spot_img
spot_img
HomeLainnyaTips BisnisInilah Cara Daftar UKM Online Secara Mudah

Inilah Cara Daftar UKM Online Secara Mudah

UKM dan UMKM barang tentu sudah sangat familiar dalam telinga, namun banyak yang masih bingung dengan perbedaan keduanya. Kepanjangan dari UKM adalah jenis Usaha Kecil Menengah sedang UMKM adalah usaha Mikro Kecil dan Menengah, namun keduanya memiliki persamaan dalam makna. 

Pemerintah saat ini fokus mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan telah bersepakat untuk melindungi, sebab UMKM menjadi salah satu kekuatan dalam ketahanan ekonomi Indonesia. 

Pentingnya perlindungan merek bagi pelaku UMKM adalah dengan kemampuan para pemilik UMKM dalam mengelola dan mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI), hal ini akan menjadi suatu kekuatan produk dan menjadi branding di mata masyarakat. Maka penting sekali bagi para pelaku usaha untuk tahu cara daftar UKM online.

Dengan adanya merek yang didaftarkan, UMKM barang tentu mendapatkan perlindungan hukum pun manfaat lainnya, seperti memberikan kekuatan pada produk dan kekuatan saat bernegosiasi serta  peningkatan dari segi pangsa pasar dan berdampak pada image yang baik. 

Bagi merek dagang UMKM yang terdaftar, ia mendapatkan perlindungan hukum untuk jangka waktu 10 tahun sejak tanggal penerimaan. Dan jangka waktu perlindungan tersebut dapat diperpanjang oleh pemilik UMKM untuk jangka waktu yang sama. 

UMKM dengan skala bisnis yang kecil ini mampu memberikan peranan dan penopang yang signifikan terhadap perekonomian bangsa Indonesia. Salah satu dari banyaknya keunggulan utama yang dimiliki oleh UMKM adalah kemudahannya mengimplementasikan dan mengadopsi teknologi baru dalam bisnis dan inovasi. 

Ada Tiga Peran Unggulan Dari Kontribusi UMKM Terhadap Perekonomian Indonesia

  1. Menjadi Sumber Pemerataan Tingkat Perekonomian Rakyat Kecil

Hal ini disebabkan UMKM bisa berada di berbagai tempat. UMKM bahkan menjadi sarana yang menjangkau daerah pelosok sehingga masyarakat tidak perlu ke kota untuk mendapatkan penghidupan yang layak.

  1. Wadah Pengentasan Kemiskinan

UMKM mampu memberikan peluang tenaga kerja dengan angka yang cukup tinggi bagi masyarakat sekitar bahkan luar. 

  1. Penyumbang Devisa Negara

UMKM mampu memberikan pemasukan bagi devisa negara dikarenakan pasarnya yang tidak hanya menjangkau lokal melainkan hingga global. 

Dengan aneka rupa keuntungan yang didapatkan, mulai dari perlindungan untuk melakukan operasi di tempat tertentu, akses permodalan yang mudah, dapat layanan akses program/keringanan prosedur bahkan keuntungan diskon biaya pelayanan perizinan dari pihak pemerintah, pemilik usaha UMKM pun bisa mendapatkan bantuan modal dari pemerintah, dengan catatan: “Ketika pemilik UMKM mendaftarkan merek dagangnya.”

Berikut persyaratan mudah yang harus disiapkan ketika hendak mendaftarkan merek UMKM, bahkan kemudahan persyaratan kali ini sudah bisa di manapun dan kapanpun berbasis online. Dengan cara daftar UKM Online, kamu tidak perlu dipersulit karena bisa dilakukan dimanapun.

Syarat-Syarat Daftar UKM Online

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk) 

Seseorang yang hendak mendirikan UMKM wajib memiliki KTP sebagai syarat yang diperlukan. Menyertakan KTP berarti menunjukkan bahwa orang tersebut merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).

  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) 

NPWP menjadi syarat selanjutnya, sebab digunakan untuk mengidentifikasi kedisiplinan pembayaran pajak ke negara bagi setiap masyarakat yang akan dicek oleh petugas pajak. Namun jika belum memiliki NPWP, bersegeralah untuk mendaftarkan diri ke kantor pajak terdekat atau via online. 

  • Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU)

Surat keterangan ini amat penting dan diperlukan dalam mendirikan UMKM, karena SKDU digunakan untuk memproses dokumen-dokumen lain seperti Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), NPWP, dan sejumlah surat pendukung lainnya. Kelurahan atau kecamatan di mana lokasi usaha kamu didirikan inilah yang akan menerbitkan SKDU

  • Nomor Induk Berusaha (NIB).

Mendapatkan NIB dengan cara melakukan pendaftaran melalui OSS/Online Single Submission. OSS ditujukan untuk seluruh perusahaan baik UMKM atau non UMKM yang hendak mengajukan izin usaha di Indonesia. 

Cara Daftar UKM Online

Setelah paham dengan berbagai persyaratan dokumen yang harus dipenuhi, pemilik UMKM bisa melakukan langkah-langkah berikut untuk mendaftarkan UMKM secara online. Ada sedikit perbedaan ketika mendaftarkan UMKM bagi usaha mikro dan kecil (UMK) dan non-UMK. Langkah mendaftarkan UMKM Online di Situs BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal).

Cara Daftar UKM Online bagi UMKM

  • Membuka situs https://oss.go.id/.
  • Klik tombol “Masuk” yang terdapat di pojok kanan atas layar.
  • Memasukkan username, password, dan captcha yang muncul di layar. Jika sudah meng-klik tombol masuk.
  • Selanjutnya, klik menu “Perizinan Berusaha” lalu pilihlah “Permohonan Baru”.
  • Langkah berikutnya, lengkapi data-data yang dibutuhkan seperti data pelaku usaha, data bidang usaha, data detail bidang usaha, dan data produk atau jasa bidang usaha. 
  • Setelah itu, cek kembali daftar produk atau jasa, data usaha, daftar kegiatan usaha, serta periksa dan lengkapilah dokumen perijinan terkait (KBLI/Bidang Usaha Tertentu).
  • Jika sudah, pahamilah dengan teliti, kemudian centang Pernyataan Mandiri.
  • Periksalah Draf Perizinan Berusaha.
  • Jika sudah selesai, kini hanya perlu menunggu Perizinan Berusaha terbit.

Cara Daftar UKM Online bagi non-UMK

  • Membuka situs https://oss.go.id/.
  • Klik tombol “Masuk” yang terdapat di pojok kanan atas layar.
  • Memasukkan username, password, dan captcha yang muncul di layar. Jika sudah klik tombol masuk.
  • Selanjutnya, klik menu “Perizinan Berusaha” lalu pilihlah “Permohonan Baru”.
  • Langkah berikutnya, lengkapi sejumlah data yang diperlukan seperti jenis pelaku usaha, data pelaku atau bidang usaha, data detail bidang usaha, dan data produk atau jasa bidang usaha.
  • Setelah itu, mohon periksalah dengan teliti daftar produk atau jasa, data usaha, daftar kegiatan usaha, serta periksa dan lengkapilah Dokumen Persetujuan Lingkungan (KBLI/Bidang Usaha Tertentu).
  • Jika sudah, pahami dengan benar dan centang Pernyataan Mandiri.
  • Periksa Draf Perizinan Berusaha.
  • Jika sudah selesai, kini hanya perlu menunggu Perizinan Berusaha terbit.

Manfaat Daftar UMKM Online

  1. Biaya Pendanaan untuk Bisnis

Dengan mendaftar UMKM Online, kamu bisa mendapatkan biaya pendanaan berbentuk hutang/modal kerja yang menjadi syarat penting untuk sbeuah bisnis. Untuk usaha yang tidak mendaftarkan usahanya  tidak mungkin bisa baginya mendapatkan dana dari bank atau investor. 

Oleh karenanya, sebagian besar bank dan lembaga keuangan lebih yakin untuk meminjamkan kepada badan usaha yang sudah terdaftar atau legal. Maka,  usahakan  untuk mendaftarkan bisnis usaha UKM/UMKM kamu untuk memungkinan peningkatan kekuatan modal melalui kebutuhan biaya pendanaan. 

Baca juga: Serba-Serbi Wajib Pajak UMKM 2022 dan Macam-Macamnya

  1. Mampu Memenuhi Kriteria Pembeli

Salah satu kriteria bisnis besar dalam mencari rekanan adalah dengan memilih berbisnis dengan badan usaha yang sudah terdaftar  atau legal daripada badan usaha yang belum bahkan tidak terdaftar. Oleh karenanya, penting sekali bagi pemilik usaha mendaftarkan bisnisnya agar dapat memenuhi kriteria pembeli. Karena para bisnis besar ini tentu sangat selektif dalam memilih pemasoknya. 

  1. Adanya Kredibilitas Bisnis

Jika sebuah bisnis telah mendaftarkan usahanya dan kini sudah  legal secara hukum, maka bisnis tersebut akan memiliki kesan yang positif bagi investor, sehingga pelaku usaha akan lebih mudah untuk mengumpulkan modal bisnis yang mereka butuhkan. 

Disamping itu, dalam hal-hal tertentu yang menjadi anggapan bahwa bisnis yang telah terdaftar lebih berkualitas dan memiliki kredibilitas dalam memberi layanan daripada bisnis yang belum bahkan tidak terdaftar secara hukum alias ilegal.

  1. Mendapatkan Karyawan Terampil

Mendaftarkan bisnis secara legal memungkinkan mendapatkan karyawan yang terampil. Para pencari kerja akan merasa aman jika bekerja di sebuah perusahaan yang terdaftar. Hal tersebut semakin menegaskan pentingnya mendaftarkan UMKM secara online. 

Itulah cara daftar ukm online, keunggulan serta manfaat mendaftar ukm online. Dengan berbagai kemudahan dan keuntungan ketika membuat usaha baru, para pemilik UMKM diharapkan memiliki Invoice Digital Sahabat Bisnis.

Invoice elektronik online atau Invoice Digital merupakan dokumen penting yang berfungsi sebagai bukti transaksi penjualan atau pembelian dengan menggunakan format elektronik (data digital). 

Dokumen ini berisi tentang informasi/data daftar barang, harga barang, nama barang, dan jumlah pembayaran yang wajib dibayarkan oleh pihak pembeli.

Invoice Digital Sahabat Bisnis memudahkan bagi pelaku usaha atau pemilik UMKM online, dan salah satu produk unggulan dari invoice digital sahabat bisnis ini adalah Invoice Digital.

Invoice Financing adalah fitur yang akan dirilis kemudian dimana ia akan membantu peminjaman modal bagi pelaku usaha atau pemilik UMKM.

Berjuta layanan pendukung usaha UMKM barang tentu memberikan kenyamanan pada para pemilik usaha, serta mampu mengangkat dan mewujudkan cita-cita pemerintah dalam bidang ekonomi yakni tumbuhnya perekonomian Indonesia di kancah lokal hingga global.

Cara Daftar UKM Online
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here