spot_img
spot_img
HomeE-InvoicingAplikasi InvoiceMengenal Invoice Digital, Fitur dan Kelebihannya

Mengenal Invoice Digital, Fitur dan Kelebihannya

Salah satu hal yang berkaitan dengan bisnis adalah invoice atau tagihan. Dalam menjalankan bisnis, sebuah perusahaan akan membuat berbagai invoice untuk keperluan pembayaran.

Di era yang serba digital seperti sekarang, telah hadir tagihan secara digital yang bisa memudahkan proses pembayaran dan pengelolaan uang pada usaha kamu. Beragam aplikasi juga turut hadir untuk membantu bisnis kamu dalam hal keuangan.

Kehadiran Invoice Digital ini bisa menjadi pengganti faktur konvensional agar memperlancar bisnis kamu. Untuk mengetahui informasi lengkapnya serta fitur dan kelebihannya, simak artikel berikut ini.

Fitur-Fitur Invoice Digital

Perbedaan yang terasa dari penggunaan tagihan secara elektronik dibanding invoice konvensional adalah fitur yang tersedia. Jika menggunakan invoice konvensional, kamu harus menuliskan segala sesuatunya secara manual.

Sementara jika menggunakan invoice secara digital, kamu bisa dengan mudah menyesuaikan sesuai kebutuhan karena formatnya yang sudah digital dan dilengkapi berbagai fitur yang bisa mempermudah proses pengisian invoice.

Untuk mengetahui apa saja fitur yang tersedia pada tagihan secara elektronik, berikut ini daftar lengkapnya:

  1. Pengelolaan Keuangan yang Terintegrasi

Fitur yang pertama adalah pengelolaan keuangan yang terintegrasi. Karena menggunakan aplikasi, kamu tidak bisa mendapatkan laporan mengenai invoice saja, tapi juga tersedianya fitur akuntansi yang bisa membantu mencatat keuangan.

Dibandingkan invoice konvensional, tentu saja fitur ini sangat bermanfaat dan bisa mempermudah proses pencatatan keuangan sebuah usaha.

  1. Arsip Invoice

Fitur berikutnya adalah Arsip Invoice. Jika sebelumnya kamu menggunakan invoice konvensional berupa kertas, maka diperlukan map atau tempat penyimpanan yang besar agar invoice-invoice yang ada bisa tersimpan dengan baik.

Namun, jika menggunakan invoice secara digital kamu tidak perlu tempat penyimpanan tersebut karena invoice akan tersimpan secara otomatis dalam format digital. Selain menghemat ruang penyimpanan, fitur ini juga mempermudah kamu untuk mencari dokumen invoice tersebut saat dibutuhkan.

  1. Laporan dan Audit

Fitur lain yang bisa kamu nikmati jika menggunakan invoice secara digital adalah pelaporan dan audit dari usaha kamu. Dengan fitur tersebut kamu bisa melakukan analisis untuk mengetahui penggunaan dari anggaran usahamu secara detail.

Tidak hanya itu, fitur ini juga bisa membantu kamu untuk menyajikan data penting mengenai keuangan usaha termasuk utang perusahaan. Sehingga kamu tidak perlu pusing membuat data secara manual karena semuanya sudah tersaji secara digital.

  1. Keamanan

Salah satu fitur yang penting menjadi nilai tambah bagi invoice secara digital adalah keamanan. Karena dilakukan secara digital, maka keamanan mengenai pengiriman invoice kepada klien bisa lebih terjamin.

Kamu tidak perlu khawatir akan terjadi kehilangan dokumen invoice, karena invoice tersebut akan otomatis terkirim kepada klien melalui email. 

  1. Pemenuhan Pajak

Fitur terakhir adalah mudah kamu bisa lebih mudah melacak beban pajak yang ada pada usaha kamu. Kehadiran fitur ini juga bisa mempermudah dalam proses perhitungan pajak yang harus dikeluarkan.

Dengan segala sesuatunya yang serba digital, kamu tidak perlu repot menyiapkan perhitungan pajak secara manual dan bisa melihatnya langsung dari aplikasi.

Baca juga: 10 Tips Memastikan Pembayaran Digital Aman untuk Pelanggan dan Partner Bisnis

Kelebihan dari Invoice Digital

invoice digital
ilustrasi buat e-invoice di sahabatbisnis.id

Setelah mengetahui berbagai fitur yang tersedia pada invoice secara digital, apakah kamu sudah tertarik untuk menggunakannya? Agar pengetahuanmu tentang invoice secara digital semakin bertambah, berikut ini kami sajikan kelebihan dari penggunaan invoice tersebut:

  1. Pembayaran Bisa Selesai Lebih Cepat

Kelebihan pertama adalah klien bisa lebih cepat melakukan pembayaran. Sebab dalam invoice secara digital akan ada informasi mengenai pembayaran.

Hal ini tentu akan mempermudah proses pembayaran klien dalam melunasi tagihan. Selain itu juga bisa memperlancar keuangan bisnis kamu.

  1. Membantu Melakukan Pembayaran Tepat Waktu

Karena pembayaran bisa dilakukan dengan cepat, hal ini juga menjadi alasan pembayaran bisa dilakukan dengan tepat waktu.

Sebab, semua informasi mengenai pembayaran sudah tersedia di invoice tersebut. Sehingga klien bisa dengan mudah melakukan pembayaran sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan.

  1. Menjadikan Usahamu Profesional

Dengan invoice secara digital, hal ini bisa menambah nilai profesional pada usaha kamu. Karena invoice ini bersifat otomatis, maka semuanya menjadi lebih efisien. 

Tipe invoice ini juga dilengkapi dengan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh klien saat akan melakukan pembayaran. Klien pun akan mudah untuk melakukan pelunasan tagihan dengan informasi lengkap yang sudah tersedia.

  1. Menunjukkan Kredibilitas Merek Usaha

Kredibilitas usaha kamu juga akan terlihat jika menggunakan tagihan digital. Tagihan digital ini juga bisa menjadi pilihan yang bagus untuk menunjukkan merek usaha kamu.

Apalagi dengan tagihan secara digital kamu bisa mengatur tampilan tagihantersebut. Tidak hanya desain dari tampilan dari tagihan, tapi juga gaya penulisan hingga logo perusahaan yang bisa menunjukkan kredibilitas.

  1. Catatan Keuangan Lebih Teratur

Terakhir adalah kamu bisa membuat catatan keuangan perusahaan menjadi lebih teratur.

Sebab, dengan menggunakan tagihan digital akan otomatis tersambung dengan program akuntansi yang tersedia. Sehingga proses pencatatan keuangan usahamu lebih mudah dilakukan.

Oleh karena itu kami merekomendasikan untuk menggunakan produk terbaru yang dikeluarkan oleh Sahabat Bisnis untuk membantu usaha kamu. 

Produk satu ini menawarkan berbagai fitur menarik untuk membantu perlancar usaha kamu. Bahkan, kamu sudah bisa membuatnya di smartphone kamu lho!

Yuk, coba gratis berbagai fitur menarik Invoice Digital Sahabat Bisnis yang bisa mendorong sirkulasi invoice usaha kamu!

spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here