spot_img
spot_img
HomeE-InvoicingAplikasi InvoiceLangkah Mencatat Tagihan Penjualan dengan Tepat

Langkah Mencatat Tagihan Penjualan dengan Tepat

Pernahkah ada saat-saat ketika kamu lupa memastikan klien telah membayar atau bahkan melihat tagihan penjualan yang kamu kirimkan?

Meskipun bukan masalah besar untuk mengirimi mereka email dan bertanya lagi, hal ini mungkin dapat menurunkan rasa hormat mereka. 

Klien juga mungkin akan ragu terhadap profesionalisme bisnis yang kamu jalankan. Tentu kamu tidak ingin hal ini terjadi kan?

Pencatatan tagihan penjualan dengan tepat akan membantu kestabilan arus kas bisnis kamu. 

Tagihan yang dibuat online merupakan cara paling efektif untuk melacak faktur mana yang dikirim, dibayar, atau terutang tanpa mengganggu klien. 

Saat ini telah tersedia layanan online yang otomatis dapat membantu proses tersebut. 

Apalagi layanan ini tidak memerlukan bantuan kamu dan memberimu opsi untuk mengirim pengingat jika faktur belum dibayar.

Tagihan atau faktur penjualan adalah kunci keuangan perusahaan. Ini karena faktur menjadi cara yang praktis untuk melacak apa yang telah kamu jual kepada pelanggan.

Selain itu, berapa banyak utang pelanggan, kapan pelanggan perlu melakukan pembayaran hingga mengakui arus kas juga bisa terlacak.

Cara Catat Tagihan Penjualan dengan Tepat

Tagihan penjualan
ilustrasi tagihan penjualan

Di akhir proses penjualan, bisnis membuat faktur untuk meminta pembayaran dari pelanggan. Untuk sebagian besar perusahaan, faktur dibuat pada atau segera setelah pengiriman. 

Beberapa menggunakan surat siput, tetapi sebagian besar faktur saat ini datang melalui email atau perangkat lunak faktur. 

Bagaimana sih caranya menulis tagihan penjualan ini? Berikut penjelasannya: 

  1. Gunakan aplikasi seperti Microsoft Excel.
  2. Setelah aplikasi dijalankan, pilih file kemudian New from Template dan pilih template invoice.
  3. Isilah data sesuai dengan kebutuhan penjualan bisnis yaitu:
  • Tanggal penjualan: Dokumen invoice penjualan harus menyebutkan tanggal penjualan dilaksanakan untuk fungsi pelacakan.
  • Deskripsi barang atau jasa: Informasi ini menjelaskan barang yang dijual secara rinci. 

Misalnya, jika kamu menjual alat sterilisasi, maka dalam invoice penjualan harus disebutkan tahun, merek dan model, nomor identifikasi mesin, kondisi mesin, dan nomor seri.

  • Harga penjualan: Dalam invoice penjualan juga tentunya menyertakan harga barang yang dijual. 

Jika barangmu adalah hadiah atau hadiah sebagian, harga penjualan dapat menyatakan pengurangan harga yang telah ditetapkan.

  • Garansi: Penjualan pihak swasta umumnya dianggap sebagai penjualan “apa adanya” atau tanpa jaminan. 

Namun, jika perjanjian penawaran memang memiliki garansi, maka kamu harus memasukkannya ke dalam dokumen invoice penjualan.

  • Pihak yang terkait: Dalam dokumen ini, kamu harus mencantumkan nama, alamat, serta tanda tangan pembeli dan penjual. 

Selain itu, perlu adanya pernyataan yang mengakui bahwa kedua belah pihak telah memberikan informasi yang benar sepanjang pengetahuan dan keyakinan antar pihak.

  • Cara pembayaran: Dokumen ini sebaiknya juga mencantumkan cara pembayaran yang digunakan oleh pembeli seperti cicilan atau lunas, tunai, cek, kartu kredit atau setoran bank.
  • Perjanjian lain sesuai kebutuhan: Dokumen juga bisa menyatakan perjanjian lain mengenai penjualan, seperti tanggal jatuh tempo untuk pembayaran yang tertunda, pembayaran yang terlambat, tingkat bunga, dan lain-lain.

Baca juga: Intip Contoh Invoice Penjualan, Pembayaran, dan Tagihan Yuk!

Manfaat Tagihan Penjualan untuk Bisnis

Selain memastikan perusahaan dibayar tepat waktu, faktur penjualan memberikan sejumlah manfaat untuk operasi, perencanaan, dan perkiraan penjualan perusahaan antara lain.

  1. Sistem Akuntansi Terorganisir

Faktur adalah dasar untuk menyimpan pembukuan dan catatan akuntansi yang terorganisir. Pembuatan catatan yang transparan dan terkini menjadi penting bagi arus kas bisnis kamu. 

Sistem yang tepat untuk membuat dan mengajukan faktur membuat kamu tidak akan pernah kehilangan jejak pembayaran terutang 

Kamu juga bisa menentukan dengan tepat kapan harus menindaklanjuti hal tersebut dengan klien. 

Selain itu, faktur adalah sumber daya yang berharga selama periode pajak dan proses hukum ketika jejak kertas yang akurat adalah suatu keharusan.

Baca juga: 4 Manfaat Aplikasi Pembukuan untuk UMKM

  1. Inventaris Terkelola dengan Baik

Jika bisnis yang kamu jalankan menjual produk fisik, faktur sangat penting untuk melacak inventaris. 

Kamu akan tahu berapa banyak stok yang sedang miliki untuk memenuhi pesanan yang masuk. 

Kamu juga bisa memperkirakan lebih akurat berdasarkan data sebelumnya. Informasi tersebut juga memberi pertimbangan bagi tim pemasaran untuk penjualan tertentu seperti promosi musiman. 

  1. Analisis yang Akurat

Memanfaatkan analitik penjualan bisnis kamu akan jauh lebih mudah dengan faktur yang cermat. 

Angka-angka dalam faktur penjualan dapat memberikan wawasan dan data penganggaran untuk rencana dan pengembangan bisnis. 

Mengatur faktur berarti kamu dapat memprediksi arus kas masa depan dan membuat anggaran yang lebih tepat.

Menjalankan bisnis menjadi suatu hal yang menantang, bukan? Ada banyak hal yang harus dilakukan dan pemilik bisnis harus aktif setiap saat demi pengembangan bisnis mereka. 

Pemilik bisnis perlu memecahkan masalah kompleks yang kadang-kadang muncul. Namun, melakukan hal-hal sederhana dengan baik dapat menghemat banyak kerepotan untuk bisnis. 

Faktur penjualan adalah tanda terima yang harus diberikan bisnis kepada pelanggan mereka untuk pembelian yang telah dilakukan. 

Tugas sederhana mengelola dan melacak faktur penjualan dapat menguntungkan bisnis kamu secara substansial. 

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa faktur penjualan adalah dasar dari pembukuan bisnis. Untuk akuntansi yang akurat, bisnis perlu mencatat setiap transaksi penjualan.

Dengan menggunakan faktur, mereka dapat menyiapkan laporan laba rugi dan neraca. Selanjutnya, membuat invoice terdigitalisasi akan lebih memudahkan bisnis yang kamu jalankan.

Lalu dimana bisa mendapatkan invoice dengan banyak fitur ini?

Kami merekomendasikan Invoice Digital Sahabat Bisnis untuk memudahkan pembuatan maupun pengarsipan tagihan penjualan bisnis kamu. 

Invoice online ini menghadirkan fitur yang dapat memudahkan pengembangan bisnis kamu sehingga lebih efektif dan efisien.

Lebih dari itu, kamu juga dapat menikmati fitur invoice financing yang akan di update di masa mendatang. Invoice financing merupakan layanan pinjaman jangka pendek yang menggunakan invoice belum terbayarkan sebagai jaminan. 

Jumlah pinjaman dapat disesuaikan dengan jumlah invoice yang belum dibayar oleh klien kamu. Dengan menggunakan Invoice Digital dari Sahabat Bisnis, kamu akan lebih mudah mengatur pembukuan keuangan bisnis.

Yuk buat invoice kamu di Sahabat Bisnis! Klik gambar di bawah untuk Coba Gratis Sekarang!

tagihan penjualan
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here