Sistem manajemen inventory bertujuan untuk memastikan apakah persediaan barang di gudang sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan customer atau belum.
Dalam melakukan pencatatan stok, dibutuhkan banyak waktu dan tenaga dalam menghitung ketersediaannya, terutama jika jumlahnya terbilang masif.
Akan sangat melelahkan jika dilakukan secara manual. Disinilah peran dari aplikasi inventory bekerja. Stok barang bisa terupdate secara otomatis berdasarkan aktivitas penjualan.
Apa saja keunggulannya? Simak penjelasan berikut untuk kenal lebih lanjut seperti yang dilansir dari Quickbooks disini.
- Menghemat Waktu Pekerjaan
Kegunaan aplikasi inventory yaitu dapat membuat pekerjaan lebih cepat terselesaikan serta memberikan hasil yang akurat. Fitur seperti barcode akan melakukan pekerjaan pengaturan ketersediaan stok dalam waktu singkat.
Beberapa perusahaan, terutama bisnis yang sudah berkembang pesat tentu memiliki gudang khusus penyimpanan dengan ribuan item stok di dalamnya. Sudah terbayang, butuh waktu berapa lama untuk menghitung semuanya.
Tanpa bantuan aplikasi, akan memungkinkan terjadinya human error ketika melakukan pencatatan secara manual. Biasanya diakibatkan karena staff gudang yang tidak fokus, terlalu kelelahan, dan membosankan.
Kesalahan seperti ini rentan terjadi. Kamu bisa menghindarinya dengan mengandalkan aplikasi persediaan barang.
- Meminimalisir Kesalahan Pencatatan Data
Keakuratan data adalah hal yang penting bagi pebisnis. Kamu wajib mengetahui berapa jumlah barang yang terjual hari ini, barang apa saja yang laris di pasaran, hingga data-data pelanggan. Tujuannya agar bisnis bisa terus dikembangkan sesuai kebutuhan konsumen.
Kamu butuh aplikasi untuk mencatat stok barang untuk membuat laporan yang akurat. Selain itu, penggunaan aplikasi stok barang juga sangat menghemat waktu. Fitur-fitur di dalamnya dapat meminimalisir kesalahan pencatatan stok.
Sebab, aplikasi memiliki sistem tersendiri yang bisa memudahkan staff gudang dalam hal pencatatan sehingga kesalahan bisa dihindari. Pekerjaannya pun tidak terlalu memakan banyak waktu.
- Meningkatkan Profit Perusahaan
Fungsi utama dari aplikasi manajemen inventory yaitu memperhatikan ketersediaan barang dalam gudang. Hal ini berpengaruh pada peningkatan penjualan perusahaan karena selalu terhindar dari kekosongan stok barang. Aktivitas penjualan yang lancar juga berdampak pada peningkatan profit yang signifikan.
- Mendeteksi Adanya Overselling

Persediaan barang dapat terkontrol dengan mudah jika menggunakan aplikasi manajemen inventory. Sistem akan secara otomatis mensinkronisasi stok barang di semua channel penjualan.
Tidak hanya di toko offline, tapi juga termasuk toko online seperti marketplace, e-commerce, hingga webstore. Cara kerja sistem dari aplikasi ini akan meminimalisir terjadinya overselling produk dalam bisnis.
- Purchase Order (PO) Jadi Lebih Cepat
Tidak sedikit dari pelaku bisnis yang menggunakan sistem PO atau Purchase Order. Penggunaan aplikasi manajemen stok menjadikannya terintegrasi dan membantu kamu lebih cepat dalam menyediakan barang bagi konsumen.
Sistem akan secara otomatis melakukan purchase order ke vendor melalui aplikasi manajemen ketersediaan barang. Mulai dari pencatatan stok yang habis, hingga pembuatan faktur atau invoice, semua cukup dilakukan di software stok barang.
Mudah Pantau Persediaan dengan Aplikasi Inventory Barang
Jika kamu merupakan salah satu pelaku bisnis di bidang retail, maka keberadaan aplikasi inventory sangatlah penting. Kamu akan dimudahkan untuk memantau ketersediaan barang.
Tidak hanya memberikan keakuratan data, aplikasi manajemen stok juga bekerja dengan cepat. Kamu tidak butuh mengeluarkan banyak tenaga dan waktu untuk melacak stok.
Setelah dimanjakan dari segi keakuratan dan kecepatan, kamu juga bisa memaksimalkan kinerja aplikasi dengan memanfaatkan berbagai fitur menarik yang ditawarkan. Sahabat Bisnis dapat menjadi solusi untuk kamu yang menginginkan cara kerja efisien dan optimal.
Fitur-fitur tersebut, di antaranya meliputi manajemen produk, stock opname, hingga rekonsiliasi. Sahabat Bisnis adalah solusi bagi kamu yang tak punya banyak waktu untuk mendata ketersediaan dan pergerakan stok. Berikut beberapa fitur inventory manajemen yang bisa kamu gunakan:
- Dasbor Manajemen
- Manajemen Produk
- Manajemen Gudang (Multiple Warehouse)
- Pengalihan Inventaris
- Stock Opname
- Rekonsiliasi
Mengatur ketersediaan stok opname gudang bisa dalam hitungan detik saja! Lewat inventory manajemen Sahabat Bisnis, pekerjaan selesai tepat waktu tanpa butuh banyak tenaga.
Setiap proses checkout dari konsumen baik online maupun offline, akan secara otomatis dihapus dari stok yang terdaftar. Setelah itu, seluruh datanya diperbaharui sehingga kamu tak perlu lagi menginput data satu persatu.
Langkah-langkahnya juga simple, hanya dengan mendaftar dan sign up, kamu bisa mengakses fitur-fitur menarik yang ada di Sahabat Bisnis.
Pekerjaan jadi lebih cepat karena semakin mudah untuk kelola stok opname barang. Tak lagi repot habiskan banyak waktu untuk melakukan pencatatan stok. Gunakan inventory manajemen Sahabat Bisnis biar bisnismu cuan terus!
Yuk, cobain gratis dan sign up di Sahabat Bisnis sekarang!
