spot_img
spot_img
HomeE-InvoicingMengenal Invoice Pengiriman Barang dan Cara Buatnya.

Mengenal Invoice Pengiriman Barang dan Cara Buatnya.

Ada banyak hal yang wajib dipersiapkan oleh pebisnis, lho, SaBi. salah satu yang paling penting adalah invoice pengiriman barang.

Sebagai seorang pebisnis profesional, tentu penting untuk mengarsipkan berbagai macam transaksi. Hal ini dilakukan untuk menghindari banyak kejadian yang tak diinginkan di masa depan, ya, SaBi!

Mengapa Harus Menggunakan Invoice Pengiriman Barang (IVB)?

Ada beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh pembeli dan penjual ketika menggunakan invoice dalam melakukan transaksi, diantaranya:

Bagi Pembeli:

1. Menjadi Bukti Transaksi

Pembeli kerap membutuhkan bukti transaksi sebagai bentuk pengarsipan barang yang mereka beli, bukti untuk pihak lain, atau untuk pengaturan keuangan.

Sebagai penjual yang profesional, alangkah baiknya apabila SaBi membuat invoice pada saat mengirimkan barang supaya pembeli bisa lebih jelas mengarsipkan data-data pembelian dan pengirim barang yang sudah dikirimkan kepada mereka.

2. Bentuk Kepercayaan

Dengan adanya invoice pengiriman, maka pembeli pun akan merasa lebih percaya kepada penjual karena dengan begitu, artinya penjual sangat peduli terhadap barang yang mereka kirimkan.

Nah sebagai penjual yang baik tentunya kamu ingin menjalin relasi yang baik dengan pelanggan, bukan? Jadi, mulai sekarang kamu bisa membuat IVB pada saat kamu mengirimkan barang kepada pelanggan.

Bagi Penjual

1. Menjadi Bukti Keabsahan Pengiriman

Invoice yang disertai dengan resi ekspedisi akan sangat membantu dalam membuat bukti sah pengiriman barang.

Baca juga: Kenapa Manajemen Stok Barang Itu Penting? Bonus 6 Tips Gampang Menerapkannya!

Dengan menggunakan invoice ini, kamu bisa memberikan bukti pada pelanggan yang mempertanyakan mengenai status pengiriman barang mereka.

Penjual wajib memiliki data-data penting dari perusahaan mereka sehingga bisa menjadi tameng apabila nantinya ada pelanggan yang komplain atau bertanya mengenai barang yang mereka beli.

2. Inventaris Perusahaan

Perusahaan yang baik memiliki proses inventaris yang baik pula.

Semakin baik proses dan sistem inventarisnya, maka semakin jelas bagimu untuk bisa melacak rekam jejak transaksi dari penjual ke pembeli.

Nantinya ini bisa menjadi data yang penting untuk pengembangan produk perusahaan, pengembangan pelayanan perusahaan, serta mengevaluasi kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan juga ancaman dari bisnis.

Buat Invoice Pengiriman Barang Gratis dengan SahabatBisnis.id

Kini kamu gak perlu ribet untuk bikin dan kirim invoice untuk customer kamu.

Cukup pakai E-Invoice dari Sahabat Bisnis, kamu bisa buat dan kirim invoice secara otomatis ke pelanggan kamu.

Cara Buat Invoice Pengiriman Barang dari sahabatbisnis.id

Mudah bukan? Yuk segera coba gratis melalui link ini biar bisnismu makin cuan!

Invoice Pengiriman Barang
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here