spot_img
spot_img
HomeUncategorizedManfaat Cloud Accounting untuk Laporan Keuangan Sederhana

Manfaat Cloud Accounting untuk Laporan Keuangan Sederhana

Ada banyak hal yang harus dikelola oleh seorang pebisnis. Termasuk masalah pada perkembangan perusahaan hingga masalah tentang keuangan. Beberapa di antaranya meliputi, pengelolaan invoice, membuat laporan keuangan sederhana, mengelola stok, dan masih banyak lagi. Tidak heran jika para pebisnis memanfaatkan software seperti cloud accounting untuk mengelola keuangan perusahaan. 

Salah satu keunggulan dari cloud accounting yaitu dapat membuat kerja jadi lebih efisien, hemat, dan memberikan data yang akurat. Cocok bagi kamu yang tidak ingin repot dan tak punya banyak waktu. Berikut pengertian dari cloud accounting dan seberapa pentingnya bagi bisnis. 

Apa Itu Cloud Accounting? 

Cloud accounting mengacu pada tugas akuntansi dasar, seperti mengelola dan menyeimbangkan pembukuan, hingga membuat pembukuan sederhana menggunakan perangkat lunak.

Letak dari perangkat lunaknya berada di di cloud dan sering dikirimkan dalam model as-a-service. Staf atau akuntan pihak ketiga dapat mengelola hutang, piutang, buku besar, dan lainnya dapat ditemukan di dalam aplikasi. 

Sama seperti sistem berbasis cloud lainnya, perangkat lunak cloud accounting berjalan di platform penyedia cloud, bukan di hard drive atau server lokal. Pengguna dapat mengakses apa yang mereka butuhkan melalui internet. Artinya, karyawan atau akuntan tidak perlu berada di lokasi tertentu untuk memahami kondisi keuangan bisnis. Sangat praktis bukan? 

Baca Juga: Keuntungan Pakai Aplikasi Inventory, Kelola Stok Barang Otomatis

Manfaat Menggunakan Cloud Accounting dalam Membuat Laporan Keuangan Sederhana

Laporan Keuangan Sederhana

Ada beberapa alasan yang menjadikan cloud accounting digunakan banyak pebisnis, salah satu di antaranya dapat membuat laporan keuangan sederhana dalam waktu singkat. Berikut beberapa alasan lain yang membuat cloud accounting dipilih oleh para profesional. 

  1. Cara kerja yang otomatis

Ketika rekening bank terhubung ke sistem akuntansi, transaksi diposting secara otomatis. Perangkat lunak ini juga dapat mengotomatiskan rekonsiliasi akun, mencocokkan laporan bank dan faktur ke buku besar untuk membantu kamu dalam menutup pembukuan akuntansi lebih cepat. 

  1. Menawarkan Aksesibilitas

Hanya dibutuhkan koneksi internet, browser web, dan kredensial login untuk mengakses cloud. Bahkan bisa diakses melalui perangkat seperti smartphone dan tablet. Karyawan dan pengguna lain tak perlu berada di komputer atau lokasi tertentu untuk melihat informasi pada sistem sehingga lebih menghemat banyak waktu. 

  1. Data Tersimpan dengan Aman

Protokol keamanan vendor cloud accounting bisa kamu andalkan. Pasalnya, pihak penyedia cloud secara teratur mencadangkan data ke server di beberapa lokasi. Sistem ini meminimalisir risiko kebakaran atau bencana alam yang dapat membuat data perusahaan hilang atau rusak. Selain itu, informasi yang disimpan di cloud accounting juga menghindari kamu dari kejahatan seperti pencurian. 

  1. Implementasi yang Lebih Cepat

Perusahaan bisa memulai dan menjalankan cloud lebih cepat karena tidak ada server yang harus dibeli dan disiapkan, serta tidak ada tim IT untuk dilatih. Vendor pun juga biasanya telah melakukan ribuan implementasi dan mengembangkan proses yang lebih efisien. Kamu pun dapat mengaksesnya secara cepat. 

Pilih Platform Cloud Accounting yang Tepat dengan Sahabat Bisnis

Platform cloud accounting dapat meningkatkan proses akuntansi jadi lebih baik. Kamu bisa dengan mudah mengidentifikasi kebutuhan apa saja yang diperlukan. Pastikan memilih untuk menggunakan cloud accounting yang tepat untuk kerja yang cerdas, produktif, dan efisien. 

Kamu bisa mengandalkan Sahabat Bisnis agar keuangan perusahaan lebih tertata. Sebab, di dalamnya terdapat berbagai produk mulai dari e-invoice hingga inventory manajemen yang sangat berguna bagi keberlangsungan bisnis. Semua data tersimpan secara otomatis dan aman. 

Kamu pun tidak perlu kesulitan dan membuang banyak waktu hanya untuk menemukan catatan penjualan atau pemasukan. Dengan menggunakan fitur dari Sahabat Bisnis, kamu akan merasakan sejumlah keunggulan, di antaranya: 

  • User interface yang mudah dipahami. Di dalamnya terdapat berbagai fitur mulai dari dasbor manajemen, manajemen produk, manajemen gudang, pengalihan inventaris, penghitungan pajak hingga rekonsiliasi. 
  • Memproses data secara cepat dan tepat untuk meningkatkan kelancaran bisnis
  • Memudahkan dalam membuat laporan keuangan
  • Punya sistem pembayaran yang mudah karena bisa mengakses banyak pilihan bank dan multi layanan
  • Bisa memperluas networking hingga kesempatan bekerjasama dengan mitra lain di ekosistem SaBiNetwork.

Maju dan kembangkan bisnismu sekarang bersama Sahabat Bisnis, sobat cuanmu! Kini, membuat laporan keuangan sederhana terasa lebih ringan, cepat, dan efisien.

Hanya dengan sign up, kamu bisa nikmati beragam fitur di dalamnya. Yuk, sign up dan coba gratis!

spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here