spot_img
spot_img
HomeInventory ManagementManfaat Manajemen Persediaan Stok Barang bagi Bisnismu!

Manfaat Manajemen Persediaan Stok Barang bagi Bisnismu!

Sehat atau tidaknya usaha atau bisnis kamu ditentukan dari gimana cara kita manajemen persediaan stok barang atau produk. Apalagi, kalau usaha kamu punya banyak SKU barang di lebih satu gudang yang terpisah. Hmm, rumit juga ya?

Kalau operasional bisnis kamu masih dijalankan secara manual, sangat mungkin terjadi masalah, seperti: barang yang tertukar, barang yang salah kirim, jumlah barang berkurang, atau hal lainnya. Bukannya menakuti, tapi setidaknya, artikel ini akan jelasin kenapa sih Manajemen Persediaan Stok/Barang itu penting banget?

Yuk baca artikel ini untuk tahu lebih lanjut!

Pengertian dan Manfaat Manajemen Persediaan 

Manajemen persediaan adalah sistem untuk mengelola persediaan barang. Bagaimana barang-barang persediaan dapat diklasifikasikan dan seberapa akurat catatan persediaan dapat dijaga. Manajemen persediaan juga berfungsi sebagai jembatan antara proses barang produksi dan pengelolaan pergerakan barang produksi itu kepada pembeli atau mitra. Cukup krusial bukan?

Dengan kata lain, tujuan manajemen persediaan itu untuk mengatur dagangan kita yang disimpan dan menunggu dipergunakan/dijual. Nah, berdasarkan jenis barang yang dikelola, manajemen persediaan terbagi beberapa jenis:

  • Barang mentah atau bahan baku. Manajemen persediaan harus mampu memastikan jumlah bahan baku yang ada mampu mencukupi kebutuhan produksi.
  • Barang proses atau barang setengah jadi. Biasanya barang ini digunakan untuk didisribusikan ke pabrik lain untuk dilanjutkan menjadi barang jadi. Manajemen persediaan akan menentukan seberapa banyak barang yang diperlukan untuk di distribusi agar bisa memenuhi permintaan.

Ada lagi nih turunan dari jenis barang itu:

  • Barang jadi atau finishing goods.

Manajemen persediaan akan mengatur jumlah yang tersedia, ke mana akan didistribusikan, dan berapa jumlahnya. Tidak lain tidak bukan agar mampu mendapatkan jumlah produk optimal agar keuntungan maksimal.

  • Barang suplai

    Manajer harus mengelola barang yang menjadi persediaan baik yang akan digunakan untuk produksi atau tidak Barang dagangan. Barang ini harus jelas jumlah nya dan dimana saja akan didistribusikan.

Tips nih untuk Sahabat, dalam manajemen persediaan, hal yang harus diurus yaitu pengelolaan bahan baku, barang dagang, barang yang diproses, dan barang yang di-supply pada sebuah perusahaan.

Jadi, diterapkannya manajemen persediaan dalam suatu perusahaan bertujuan untuk memaksimalkan pengelolaan persediaan barang yang ada dengan biaya seminimal mungkin, sehingga membantu perusahaan agar mendapatkan cuan yang besar. 

Manajemen Persediaan untuk Stok Barang di Gudang

Tujuan lain manajemen persediaan ini kita akan lebih mudah untuk memantau pergerakan stok. Dalam penggunaannya, kamu bisa tahu, mana barang yang sudah keluar, jumlah barang yang masih tersedia, atau ada barang yang diretur oleh pembeli. Ini bisa menjadi dasar pertimbangan untuk pembelian barang berikutnya.

Baca juga: Kenapa Manajemen Stok Barang Itu Penting? Bonus 6 Cara Tips Gampang Menerapkannya!

Selain itu, kamu akan terbantu untuk melihat barang yang paling laris atau banyak terjual. Sebaliknya, kamu juga bisa melihat barang yang perputarannya cukup lambat nih alias jarang dibeli. Jadinya, kamu bisa tau nih, mana barang yang sudah perlu dibeli kembali sebagai stok, mana yang belum perlu dibeli ulang.

Simpel dan sangat berguna, manajemen persediaan akan mengendalikan arus stok barang

Di dalam manajemen persediaan, kamu juga bisa lho mempercepat atau memperlambat barang keluar dari gudang dengan alasan yang sudah kamu pertimbangkan. Misalnya nih, ketika terjadi kelangkaan barang modal atau untuk memenuhi pesanan yang sudah dijanjikan.

Manajemen persediaan akan menghindari bisnis dari kecurangan

Faktanya, meskipun barang sudah aman di stok, tapi kalau tidak bergerak, bisa saja terancam kerusakan, hilang, dan rawan penyelewengan. Tindakan penyelewengan atau kecurangan bisa terjadi dari pihak mana saja, baik internal maupun pemasok. Caranya, mulai dari pencurian barang sampai manipulasi data stok.

kalau terjadi hal ini, kamu malah perlu membuat pengeluaran yang tidak seharusnya untuk mengembalikan keseimbangan stok barang. Karenanya, manajemen persediaan dapat menjadi pegangan kamu agar tak kehilangan kontrol atas barang-barang di gudang.

Manajemen persediaan buat kamu lebih jago dalam ambil keputusan bisnis

Fungsi lain dan nggak kalah penting, manajemen stok jadi bahan pertimbangan kamu menentukan keputusan penting untuk bisnis kamu. Kira-kira begini kalau dianalogikan, stok barang atau persediaan itu bisa jadi pedang bermata dua.

Misalnya, kalau kamu punya stok barang berlimpah di gudang, ini bisa diartikan sebagai dua hal. Pertama, toko kamu punya persediaan yang kuat. Kedua, barang kamu tidak laku-laku amat dijual. Waduh?

Dengan manajemen persediaan, akurasi pencatatan barang menjadi sangat akurat dan kamu bisa menentukan langkah strategis.

Misalnya, untuk stok barang yang sudah cukup lama mengendap di gudang, kamu bisa menerapkan tawaran diskon 20%-50% untuk menarik pembelian nih. Atau, kalau kamu punya toko online, tinggal kasih giveaway atau pemberian hadiah untuk pembeli yang diambil dari stok lama kamu.

Solusi mudah manajemen persedian di Sahabat Bisnis

Beberapa cara di atas, bisa mengurangi beban gudang dan mengembalikan keseimbangan stok barang. Selain itu, kamu bisa mengubah barang simpanan di gudang menjadi dana cair yang bisa digunakan untuk keperluan bisnis lainnya.

Nah, agar lebih mudah lagi, kamu tidak perlu pusing mikirin gimana ya mulai menerapkan manajemen persediaan stok barang, apalagi secara manual. kamu bisa kok gunakan solusi dari SahabatBisnis, yaitu Inventory Management. Di sana, kamu bisa mengelola manajemen persedian dengan baik dan mudah secara terautomasi. Seperti:

  • Mengatur proses pencatatan, pencarian, penyimpanan, dan penjualan stok produk/barang dengan mudah.
  • Mulai dari bahan mentah (baku) atau barang jadi. Tak lagi repot atau ribet mengatur stok, semua dilakukan dengan mudah dan tertata dengan baik.
  • Dapat dikelola secara real time
  • Atur banyak warehouse dalam satu dasbor
  • Pengalihan Inventaris/Stok Opname/Rekonsiliasi

    Coba Gratis Sekarang!
Manajemen Persediaan
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here