehingga penghematan biaya pajak ini berguna untuk cashflow bisnis

  • Ambil Kredit Pajak untuk Menurunkan Pendapatan Bisnismu

Kredit pajak merupakan cara pemerintah agar bisnismu bisa melakukan suatu kebaikan yang lebih besar. Misalnya saja, kamu akan mengambil kredit pajak untuk menerapkan bisnis yang ramah lingkungan, memberikan akses untuk karyawan disabilitas, menyediakan jaminan kesehatan, ataupun mempekerjakan lebih banyak karyawan. Dengan kredit pajak, bisnis kamu akan mengeluarkan lebih sedikit beban untuk pajak setiap tahunnya. 

Baca juga: Serba-Serbi Invoice Financing Sebagai Modal Usaha Mikro

  • Beli Peralatan dan Kendaraan untuk Pengurangan Penyusutan

Kamu dapat mengambil penghapusan pajak atas pembelian peralatan bisnis seperti mesin, kendaraan, atau bahkan real estate. Penghapusan ini biasanya dapat kamu ambil pada tahun pertama kamu memiliki dan menggunakan peralatan. 

Bicaralah dengan ahli pajak kamu jika kamu telah membeli aset utama untuk mengetahui apakah kamu memenuhi syarat.

  • Atur Waktu Pendapatan dan Pengeluaran Bisnis kamu

Jika kamu ingin menekan jumlah pajak tahunan kamu, maka ini saatnya untuk mengatur pendapatan dan pengeluaran bisnis atau UMKM kamu. kamu bisa memindahkan penghasilan kamu dari satu tahun ke tahun sebelum atau sesudahnya. 

Tentukanlah kapan kamu akan membayar pajak paling banyak, tinjau kembali pengeluaran kamu sebelum akhir tahun. kamu bisa membayar sebagian dimuka dari jumlah pengeluaran jika ingin mengurangi penghasilan di tahun yang sedang berjalan. 

Kamu juga dapat meningkatkan pengeluaran dan mengurangi pendapatan dengan menimbun persediaan di akhir tahun. Intinya adalah kamu bisa mengatur kapan ingin membayar lebih serta kapan kamu ingin membayar sedikit dengan memainkan pemasukan dan pengeluaran. 

  • Hapus Kredit Macet untuk Mengurangi Penghasilan

Kamu perlu mengecek ulang setiap tahunnya. Apabila ada hutang dari klien yang macet dan kamu anggap tidak mampu membayarnya, maka kamu perlu untuk menghapusnya agar penghasilan pajak kamu berkurang. Kredit macet juga bisa berupa pinjaman kepada klien, vendor atau karyawan yang tidak bisa melunasinya. 

Nah, itu tadi beberapa informasi tentang tips untuk mempersiapkan wajib pajak UMKM kamu. Kamu juga bisa mempersiapkan dokumen wajib pajak setiap tahunnya secara mudah dan cepat dengan Invoice Digital Sahabat Bisnis. Dengan Sahabat Bisnis kamu tidak perlu kerepotan dalam mengurus dokumen pajak. 

Nantikan juga, Invoice Digital Sahabat Bisnis juga akan memiliki fitur tambahan invoice financing sebagai pinjaman modal. 

Semoga bermanfaat, ya! 

Pajak UMKM
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here