spot_img
spot_img
HomeE-InvoicingAplikasi InvoiceIntip Contoh Invoice Penjualan, Pembayaran, dan Tagihan Yuk!

Intip Contoh Invoice Penjualan, Pembayaran, dan Tagihan Yuk!

Sebagai pebisnis, apakah dalam laporan keuangan yang kamu buat, kamu juga menggunakan invoice? Saat ini, tidak sedikit UMKM atau UKM yang belum menggunakan invoice, karena belum mengetahui contoh invoice penjualan sebelumnya. 

Dalam dunia bisnis, invoice menjadi salah satu bagian dari arus bisnis. Adanya invoice menjadi hal penting karena digunakan untuk merekap barang maupun jasa yang sudah dibeli oleh klien. Bahkan, invoice juga hanya memiliki fungsi sebatas hal tersebut saja. 

Bila kita menghubungkannya dengan keuangan, invoice digunakan untuk mempermudah perhitungan laba usaha yang kita lakukan. Hal yang harus kamu lakukan hanya mengirim invoice sebagai tagihan pembayaran sesudah klien selesai melakukan pesanan serta mengirimkan barang tersebut. 

Contoh Invoice Penjualan

Bila hingga sekarang kamu belum membuat invoice karena tidak mengetahui bentuk invoice yang tepat, berikut beberapa contohnya, antara lain:

  1. Invoice Penjualan Barang

Untuk invoice penjualan barang ini merupakan invoice yang dikeluarkan untuk membayar barang atau benda. Umumnya. Komponen yang ada di dalam invoice ini seperti nama produk atau barang yang dibeli, kemudian jumlah satuan barang, diskon atau pajak, hingga total jumlah barang yang harus dibayarkan oleh klien. 

Ketika membuat invoice barang ini, kamu harus menuliskannya dengan jelas, selain itu tenggat waktu pembayaran juga harus ditulis di sana, karena tidak sedikit invoice yang tidak menggunakan tenggat waktu pembayaran, sehingga invoice terkesan kurang resmi. 

Berikut contoh dari invoice yang tepat: 

Contoh Invoice Penjualan Sahabat Bisnis
  1. Invoice Sederhana

Seperti nama yang dimilikinya, invoice ini memiliki komponen yang tidak begitu lengkap. Komponen yang berada di dalam invoice ini seperti tanggal, nomor invoice tersebut, ada pula detail barang, hingga total biaya yang harus dibayarkan. 

Meskipun detail yang dimiliki invoice sederhana ini kurang lengkap, tetapi untuk detail penting di atas harus terlampir. Berikut contoh invoice penjualan yang sederhana:

Contoh Invoice Sederhana
  1. Invoice untuk Bisnis Kecil

Jangan salah, bisnis kecil juga harus memiliki invoice untuk kliennya. Untuk bisnis kecil, di dalam invoice harus tercantum informasi seperti nama klien, kemudian jumlah barang yang dibeli, nomor invoice, jumlah tagihan yang dibayarkan. 

Selain itu, di dalam invoice tersebut juga harus membuat syarat dan ketentuan pembayaran, seperti kesepakatan tenggat waktu pembayaran dan lainnya. Ini menjadi hal penting yang harus dilampirkan karena berkaitan dengan kesepakatan bisnis. 

Invoice Penjualan Bisnis Kecil

Baca juga: Kesalahan dalam Format Invoice Penagihan & 10 Lainnya

  1. Invoice Penjualan Freelance

Siapa bilang freelance tidak memiliki invoice penjualan. Freelance juga harus memiliki invoice agar mengetahui arus keuangan yang dimilikinya dengan baik. Sebenarnya, freelance invoice ini tidak berbeda jauh dengan yang lain. 

Di dalam invoice berisi mengenai nama klien, kemudian alamat perusahaan klien, nomor handphone, fax, email, kemudian job yang kamu kerjakan. 

Sedangkan, di dalam keterangan invoice juga harus diisi nomor pemesanan, deskripsi jasa yang dipesan, harga yang harus dibayar dan jumlah pembayaran. Dalam beberapa format freelancer invoice juga tercantum mengenai nama pemilik rekening pembayaran dan nomor rekening pembayaran. 

Terakhir, jangan lupa melampirkan contact person dengan mencantumkan nomor telepon. Hal ini dimaksudkan jika terdapat kesalahan dalam perhitungan invoice, klien bisa langsung menanyakannya ke freelancer

Template Faktur Freelance
  1. Invoice Penjualan Jasa

Contoh invoice penjualan yang lainnya adalah invoice jasa. Di dalam invoice ini harus terdapat nomor invoice kemudian tanggal invoice, penerima invoice, alamat, nomor telepon dan berbagai informasi lainnya. 

Sedangkan, untuk bagian isi invoice, harus dilampirkan tanggal jasa tersebut dipesan, kemudian deskripsi jasa yang dipesan. Contohnya bila jasa yang dipesan adalah logo, ukuran logo yang dipesan tersebut harus dicantumkan, jumlah desain logo yang dipesan. 

Jangan lupa, kamu harus melampirkan harga, serta jumlah total harga yang harus dibayar. Kemudian untuk informasi pembayaran, seperti jenis pembayaran yang diterima dan syarat ketentuan pembayaran tersebut. 

Berikut contoh dari invoice khusus jasa: 

Contoh Invoice Jasa

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Invoice Tagihan yang Telat Dibayar

  1. Invoice Jasa Event Organizer

Sebenarnya, untuk invoice jasa event organizer ini hampir mirip dengan invoice jasa pada umumnya. Namun, terdapat beberapa perbedaan diantara keduanya. Untuk informasi umum, keduanya memang masih sama seperti untuk siapa invoice ini ditujukan, kemudian alamat, nomor telepon klien. 

Ada pula data perusahaanmu seperti nama perusahaanmu hingga nomor telepon perusahaan. Tetapi, dalam invoice event organizer, umumnya tercantum informasi spesifik seperti lokasi acara tersebut dilakukan, kemudian jenis event yang diadakan hingga siapa saja artis yang akan mendukung event tersebut. 

Kemudian, detail invoice seperti tanggal, nomor order juga harus tercantum. Bagaimana dengan isi dari invoice ini? Untuk isi dari invoice tersebut seperti deskripsi. Di dalam deskripsi bisa dicantumkan jasa yang digunakan, contohnya seperti “wedding planning full service”, kemudian berbagai peralatan dan jasa yang digunakan seperti makanan, meja, musik, dokumentasi dan lainnya. 

Jangan lupa, kamu juga harus melampirkan harga dari setiap jasa serta jumlah keseluruhan biaya yang harus dibayar. Di bagian akhir, tulis metode pembayaran yang digunakan. Agar lebih jelas, berikut contoh selengkapnya. 

Contoh Invoice Jasa Event Organizer
  1. Invoice Penjualan Sepeda Motor

Untuk pembelian kendaraan seperti sepeda motor, tentunya juga harus disertai dengan invoice. Invoice di dalamnya berisi mengenai nama invoice tersebut ditujukan, kemudian deskripsi sepeda motor tersebut. 

Agar lebih jelas, berikut informasi mengenai invoice penjualan sepeda motor tersebut. 

Contoh Template Faktur Sepeda Motor

Dengan contoh invoice penjualan di atas, kamubisa membuat invoice sesuai dengan bidang bisnis yang kamu tekuni saat ini. Sebenarnya jika ingin lebih mudah dalam membuat invoice, kamu dapat mempercayakannya pada Sahabat Bisnis. Bersama Sahabat Bisnis, kamu akan lebih mudah membuat e-Invoice sesuai kebutuhan usaha. Coba gratis sekarang!

Contoh Invoice Penjualan
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here