spot_img
spot_img
HomeLainnyaTips BisnisInvestasi Jangka Pendek untuk UMKM! Simak Tipsnya

Investasi Jangka Pendek untuk UMKM! Simak Tipsnya

Tidak sedikit yang beranggapan jika memiliki tabungan saja sudah cukup untuk mengamankan kondisi finansial di masa mendatang, termasuk untuk UMKM. Padahal selain tabungan, investasi jangka pendek juga penting dijadikan sebagai perhatian. 

Jangan salah, investasi bukan hanya harus dilakukan oleh individu saja. Namun, UMKM yang sedang menjalankan bisnis juga harus melakukan investasi. 

Keuntungan Investasi Jangka Pendek untuk Pelaku UMKM

Ada berbagai keuntungan menjalankan investasi bagi pelaku UMKM, seperti:

  1. Menghindari Adanya Inflasi

Dari waktu ke waktu, inflasi selalu terjadi. Kondisi tersebut memberikan dampak pada penurunan mata uang. Salah satu cara yang dapat dilakukan agar jauh dari dampak inflasi adalah melakukan investasi dengan baik. 

  1. Menambah Penghasilan

Manfaat lain melakukan investasi adalah dapat memberi penghasilan tambahan. Sehingga penghasilan yang kamu dapatkan bukan hanya dari bisnis saja, tetapi juga bisa dari investasi yang sudah dilakukan. 

  1. Bertambahnya Nilai Uang

Jika keuntungan dari hasil usaha hanya ditabung di bank, uang akan terus menerus dipotong karena sistem bunga yang dimiliki hanya dapat membayar biaya administrasi. Sehingga, kondisi keuangan membutuhkan waktu lama agar terus tumbuh. 

Tetapi, dengan menggunakan investasi, kamu dapat mengatur uang serta meningkatkan nilainya dengan singkat. Sehingga, akan ada lebih banyak keuntungan yang diperoleh di masa depan. 

  1. Menyiapkan Kebutuhan Usaha Di Masa Mendatang

Keuntungan investasi jangka pendek lainnya untuk pelaku UMKM adalah dapat menyiapkan kebutuhan di masa depan. Kita tidak akan pernah tahu seperti apa modal usaha yang dimiliki di masa depan. 

Jangan sampai, karena kekurangan modal usaha, bisnis menjadi terhenti. Dengan adanya investasi, usaha tidak akan terhenti karena ketika membutuhkan dana mendesak, uang investasi dapat dicairkan. 

  1. Melatih Tanggung jawab

Keuntungan investasi yang lain secara tidak sadar adalah dapat melatih seseorang agar bisa lebih bertanggungjawab dalam mengambil keputusan. Dengan berinvestasi, kamu harus bertanggung jawab pada investasi yang dilakukan. 

Contohnya, kamu harus bertanggung jawab bila mengalami kerugian, dan kemudian membuat rencana cadangan untuk berlangsungnya bisnis. Manfaat lain dari investasi adalah dapat membuat kamu belajar agar berani dalam mengambil keputusan finansial. 

Kamu juga dapat berlatih kemampuan analisa sehingga bisa mengelola untung rugi dalam investasi jangka pendek. Hal yang harus diingat adalah, semakin besarnya keuntungan yang kamu peroleh dari investasi, tingkat risiko yang terjadi juga akan semakin tinggi. 

Oleh sebab itu, sebelum terjun dalam dunia investasi, lebih-lebih menginvestasikan keuntungan usaha untuk investasi, pastikan kamu memahami dengan baik seperti apa risiko dan syarat yang dapat terjadi di kemudian hari. 

Jenis Investasi yang Cocok untuk UMKM

Berapa waktu belakangan ini, kabar yang berkaitan dengan resesi ekonomi memang menjadi topic yang banyak dijadikan sebagai bahan perbincangan. Dengan adanya kondisi tersebut, akhirnya banyak orang mengamankan aset. 

Lantas, bagaimana dengan UMKM yang mempunyai penghasilan tidak tetap setiap bulan? Berikut sejumlah investasi yang cocok untuk pelaku UMKM, antara lain:

  1. Obligasi Ritel Negara

ORI atau Obligasi Ritel Negara merupakan surat berharga yang dijual pemerintah atau negara ke investor. Instrumen investasi ini menjadi langkah yang baik untuk UMKM berinvestasi. 

Lebih-lebih kamu tidak ingin investasi dengan risiko tinggi. ORI mempunyai imbal hasil yang tetap dan aman. Jangka waktu ORI biasanya selama 3 tahun, dengan jumlah minimal Rp1 juta. 

Walaupun jangan waktu yang diberikan selama 3 tahun, tetapi kamu tidak perlu khawatir karena dapat menarik uang sebelum waktu yang sudah ditentukan. 

  1. Deposito

Pilihan investasi yang lainnya adalah deposito. Produk investasi ini begitu popular di tengah investor. Apalagi jika dananya akan digunakan tidak lama lagi. 

Pada dasarnya, deposito mirip dengan tabungan berjangka. Tetapi, deposito bisa menawarkan keuntungan yang lebih besar. Inilah alasan mengapa deposito sangat disukai. 

  1. Reksadana

Bukan hanya deposito, investasi lain yang popular di kalangan pebisnis adalah reksa dana. Biasanya investor pemula akan mencoba jenis investasi ini saat pertama kali masuk dalam dunia investasi. 

Biasanya, instrumen investasi ini akan membuat investor merasakan seperti apa fluktuasi harga pasar. Reksadana merupakan investasi yang akan dibantu oleh manajer investasi untuk memilih instrumen investasi. 

Baca juga: Catat! Ini Rekomendasi Investasi Jangka Panjang bagi Bisnismu!

Tips Investasi untuk UMKM

Bila kamu belum pernah menjalankan investasi sebelumnya, berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan, antara lain:

  1. Pahami Risiko dan Konsep Investasi

Sebelum melakukan investasi, sebisa mungkin pahami risiko dan konsep yang dimiliki investasi. Terutama investasi yang nantinya kamu jadikan sebagai pilihan. 

  1. Miliki Tujuan Keuangan

Selain memahami risiko serta konsep investasi, kamu juga harus memiliki tujuan keuangan yang jelas. Sehingga, kamu dapat menentukan mana jenis investasi yang akan dijadikan sebagai pilihan. 

  1. Tentukan Instrumen

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada berbagai pilihan instrumen investasi. kamu bisa memilih salah satu instrumen di atas. 

Selain memperhatikan investasi yang dilakukan, sebagai pemilik usaha, kamu juga harus memperhatikan operasional bisnis lain. Salah satu operasional bisnis yang harus diperhatikan dengan baik adalah masalah invoice. 

Agar lebih mudah menjalankan bisnis, kamu dapat menggunakan Invoice Digital. Dari banyaknya produk Invoice Digital yang berada di pasaran, Sahabat Bisnis menjadi salah satu rekomendasi yang paling tepat. 

Sahabat Bisnis merupakan Invoice Digital terbaik. Bahkan, sekarang ini kamu dapat menggunakan Invoice Digital dari Sahabat Bisnis via smartphone, sehingga kamu akan semakin mudah untuk membuat tagihan. 

Jadi, jangan hanya berfokus pada investasi jangka pendek saja ya. Percayakan pada Sahabat Bisnis agar pengelolaan tagihan kamu menjadi semakin mudah. 

spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here