spot_img
spot_img
HomeE-InvoicingInilah Cara Membuat Invoice Financing Disetujui

Inilah Cara Membuat Invoice Financing Disetujui

Apakah sekarang ini kamu sedang mencari cara membuat invoice untuk melakukan pengajuan invoice financing? Ketika melakukan pengajuan ini, invoice memang menjadi salah satu hal pokok yang harus dimiliki.

Sayangnya, hingga sekarang tidak sedikit UMKM yang kurang menyadari pentingnya bukti pembayaran ketika melakukan proses transaksi. Ketika transaksi selesai, biasanya faktur langsung dibuang begitu saja. 

Padahal, nantinya faktur tersebut dapat digunakan sebagai bukti klaim, atau sebagai pengajuan invoice financing. 

Cara Membuat Invoice Financing Disetujui

Meskipun pengajuan invoice financing dikenal lebih mudah dibandingkan dengan pinjaman lainnya, tetapi pengajuan pinjaman ini tidak serta merta langsung disetujui. Berikut berbagai cara agar invoice  financing disetujui, antara lain:

  • Invoice Dikeluarkan untuk Perusahaan Tertentu

Dibandingkan dengan melampirkan invoice yang dikeluarkan untuk individu, saat melakukan pengajuan invoice financing, kamu lebih direkomendasikan mengeluarkan invoice dari pelanggan bisnis atau B2B. 

Mengapa demikian? Invoice yang dikeluarkan dari pelanggan bisnis memiliki jumlah yang lebih banyak, selain itu terdapat kontrak pembayaran yang sudah disetujui antara kedua belah pihak, sehingga tempo pembayarannya jauh lebih jelas dibandingkan dengan pelanggan individu. 

Oleh sebab itu, lampirkan invoice yang dikeluarkan untuk klien perusahaan atau pelanggan bisnis saja dibandingkan dengan klien individu. 

  • Lampirkan Invoice Saat Barang atau Jasa Sudah Selesai Sepenuhnya

Cara membuat invoice financing disetujui lainnya adalah, lampirkan invoice ini ketika jasa atau barang sepenuhnya sudah selesai. Terkadang, cukup banyak pengusaha yang mencoba peruntungan dengan menggunakan invoice barang yang belum dikirim, untuk melakukan pengajuan invoice financing

Padahal, nantinya pihak lender akan melakukan pengecekan, apakah invoice tersebut sudah sepenuhnya selesai atau belum. invoice financing  tidak akan dicairkan bila jasa atau barang yang dipesan  oleh klien belum selesai. Oleh sebab itu, lampirkan invoice yang memang sudah benar-benar selesai sepenuhnya. 

Baca Juga: Cara Membuat Invoice Tagihan: Syarat dan Ketentuan

  • Pahami Kelayakan Kredit

Layaknya pinjaman pada umumnya, sebelum pinjaman ini nantinya dicairkan pada kamu, pihak lender akan menilai kelayakan kredit yang kamu miliki. Oleh sebab itu, sebelum mengajukan jumlah invoice financing, pastikan sudah melakukan kelayakan kredit pada bisnis sendiri. 

Selain itu, kamu juga harus menilai kelayakan kredit pelanggan sebelum menjual barang dan jasa pada mereka. Sayangnya, pada perusahaan yang baru saja merintis bisnis, penilaian kelayakan kredit pelanggan sering tidak dilakukan, karena terlalu bersemangat untuk mengambil banyak pelanggan.

Akhirnya, invoice menjadi macet, kamu juga akan kesulitan untuk melakukan pengajuan pendanaan invoice financing, karena dianggap klien yang kamu miliki bermasalah dalam melakukan pembayaran. 

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Mulai dari sekarang, kamu dapat memilah klien dari segi pembayaran. kamu dapat mengelompokkannya dalam 2 jenis yaitu pembayaran tepat waktu dan tidak tepat waktu. 

Dengan mengajukan invoice pembayaran klien yang tepat waktu, Kamu dapat membatasi perselisihan masalah pembayaran di masa mendatang. 

  • Buat Invoice Dengan Akurat serta Tepat Waktu

Cara membuat invoice financing disetujui lainnya adalah membuat invoice yang akurat serta tepat waktu. Pastikan kamu membuat invoice dengan akurat, serta melakukan penagihan dengan tepat waktu. 

Jangan sampai, karena invoice tidak tepat waktu dibuat, pembayaran menjadi terhambat dan terdapat risiko keterlambatan pengiriman. Bila hal ini terjadi, kamu dapat dipandang tidak handal untuk mengelola bisnis. 

Tidak sedikit lender yang menggunakan usia invoice sebagai bahan pertimbangan yang mereka lakukan. Usia invoice yang lebih dari 90 hari, besar kemungkinan tidak didanai. Oleh sebab itu, semakin lama invoice terhambat, akan semakin kecil pula kamu memperoleh pendanaan dari invoice tersebut. 

  • Berikan Dokumentasi Pendukung
Membuat Invoice Financing Disetujui

Agar pendanaan yang kamu inginkan disetujui, pastikan memberikan dokumentasi sebanyak mungkin. Dokumentasi ini bisa seperti buku pesanan yang dilakukan oleh klien, kemudian rincian dana masuk dan keluar, hingga berbagai informasi yang berkaitan dengan kontrak pemesanan. 

Bila kamu memiliki laporan buku besar piutang dan laporan arus kas, Kamu juga dapat melampirkannya sebagai dokumen pendukung lainnya. Dengan kejelasan arus kas yang kamu miliki, pengajuan akan menjadi semakin mudah dilakukan. 

  • Perhatikan Syarat dan Ketentuan yang Dimiliki

Setiap lender pada dasarnya bisa memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda untuk debiturnya. Contohnya saja seperti dokumen yang disyaratkan. Umumnya, lender akan memberikan syarat dokumen seperti kontrak perusahaan, NPWP serta SIUP perusahaan. 

Kemudian, ada pula lender yang memberikan syarat asset perusahaan, sehingga asset yang dimiliki oleh perusahaan harus lebih dari angka tertentu. Syarat serta ketentuan lain yang harus kamu perhatikan dengan baik adalah bunga. 

Sebagai lender, sudah tentu nantinya akan ada sejumlah bunga yang dibebankan padamu. Bunga yang diberikan oleh setiap lender bisa berbeda-beda. Terdapat lender yang memberikan bunga 1% setiap bulannya, ada pula lender yang memberikan bunga 2% setiap bulannya. 

Sebelum melakukan pengajuan dan menandatangani kontrak, lebih baik pastikan bunga yang harus kamu bayar terlebih dahulu. Selain itu ada pula biaya keterlambatan pinjaman. Pastikan besarnya biaya keterlambatan pinjaman per hari, hingga per bulan. 

Jangan sampai, karena besarnya biaya keterlambatan pinjaman yang diberikan oleh lender, arus kas kamu menjadi berantakan dan membuat pencairan invoice dari klien menjadi sia-sia karena besarnya tagihan yang harus Kamu bayar pada pihak lender

Salah satu cara membuat invoice financing disetujui adalah invoice yang rapi dan akurat. Bila sekarang ini kamu memiliki masalah dalam pembuatan invoice untuk pengajuan modal, e-invoice dari Sahabat Bisnis dapat dijadikan sebagai solusi. Dengan e-invoice, proses pengajuan dana menjadi lebih cepat dan mudah. 

Membuat Invoice Financing Disetujui
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here