spot_img
spot_img
HomeE-InvoicingKeunggulan Sistem E-Invoicing. Invoice Barang Jadi Lebih Cepat!

Keunggulan Sistem E-Invoicing. Invoice Barang Jadi Lebih Cepat!

Invoice merupakan bagian yang krusial dari berjalannya bisnis. Tidak hanya sebagai bukti transaksi tapi juga berfungsi untuk menghitung laba perusahaan. Biasanya berbentuk lembaran-lembaran kertas atau dokumen yang berisi rincian invoice barang, pembelian, hingga pengiriman.

Namun sekarang, bentuknya jadi lebih simple karena kehadiran E-Invoicing atau invoice elektronik. Tahukah kamu apa itu E-Invoicing dan apa aja manfaatnya? Simak penjelasan berikut.

Apa Itu E-Invoice?

E-invoice merupakan metode penagihan yang bersifat elektronik. Biasanya digunakan mitra dagang untuk ditujukan kepada pelanggan atau supplier. Dalam menggunakannya, harus memakai sistem transaksi.

Sebagai alternatif dari invoice kertas, perusahaan harus mengirimkan email kepada pelanggan mereka untuk masuk ke alamat website. Nantinya, pihak dari klien harus memasukkan kode sandi (password) agar bisa mengunduh invoice elektronik ini. Data invoicenya bisa dalam berbagai format, seperti PDF atau CSV.

E-invoice jauh lebih praktis jika harus dibandingkan dengan invoice barang konvensional yang memakai kertas. Sebab, Anda tidak perlu menyiapkan lembaran kertas berisi daftar invoice barang. Apalagi, invoice kertas harus dibuat rangkap tiga untuk pembeli, penjual, dan cadangan untuk menjaga keamanan kas masing-masing. 

Manfaat E-Invoice

Invoice Barang E-Invoicing

Fungsi dari adanya e-invoice yaitu sebagai tanda bukti transaksi. Kita dapat mengetahui rincian harga yang harus dibayar ke klien dan jenis barang yang diserahkan.

Jika invoice barang mengalami keterlambatan, maka bisa langsung berpengaruh pada biaya produksi hingga distribusi barang Anda.

Baca Juga: Format Invoice Barang Bagi Pebisnis Pemula

E-invoice membuat segala aktivitas penagihan jadi lebih praktis dan cepat. Berikut manfaat dari e-invoice bagi bisnis seperti yang SaBi lansir dari TRG International

  1. Pengiriman dan Pembayaran Jadi Lebih Instan 

Jika kamu masih menggunakan cara manual, akan butuh waktu lama untuk mengirimkan invoice. Untungnya, E-invoice menawarkan proses yang instan sehingga bisa diterima dalam waktu singkat dan membuat kompensasi yang diterima juga jadi lebih cepat.

Semua data disimpan dengan aman dalam cloud storage. Kamu tidak perlu takut akan kebocoran data, sebab kebanyakan perusahaan software mematuhi standar keamanan PCI atau PCI Security Standards. 

  1. Ramah Lingkungan 

Sistem tagihan barang yang berbasis online membuat e-invoice lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan invoice berbentuk kertas. Ini juga bisa termasuk ke dalam langkah penghematan energi atau polusi. Kamu pun berperan dalam mengurangi limbah padat dan tidak lagi membuang invoice kertas jika tidak lagi digunakan. 

  1. Memiliki Riwayat Online

Data e-invoice disimpan secara online dan ini akan memudahkan kamu dalam mencarinya di dalam sistem yang tersedia. Beban pekerjaan para staf keuangan untuk mencatat aktivitas transaksi pun tidak memakan waktu banyak. Hanya dengan mengetiknya di kolom search, data yang dicari bisa langsung muncul. 

  1. Mengurangi Kesalahan Pencatatan 

Dalam membuat invoice manual, resiko kesalahan bisa saja terjadi. Ini dapat mempengaruhi hubungan bisnis dengan klien, terutama jika salah dalam mengirimkan jumlah tagihan.

E-invoice akan memudahkan proses penghitungan dan mencegah terjadinya kesalahan. Bahkan, penghitungan pajak pun bisa dilakukan dengan mudah. Jika terjadi kesalahan, memperbaikinya juga tidak begitu sulit. 

  1. Bantu Membangun Identitas Brand Bisnis

Menggunakan e-invoice tidak hanya memudahkan pendataan invoice barang, pembelian atau invoice pengiriman barang, tapi juga bisa mempertajam identitas brand bisnis. Dengan menggunakan sistem ini, kamu bisa menambahkan logo, warna, atau jenis font dan huruf yang sesuai dengan perusahaan. Kamu dapat memperkuat identitas bisnis dan memiliki peluang pembayaran yang semakin besar. Keberadaan logo ini juga berpengaruh karena dapat meningkatkan proses pembayaran tiga kali lebih cepat. 

Bisnis Jadi Makin Cuan dengan E-Invoicing!

E-Invoice jadi solusi agar aktivitas penagihan semakin lancar. Sahabat Bisnis juga menghadirkan inventory management yang bisa kamu gunakan untuk mengelola barang dengan mudah. Setelah tersusun, tentu saja ingin menyimpan data di tempat yang aman.

Kamu bisa memanfaatkan cloud accounting agar arus kas makin lancar. Sahabat Bisnis, memudahkan pekerjaanmu dengan membuat e-invoicing secara cepat, mudah, dan ringkas. Kamu, bisa menemukan fitur-fitur unggulan, seperti: 

  • Dasbor Manajemen
  • Manajemen Produk
  • Manajemen Produk
  • Manajemen Mitra (SaBiNetwork)
  • Tagihan Keluar
  • Tagihan Masuk
  • Penghitungan Pajak

Berikut langkah-langkah yang kamu perlukan dan keuntungan yang didapat dengan bergabung bersama Sahabat Bisnis:

  • Daftarkan diri kamu dengan buat akun SaBi agar bisa mengakses semua kemudahan fitur di dalamnya
  • Gunakan produk dan fitur agar kerja jadi terasa lebih efisien dan cerdas
  • Kembangkan bisnis tanpa batas dengan lebih optimal

Ingin menjadikan aktivitas penagihan mulai dari rincian invoice barang hingga pengiriman lebih praktis? Fitur-fitur e-invoicing dari SaBi akan memudahkan Anda! Penagihan yang tepat waktu, akan membuat perkembangan bisnis Anda tidak terhambat. Yuk, coba gratis!

Invoice Barang e-invoice
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here