spot_img
spot_img
HomeE-InvoicingModal Usaha: Kredit Tanpa Agunan Online atau Invoice Financing?

Modal Usaha: Kredit Tanpa Agunan Online atau Invoice Financing?

Kredit tanpa agunan online merupakan produk pinjaman dari bank yang berguna sebagai suntikan dana untuk bisnismu. Akan tetapi tahukah kamu bahwa sebenarnya ada beberapa alternatif pinjaman lainnya yang bisa kamu gunakan untuk memeroleh dana bisnis. 

Beberapa diantaranya yakni invoice finance, invoice factoring, dan discounting. Kalau varian lainnya yakni ada peer to peer lending, pinjaman online legal dari pihak swasta, dan masih banyak lagi jika disebutkan satu per satu. 

Artikel ini tidak akan membahas varian pinjaman selain produk bank. Namun lebih menyasar pada perbandingan antara kredit tanpa agunan ‘online’ dengan invoice financing. Penasaran apa saja poin-poinnya? Yuk, ikuti pembahasan dalam informasi berikut!

Pengertian dan Kecepatan Kredit Tanpa Agunan Online VS Invoice Financing

Ditinjau dari pengertiannya, kredit tanpa agunan atau yang biasa disebut sebagai KTA merupakan suatu pinjaman dana tunai dari bank untuk debitur. Sesuai dengan namanya, pihak debitur tidak perlu menjaminkan asetnya pada bank, sang pemberi pinjaman. 

Apabila dibubuhkan kata online, pastinya kredit tanpa agunan ini berbasis daring mulai dari pengurusannya, verifikasi, persetujuan, hingga pencairannya pada rekening. Walaupun pencairan real time, biasanya proses verifikasi data berlangsung selama 14 hari kerja. 

Sedangkan invoice financing merupakan pinjaman modal bisnis untuk UKM atau UMKM berkembang. Bisa juga disebut sebagai pembiayaan jangka pendek dimana pencairannya dilakukan dengan menyetor invoice tagihan yang belum dilunasi oleh mitra atau pelanggan.

Bisanya, pencairan dana dalam invoice financing terhitung lebih cepat ketimbang pelunasan yang dilakukan oleh mitra atau pelan. Ada pula pemasok dana yang bisa mencairkan dalam hitungan waktu 3 hari saja semenjak penyetoran invoice pada mereka. 

Dari sini bisa ditarik benang merah jika dari segi jaminan, KTA online lebih menang daripada invoice financing. Akan tetapi, apabila dibandingkan menurut pencairannya, invoice financing lebih cepat dibandingkan dengan KTA online yang butuh verifikasi 14 hari dahulu.

Besaran Bunga dan Tenor Kredit Tanpa Agunan Online VS Invoice Financing

Tentang besaran bunga, keduanya bisa dibilang memiliki besaran yang hampir sama. Untuk kredit tanpa agunan sendiri biasanya sekitar 0.8–2%. Kalau invoice financing mempunyai bunga sekitar 1–2%. Tidak ada perbedaan yang terlalu kentara di sini. 

Mengenai tenor atau jangka waktunya, jelas lebih panjang kredit tanpa agunan. Sebab, tenor yang biasa mereka tawarkan bisa tahunan, yakni dari 3 hingga 5 tahun. Di lain sisi, invoice financing sendiri memiliki bunga relatif singkat dari 1 hingga 6 bulan saja.

Baca juga: Intip Contoh Invoice Penjualan, Pembayaran, dan Tagihan Yuk! 

Tenor pinjaman baik pendek maupun panjang memiliki konsekuensi sendiri. Untuk tenor panjang memang terlihat menguntungkan. Namun bisa jadi masalah apabila bisnismu gulung tikar sebelum masa tenor habis. 

Sebaliknya, tenor pendek memang membuat buru-buru. Akan tetapi, dengan tenor pendek, bisnismu bisa segera melunasinya dan tentunya bisa menekan kemungkinan dari mencicil saat gulung tikar. Perbandingan dalam aspek satu ini lebih bersifat relatif untuk peminjam. 

Keunggulan dan Kekurangan Masing-Masing Kredit Tanpa Agunan Online VS Invoice Financing

Kredit Tanpa Agunan Online

Setiap produk pinjaman pastinya memiliki nilai plus dan minus masing-masing, termasuk KTA online dengan invoice financing. Nah, berikut merupakan poin plus dan minus masing-masing dari kedua varian pinjaman tersebut:

  • KTA Online

Terdapat keuntungan jika kamu mengambil KTA, yaitu suku bunga yang tetap dan bergantung pada tenor yang kamu pilih. Semakin sebentar, maka semakin sedikit besaran bunga yang harus dilunasi. 

Akan tetapi, pinjaman satu ini lebih tidak fleksibel, karena kamu harus menghitung secara tepat berapa banyak dana yang diperlukan bisnis. Sebab, bisa saja pencairan dana yang kamu dapatkan lebih banyak atau bahkan lebih sedikit. 

  • Invoice Financing

Kalau pinjaman ini bersifat lebih fleksibel, karena kamu cuma perlu meminjam apa yang sudah kamu punyai dalam bisnis. Sehingga tidak lebih maupun kurang. Risiko pun terhitung kecil, sebab uang pinjaman adalah persentase dari nilai faktur yang ada. 

Meskipun kekurangannya yakni pada biaya administrasi dan pengecekan kredit yang bekisar 1–5% dan pengecekan invoice biasanya berdasar pada histori pembayaran payor. Semua ini bisa dipermudah dengan e-invoice

Memilih Invoice Financing? Permudah Pencairannya dengan E-Invoice!

Dalam paparan di atas, bisa disimpulkan bahwa invoice financing lebih unggul ketimbang KTA online. Maka demikian, jika kamu lebih memilih opsi satu ini, lebih baik terapkan e-invoice pada bisnis mulai sekarang. 

Dengan menggunakan e-invoice, kamu bisa lebih mudah mengorganisir faktur tagihan pada mitra bisnis. Tidak cuma itu, ketelitian dan pengaturannya lebih bisa dipercaya dibanding invoice konvensional yang dilakukan dengan menulis atau menggunakan Excel. 

Melalui kualitas data-data dalam e-invoice yang baik, pastinya bisnismu bisa lebih mudah untuk dilakukan pengecekan. Maka demikian, pencairan dana dapat lebih cepat karena kemungkinan besar hampir seluruh invoice tagihan yang sudah disetor disetujui. 

Menerapkan e-invoice sendiri kini bisa kamu lakukan menggunakan PC, laptop, ponsel, maupun tablet dengan mengakses sahabatbisnis.id kapan pun dan dinamapun. Fiturnya memudahkan kamu dalam mengelola bisnis, khususnya UKM/UMKM.

Beberapa fitur diantaranya yaitu Dasbor Manajemen, Manajemen Produk, Manajemen Mitra (SaBiNetwork), Tagihan Keluar, Tagihan Masuk, dan Perhitungan Pajak. Semua ini tentunya mudah dipelajari dan dipahami dalam waktu kurang dari 1 hari saja!

Apabila kamu ingin segera melakukan invoice financing, maka langsung saja gunakan e-invoice dari Sahabat Bisnis! Setelah itu pihak Sahabat Bisnis akan melakukan validasi atas pengajuan invoice financing-nya. Ini adalah cara terefisien untuk mendapatkan dana ketimbang kredit tanpa agunan online!

Kredit Tanpa Agunan Online
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here