Apakah kamu pernah mendengar tentang big data? Jika kamu adalah pelaku bisnis maka big data adalah hal yang seharusnya lumrah di telinga kamu. Namun, masih banyak yang belum menyadari tentang pentingnya big data khususnya untuk para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Padahal big data UMKM dapat digunakan untuk berbagai manfaat yang bisa meningkatkan daya jual UMKM tersebut.
Lantas apakah sebenarnya big data itu? Apa saja manfaat dan dari manakah sumber dari big data tersebut. Berikut penjelasannya.
Apa Itu Big Data UMKM dan Manfaatnya
Sebelum kita mengetahui tentang manfaat dari big data, sebaiknya kita harus mengetahui dulu apa itu big data yang sebenarnya.
Big data adalah suatu kumpulan data dalam volume yang sangat besar, baik terstruktur maupun tidak terstruktur. Data-data yang terhimpun ini kemudian akan di proses untuk kepentingan sebuah bisnis maupun hal yang lain.
Dalam UMKM, big data memiliki peranan penting dalam peningkatan bisnis. Meskipun biasanya big data digunakan pada bisnis bisnis skala besar, namun ternyata di era digital ini UMKM pun harus aware terhadap big data. Berbagai manfaat akan bisa dirasakan apabila memiliki data yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan.
Beberapa manfaat big data untuk UMKM adalah sebagai berikut:
- Peningkatan Profit
Ketika sebuah bisnis mampu mengumpulkan big data kemudian menganalisisnya untuk kepentingan bisnis, maka bisa dipastikan arah mereka akan jelas dan profit akan meningkat.
Misalnya saja, ketika suatu UMKM mampu menghimpun data tentang minat dan interest masyarakat terhadap suatu produk akhir-akhir ini, maka suatu bisnis akan melakukan inovasi sesuai dengan hasil analisis tersebut. Sehingga penjualanpun meningkat, begitu pula profitnya.
- Efisiensi Biaya
Beberapa UMKM memilih untuk menggunakan sistem coba-coba dalam menjalankan bisnisnya tanpa analisis yang mendalam. Hal ini tentu saja akan memakan biaya banyak yang belum tentu keberhasilannya.
Alhasil, anggaran bengkak dan bocor dimana-mana. Berbeda ketika suatu bisnis memanfaatkan big data yang ada.
Setiap langkah akan dianalisis sesuai dengan data dan fakta yang ada sehingga anggaran akan dialokasikan kepada kebutuhan yang tepat. Inilah yang membuat biaya operasional lebih efisien.
Baca juga: Keunggulan Sistem E-Invoicing. Invoice Barang Jadi Lebih Cepat!
- Performa yang Lebih Cepat
Dengan adanya big data dan hasil analisis terhadapnya, pekerjaan akan lebih terarah. Bisnis akan semakin jelas tujuannya. Dengan begitu tim kamu akan melakukan pekerjaan yang menjadi prioritas. Pekerjaan yang membuat lambat akan mudah untuk dieliminasi.
Tim kamu akan semakin solid, pekerjaan lebih efektif, dan sumber daya dapat dimanfaatkan lebih baik lagi. Kesejahteraan tim akan lebih terlihat karena mereka bekerja dengan lebih tenang dan menyenangkan.
Baca juga: Serba-Serbi Wajib Pajak UMKM 2022 dan Macam-Macamnya
- Meningkatnya Loyalitas
Karena target market yang jelas, dan sesuai dengan minat pasar, bisnis kamu akan mudah mendapatkan umpan balik dari para kostumer kamu. Mereka akan dengan mudah berbagi mendapatkan pengalamannya dalam mengkonsumsi produk kamu.
Berikanlah reward kepada mereka secara berkala dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Dengan big data, para pelanggan ini akan semakin loyal dan menjadi customer tetap produk kamu. Mereka akan menilai bahwa bisnis kamu selalu tau apa yang mereka inginkan.
Sumber Big Data UMKM
Big data dapat kamu temukan dalam berbagai sumber yang tersedia. Sumber ini memiliki data-data yang berkualitas dan tentunya bisa dipergunakan untuk meningkatkan performa bisnis kamu. Beberapa sumber dari big data UMKM tersebut adalah sebagai berikut:
- Internet
Salah satu sumber data yang besar adalah dari internet. Internet telah menyimpan berjuta-juta data dari para penggunanya. Hal ini dapat dipergunakan untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk bisnis UMKM.
Banyak orang tidak sadar bahwa setiap kali mereka berselancar di internet, maka internet secara otomatis akan merekam semua kegiatan di dalamnya. Data data inilah yang bisa digunakan untuk menentukan suatu strategi dalam UMKM.
- Smartphone
Smartphone sebagai alat yang kini paling sering digunakan oleh semua orang telah menyimpan berbagai data penggunanya. Apalagi jaringannya telah terhubung di internet.
Perilaku pengguna yang bisa diambil datanya dari smartphone adalah aplikasi apa sajakah yang ter-install di dalamnya. Ini akan berguna bagi para pelaku UMKM dalam menemukan interest konsumen.
- Media Sosial
Media sosial kini juga menjadi sumber big data yang sangat besar. Apalagi untuk para anak muda. Berbagai informasi bahkan dalam bentuk foto dan video banyak beredar secara gratis di media sosial.
Setiap kali seseorang memberikan komentar, menyukai postingan, membuat story, memperbarui foto profil, bahkan hanya dengan melihat postingan orang lain semua akan menjadi data yang bermanfaat untuk kepentingan bisnis.
- Digitalisasi
Zaman sekarang semua bentuk file dan data di digitalisasi dalam sebuah media. Data-data digital ini adalah data yang kasar, bukan data spesifik seperti nama, tempat tanggal lahir dan sebagainya.
Namun dengan data ini, suatu bisnis dapat melihat apa yang disukai oleh seseorang melalui file digital yang orang tersebut miliki, apa yang di-download, musik yang didengarkan, atau video yang sering di putar.
Nah, itu tadi beberapa informasi mengenai big data UMKM serta manfaat dan sumbernya. kamu juga bisa memakai Invoice Digital Sahabat Bisnis sebagai sumber big data. Sahabat Bisnis memiliki integrasi berbagai sumber data untuk keperluan UMKM kamu.
Nantikan juga, Invoice Digital Sahabat Bisnis juga akan memiliki fitur tambahan invoice financing sebagai pinjaman modal.
Semoga bermanfaat, ya!
