spot_img
spot_img
HomeLainnyaTips BisnisInilah 7 Cara Memulai Bisnis Franchise Makanan

Inilah 7 Cara Memulai Bisnis Franchise Makanan

Bisnis franchise makanan bisa menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin terjun dalam dunia wirausaha. Lebih-lebih, memulai bisnis franchise makanan bukan menjadi hal yang sulit. 

Beberapa waktu belakangan ini, bisnis yang menggunakan skema franchise memang lebih digemari. 

Franchise sendiri mempunyai arti kerjasama di bidang usaha dengan bentuk bagi hasil sesuai dengan kesepakatan. Bagi hasil ini mencakup hak kelola dan hak pemasaran.

Cara Memulai Bisnis Franchise Makanan

Sebelum terjun ke bisnis ini, lebih baik kamu memperhatikan sejumlah hal penting, seperti:

  1. Pilih Produk yang Memiliki Target Market Jelas

Ada begitu banyak franchise yang bisa kamu pilih, seperti franchise dengan harga murah, makanan enak dan yang lainnya. Namun, sebelum memilinnya pastikan kembali memilih franchise dengan produk yang jelas. 

Mengapa bisa demikian? Meskipun jenis makanan yang dijual terlihat menjanjikan, tetapi kamu harus melihat apakah ada orang yang ingin membelinya, selain itu apakah produk tersebut disukai orang? 

Kamu harus menyesuaikan rasa, harga, kualitas dan lainnya agar bisnis yang akan kamu jalani dapat menguntungkan. 

Biasanya, bisnis franchise makanan mempunyai sistem kontrak selama 2 tahun, sehingga jangan sampai uang yang kamu miliki terbuang sia-sia. 

  1. Makanan Tidak Musiman

Apakah kamu masih ingat trend es kepal milo beberapa tahun lalu? Trend ini memang begitu digemari, sehingga meningkatkan pemasukan dengan cepat. Trend musiman memang menjadi hal yang dapat menarik minat. 

Bila ingin memilih franchise makanan, lebih baik memilih franchise yang tidak musiman agar bisnis ini dapat bertahan hingga jangka panjang. Agar dapat memeriksanya, kamu dapat melihat skala penjualan mereka sebagai acuan. ‘

Jika mereka memiliki skala penjualan yang stabil serta dalam waktu lama, dapat dipastikan bila bisnis tersebut mempunyai daya beli yang bagus. Sehingga, kamu bisa mempertimbangkannya sebagai bisnis pilihan. 

Baca juga: Contoh Usaha Menengah yang Cocok untuk Pegawai Kantoran

  1. Riset Mengenai Brand yang Kamu Pilih

Cara memulai bisnis franchise makanan berikutnya adalah riset brand. Bukan hanya memilih mana produk yang tepat, tetapi kamu juga harus menentukan mana brand yang sesuai. 

Contohnya, kamu sudah memutuskan ingin memilih burger, tetapi sekarang banyak franchise yang menjual makanan ini. 

Kamu bisa membandingkan satu franchise dengan yang lainnya. kemudian, lihat mana bisnis yang paling menguntungkan serta memiliki sistem kerjasama yang jelas. Bukan hanya itu, pilih brand yang memiliki reputasi yang baik. 

  1. Jangan Sepelekan Masalah Legalitas

Sebenarnya, masalah legalitas memang menjadi hal yang teknikal. Namun juga tidak kalah penting dari tahapan sebelumnya. 

Kamu harus membaca dan melihat dengan baik poin kontrak kerjasama yang akan kamu setujui. Cermati dengan baik serta jangan ragu bertanya hal yang menurutmu cukup memberatkan. 

  1. Atur Promosi

Ketika menjalankan bisnis franchise, kamu sudah memperoleh sejumlah hal dari franchisor seperti fasilitas promosi. Tetapi, bukan berarti kamu tidak perlu menyusun strategi dengan baik. 

Mengapa menyusun strategi promosi tetap dianggap sebagai hal yang penting? Dengan menyusun strategi promosi, bisnis yang kamu jalankan akan semakin diminati banyak orang. 

Ada berbagai promosi yang dapat dilakukan seperti menggunakan media sosial, atau menggunakan iklan digital. 

  1. Sesuaikan dengan Budget yang Kamu Miliki

Ketika memilih franchise makanan, kamu harus menyesuaikannya dengan anggaran yang ada. Banyak franchise makanan yang terkenal dan memiliki putaran keuntungan menggiurkan. Tapi, tentu saja franchise tersebut mempunyai harga yang tinggi. 

Sebenarnya tidak ada salahnya kamu memilih jenis franchise seperti itu, tetapi kamu harus mempertimbangkan kembali mengenai sistem kerjasama. SOP, konsep bisnis dan yang lainnya. 

Keuntungan Bisnis Franchise Makanan

Memulai bisnis franchise makanan tentu saja mampu memberikan sejumlah keuntungan, seperti:

  1. Perkembangan Bisnis yang Cepat

Di Indonesia, bisnis makanan menjadi investasi yang baik untuk dicoba jika kamu memiliki keinginan berkarir sebagai pengusaha. 

Dengan memilih bisnis ini sebagai usaha awal, kamu tidak harus memusingkan berbagai macam hal seperti strategi bisnis. Mengapa bisa demikian?

Hal ini disebabkan karena mulai dari operasi bisnis, perencanaan hingga strategi bisnis sudah ditentukan oleh franchisor atau pemilik bisnis. Sehingga, kamu hanya perlu menjalankan operasional sesuai dengan prosedur bisnis. 

  1. Minim Branding

Bukan hanya memiliki perkembangan yang cepat, bisnis franchise juga minim branding. Umumnya, bisnis franchise mempunyai branding yang kuat di tengah masyarakat, oleh sebab itu bisnis mudah dikenal dan sering menjadi pilihan favorit konsumen. 

Dengan begitu minimnya kebutuhan promosi, kamu bisa menghemat anggaran yang cukup besar. 

Selain itu, kamu juga bisa memaksimalkan kebutuhan lainnya terkait pengembangan bisnis agar bisnis lebih mudah berkembang. 

  1. Mempunyai Rekan yang Profesional

Bila kamu membeli hak pengelolaan bisnis franchise ini, nantinya pemilik bisnis akan secara otomatis menjadi rekan bisnis. 

Mempunyai rekan bisnis berpengalaman serta professional tentu menjadi keuntungan yang dapat diraih ketika menjalankan bisnis ini. 

Bersama dengan pemilik bisnis sebagai rekan kerja, sistem operasi dalam pengembangan bisnis umumnya sudah disediakan. Kamu hanya perlu fokus menjalankan bisnis franchise yang dibeli agar mendapatkan keuntungan dan pengembangan bisnis yang kuat dan stabil. 

Selama menjalankan bisnis franchise, kamu juga bisa memperhatikan pengetahuan mengenai bisnis tersebut dengan lebih lebar lagi. 

Saat sudah memulai bisnis franchise makanan, pastikan pembukuan yang kamu lakukan juga diatur dengan baik. Agar lebih mudah mengatur pembuatan invoice digital, Sahabat Bisnis dapat dijadikan sebagai pilihan yang memudahkan bisnismu.

Dengan menggunakan invoice digital, pencatatan tagihan bisa dilakukan dengan efisien, kamu juga dapat mengirimkannya ke mitra usaha secara instan. Gunakan Sahabat Bisnis sekarang juga. 

spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here