spot_img
spot_img
HomeLainnyaTips BisnisJangan Asal Pilih! Inilah 5 Daftar P2P Lending Terbaik

Jangan Asal Pilih! Inilah 5 Daftar P2P Lending Terbaik

Sekarang ini untuk mendapatkan pendanaan tidak harus selalu ke bank. Pengusaha atau pelaku UMKM juga bisa mendapatkan dana pinjaman melalui P2P lending terbaik.

Peer to peer (P2P) lending, merupakan fasilitas yang mempertemukan pemilik dana atau lender dengan debitur atau borrower.  Lender bisa berinvestasi dengan memberikan pinjaman dana, kemudian nantinya akan mendapatkan  return yang tinggi. 

Sedangkan borrower dapat mengajukan pinjaman ke pemilik dana. Prosesnya lebih mudah dan cepat dibandingkan mengajukan kredit di lembaga keuangan yang konvensional. 

Rekomendasi P2P Lending Terbaik 

Berdasarkan data dari OJK, hingga April 2022 ada 102 perusahaan fintech, termasuk di antaranya adalah P2P lending. Berikut ini rekomendasi 5 perusahaan P2P lending yang terpercaya:

  • Investree
p2p lending terbaik
logo investree

Investree merupakan salah satu pionir P2P lending yang ada di Indonesia. Sudah dipercaya oleh banyak investor dan juga pemilik usaha. 

Bagi para borrower  proses pengajuan pinjaman di Ivestree  cukup mudah dan cepat. Tidak terdapat beban biaya yang tersembunyi, semua prosedur juga dilakukan secara transparan. 

Pembayaran biaya pinjaman juga terjangkau, mulai dari 1% per bulan. Untuk tingkat bunga dan biaya ditentukan dengan sistem credit scoring modern. 

Selain itu setiap orang juga bisa berinvestasi dengan menjadi lender di Investree. Salah satu keunggulan dari Investree yaitu adanya asuransi kredit yang menjamin keamanan dari risiko gagal bayar.

Dengan menjadi lender di Investree, kamu juga akan mendapatkan imbal hasil yang cukup tinggi yaitu  hingga 20% p.a. Kamu bisa mulai mendanai dari Rp1 juta dan semua prosesnya dilakukan secara online melalui aplikasi.  

  • Amartha

P2P  lending terbaik selanjutnya adalah Amartha. Perusahaan fintech lending yang satu ini fokus menyasar pelaku usaha mikro yang digerakan oleh wanita, untuk penyaluran bantuan dana. 

Amartha juga memberikan bimbingan dan pelatihan dengan membentuk kelompok 15-20 orang yang domisilinya berdekatan. Cara ini juga merupakan upaya untuk mengantisipasi masalah kesulitan pembayaran, dengan membentuk komitmen tanggung renteng bagi anggota kelompok.

Jika berinvestasi di Amartha, kamu bisa memperoleh pendapat pasif mingguan. Dengan imbal hasil 15% flat per tahunnya. 

Selain itu risikonya juga lebih terukur, karena penggunaan sistem credit scoring dan machine learning. Kamu bisa mendanai di Amartha mulai dengan Rp100.000 saja.

  • KoinWorks

KoinWorks merupakan P2P lending dengan jumlah pengguna yang cukup banyak. Hal ini didorong oleh berbagai jenis layanan dan keunggulan yang mereka tawarkan. 

Salah satunya yaitu imbal hasil yang diperoleh lender bisa mencapai lebih dari 18%. Kamu sudah bisa berinvestasi di KoinWorks mulai dari Rp100 ribu.

Umumnya semakin tinggi imbal hasil semakin besar pula risiko yang perlu ditanggung. Untuk mengantisipasinya, KoinWorks mengatur pembagian kategori untuk setiap jenis pinjaman. 

  • Danamas

Danamas merupakan perusahaan P2P lending pertama yang mendapatkan izin dari OJK. Anak perusahaan Sinarmas Group ini menawarkan peluang investasi menjanjikan dan layanan pinjaman bagi UMKM.

Pelaku UMKM bisa mendapatkan pinjaman dengan plafon yang cukup tinggi. Pencairan dana juga cepat hanya 1×24 jam, setelah mendapatkan persetujuan. 

Selain itu, kamu bisa menjadi pemodal di Danamas dengan minimal investasi Rp500.000. Pemodal akan mendapatkan return menjanjikan dan calon peminjam diseleksi secara ketat, untuk meminimalisir risiko. 

  • Tanifund

Tanifund merupakan P2P lending yang fokus memberikan pendanaan untuk bisnis agrikultur. Mendanai di TaniFund akan memberikan dampak sosial pada ketahanan pangan di Indonesia.

Platform ini berada di bawah naungan TaniHub Group yang memang fokus pada pertanian. Sehingga proyek  yang didanai dijamin berkelanjutan dan terbilang aman. 

Lender akan mendapatkan keuntungan hingga 18% per tahun dengan skema perhitungan yang cukup adil. Terdapat dua jenis repayment, ada bagi hasil di setiap bulan dan ada yang di akhir periode proyek. 

Cara Memilih P2P Lending yang Aman 

P2P lending bisa menjadi pilihan alternatif untuk berinvestasi dan merupakan sumber pendanaan yang mudah diperoleh bagi pelaku usaha. Namun jumlah fintech yang menawarkan P2P lending cukup banyak, bisa membuat orang bingung untuk memilih P2P lending terbaik.

Berikut ini cara memilih P2P lending yang sesuai dengan kebutuhan kamu:

  • Sesuai dengan Kebutuhan 

Pilih P2P lending yang menawarkan produk pinjaman atau peluang investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan. 

Bagi kamu yang berinvestasi dan menginginkan return yang tingggi, maka pertimbangkan imbal hasil yang dijanjikan. Perhatikan pula jaminan kemanan yang ditawarkan seperti menyediakan perlindungan berupa asuransi.

Sedangkan bagi kamu yang membutuhkan dana pinjaman, bisa memperhatikan jumlah biaya dan persyaratan pengajuan. Selain itu beberapa P2P lending fokus mendanai industri bisnis yang spesifik seperti pertanian, usaha mikro, dan lain sebagainya. 

Jadi kamu juga bisa pilih P2P lending sesuai dengan jenis bisnis yang sedang dijalankan. 

  • Pilih yang Sudah Terdaftar di OJK

Pastikan kamu memilih P2P lending terbaik yang sudah terdaftar secara resmi di OJK. Hal ini akan menjadi jaminan keamanan bagi setiap pemodal ataupun peminjam dana, dalam melakukan transaksi. 

Kamu bisa mengecek daftar perusahaan P2P lending yang legal di website OJK yaitu ojk.go.id.

Baca juga: Tips Memilih Pinjaman Online OJK Agar Tetap Aman

  • Cek Rekam Jejak Perusahaan

Kamu juga perlu mengecek rekam jejak atau track record dari perusahaan P2P lending, sebelum menentukan pilihan. Kenali profil perusahaan, alur, cara kerja, dan persyaratan yang dibebankan. 

Cari tahu juga kepada siapa dana investasi kamu akan ditempatkan. Kemudian lakukan perbandingan antara perusahaan P2P lending untuk mengetahui keunggulan masing-masing dan mendapatkan pilihan terbaik. 

Memilih perusahaan P2P lending terbaik memerlukan ketelitian dan pertimbangan yang matang. 

Setiap fintech lending menawarkan produk dan layanan menarik dengan keunggulannya masing-masing. Pilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko investasi. 

Selain P2P lending, kamu juga tidak boleh salah dalam memilih layanan Invoice Digital. Sahabat Bisnis dapat membantu memperlancar bisnismu dengan layanan pembuatan Invoice Digital terbaik. Coba gratis sekarang!

spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here