spot_img
spot_img
HomeE-InvoicingMengenal, Manfaat, dan Contoh Invoice Barang yang Baik

Mengenal, Manfaat, dan Contoh Invoice Barang yang Baik

Pada saat kamu akan melakukan bisnis,  satu hal yang wajib diperhatikan adalah pembuatan invoice. Invoice merupakan sebuah komponen penting dalam proses inventaris dan juga pencatatan data barang. Sebagai pebisnis, SaBi harus memahami seperti apa contoh invoice barang yang tepat sebelum melakukan jual beli.

Invoice dengan format yang tepat tidak hanya bermanfaat untuk kamu sebagai pebisnis, tetapi juga untuk pembeli. Invoice yang jelas akan membuat bisnismu terlihat terpercaya. Selain itu, datanya pun akan terlihat lebih mudah dibaca oleh para pembeli.

Memahami Invoice dan Mengapa Kamu Membutuhkan Invoice

Invoice merupakan sebuah lembaran yang berisi data penjualan, nama klien, jumlah penjualan, dan harga yang secara sah dicap atau ditandatangani oleh penjual. Invoice adalah bukti bahwa transaksi benar-benar terjadi sehingga bisa dijadikan sebagai catatan yang sah baik bagi penjual maupun bagi pembeli.

Invoice dibuat secara rinci sehingga penjual bisa dengan mudah menginventarisir keuntungan dan juga data penjualan. Pemilik pun juga dapat melakukan klaim terhadap pihak bank tertentu. Dengan adanya invoice hal itu menjadi bukti bahwa ia telah menerima sebuah barang atau jasa.

Selain itu invoice menjadi bukti bahwa penjualan dan pembelian dilakukan secara sah. Jadi, ketika ada tuntutan atau kesalahan di masa depan, invoice bisa menjadi bukti atas hal tersebut.

Maka dari itu, sebaiknya membuat invoice harus secara jelas, tepat dan juga meliputi berbagai hal yang ada pada saat proses transaksi jual beli dilakukan.

Selain itu pembuatan invoice dan hasilnya juga harus disetujui oleh pihak penjual maupun pihak pembeli.

Contoh Invoice Barang yang Baik

Sebetulnya tidak ada format yang khusus dari sebuah invoice.

Setiap perusahaan memiliki kebijakannya masing-masing terkait invoice. Ada begitu banyak jenis invoice yang berbeda-beda tergantung dari tujuan invoice dan juga bentuk barang.

Namun secara umum invoice meliputi beberapa hal. Yang pertama, SaBi harus membuat tabel atau daftar dari barang yang diperjualbelikan. Di dalam tabel tersebut, kamu tidak hanya menuliskan nama barang saja.

Kamu juga harus menuliskan jumlah barang dan juga total harga barang dengan cara mengalikan harga dasar dengan kuantitas barang yang dibeli oleh pembeli. Setelah itu, kamu bisa menjumlahkan semuanya dan meletakkannya di kolom jumlah.

Jangan lupa menuliskan total harga barang dalam bentuk deskriptif dan bukan sekadar angka. Hal ini penting supaya kamu bisa dengan jelas menunjukkan berapa harga barang ke pembeli dan pembeli pun bisa lebih memahami hal tersebut.

Baca juga: Cara Mudah Manajemen Stok Barang untuk Berbagai Usaha

Sebelumnya, pada bagian atas invoice kamu harus menuliskan nama perusahaanmu beserta alamat dan juga kontak yang bisa dihubungi. Kamu juga bisa menambahkan hal lain seperti misalnya Instagram. Hal ini penting supaya suatu saat pembeli bisa mengontak kamu lagi dengan mudah.

Pada sisi kanan lembaran invoice kamu juga bisa menuliskan tanggal pembelian nomor Transaksi dan juga nama pembeli.

Setelah itu invoice dapat diakhiri dengan cap bisnismu dan juga tanda tangan. Hal ini juga dapat berlaku apabila kamu membuat invoice secara daring atau secara digital.

Invoice Biasa vs Invoice Digital

Pada era digital ini memang akan lebih ringkas dan mudah apabila SaBi menggunakan e-invoice atau invoice yang berbentuk digital.

Invoice digital ini merupakan jenis invoice yang diberikan kepada pembeli melalui email atau nomor whatsApp. Kelebihan dari invoice ini jika dibandingkan dengan invoive biasa adalah lebih mudah untuk disimpan.

Sehingga, kamu tidak memerlukan tempat khusus untuk menyimpan invoice seperti layaknya invoice biasa. Jadi ini akan menghindarkan kamu dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti misalnya kehilangan invoice karena banjir, kebakaran, dan lain sebagainya.

Invoice fisik di kemudian hari dijadikan format digital atau jika ingin lebih ringkas kamu juga bisa membuat cap dan tanda tangan digital yang bisa disematkan kepada invoice digital.

Kemudahan Memiliki Invoice Digital

Contoh Invoice Barang

Terkadang, pebisnis, terutama yang sedang merintis, tidak memiliki waktu atau memiliki sumber daya untuk khusus memerhatikan proses invoice. Lalu, apa yang harus dilakukan?

SaBi tidak perlu khawatir soal invoice digital. Jika kamu tidak memiliki waktu untuk hal itu, biarkan kami menanganinya untuk kamu melalui SahabatBisnis.id. kamu bisa memberikan waktu untuk hal-hal lain pada bisnismu seperti misalnya pengembangan produk dan promosi untuk produk.

Sementara itu, Sahabat Bisnis akan membantu kamu dalam melakukan proses pembuatan invoice, hingga inventaris barang. Ini tentu akan mempermudah kamu dalam memajukan bisnismu.

Percayakan proses pembuatan digital invoice-mu pada SaBi dan jangan lupa untuk tetap berfokus pada kemajuan bisnismu. Sahabat Bisnis akan membantu kamu dalam masalah inventaris barang dan juga dalam memberikan bukti transaksi untukmu. SaBi memberikan contoh invoice barang terbaik yang dapat membuat bisnismu semakin tertata.

Contoh Invoice Barang
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here