spot_img
spot_img
HomeLainnyaTips BisnisPebisnis Pemula, Kenali Jenis - Jenis Usaha UMKM

Pebisnis Pemula, Kenali Jenis – Jenis Usaha UMKM

Sebagai pebisnis pemula kadang kita tidak mengetahui bahwasanya diluar sana banyak sekali jenis usaha yang bisa berkembang dengan baik. Utamanya jenis usaha UMKM. Selama ini kita hanya mengira bahwa UMKM hanya merupakan usaha kecil yang tidak memiliki banyak keuntungan. 

Padahal, UMKM sendiri dibagi dalam beberapa jenis berdasarkan skala dan berdasarkan kategori produknya. Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui tentang jenis usaha UMKM berdasarkan skala dan kategori produknya. 

Jenis Usaha UMKM Berdasarkan Skala

Berikut merupakan jenis jenis usaha pada UMKM berdasarkan skalanya. Mulai dari usaha mikro, usaha kecil, hingga usaha menengah.

  • Usaha Mikro

Usaha mikro merupakan jenis usaha yang paling kecil. Sesuai dengan namanya, usaha mikro ini merupakan usaha individu yang produktif dengan omzet dibawah 50 juta Rupiah setiap bulan. kamu juga harus memenuhi beberapa syarat dalam undang-undang agar bisa dikatakan sebagai usaha mikro. 

Selain itu, usaha mikro juga memiliki ciri-ciri yakni belum pernah memiliki administrasi secara rigid, tidak bisa melakukan pinjaman bantuan di bank, usahanya belum tetap, produk yang di jual masih random, dan skalanya termasuk kecil. 

Contoh usaha mikro adalah warung makan, tukang tambal ban, toko kelontong, peternak ayam, jual sayur keliling, dan masih banyak lagi. 

  • Usaha Kecil

Usaha kecil merupakan salah satu jenis UMKM dimana usaha tersebut dipegang oleh suatu badan usaha maupun perorangan dengan kekayaan usaha dibawah 300 juta Rupiah dalam kurun waktu satu tahun. 

Usaha kecil memang sedikit lebih besar dari usaha mikro, namun tetap saja usaha ini juga masih belum memiliki pembukuan administrasi yang baik, kesulitan dalam permodalan, hingga kesulitan dalam meningkatkan skala bisnisnya. 

Untuk dipahami, usaha kecil ini bukan merupakan anak perusahaan, atau bagian dari usaha menengah maupun besar. Kriteria ini tertuang dalam Undang-undang nomor 9 tahun 1995.

Contoh dari usaha kecil ialah rumah makan lokal, laundry, fotocopy, toko pakaian, koperasi, dan lain sebagainya. 

  • Usaha Menengah

Usaha menengah merupakan suatu usaha oleh perorangan maupun badan usaha yang memiliki keuntungan bersih sekitar 500 juta Rupiah per bulannya. Biasanya usaha menengah ini sudah memiliki jaminan kesehatan untuk karyawannya. 

Usaha menengah meskipun masih terbilang usaha yang skalanya kecil namun sudah harus mulai melakukan strategi pemasaran yang baik, hingga melakukan positioning agar usahanya tetap bertahan dan mulai besar. 

Contoh dari usaha menengah adalah usaha hasil tani atau perkebunan, ekspedisi untuk muatan kapal di laut, hingga perdagangan dengan ekspor dan impor. 

Baca juga: Inilah 4 Manfaat dan 4 Sumber Big Data UMKM

Jenis Usaha UMKM Berdasarkan Kategori Penjualan Produk 

  1. Usaha di Bidang Kuliner

Makanan merupakan kebutuhan pokok banyak orang. Itulah yang menjadi buah pemikiran dari para pelaku bisnis kuliner ini. Setiap orang pasti butuh makan, maka perlu ada yang menyediakan makanan. 

Usaha di bidang makanan atau biasa disebut dengan kuliner memang sangat menggiurkan. Banyak sekali orang-orang berlomba untuk menjadi bagian di dalamnya. Berbagai macam makanan khas disajikan agar bisa bersaing dengan yang lainnya. 

Bisnis kuliner memang terbukti menjadi primadona di kalangan UMKM, hanya saja semakin banyaknya orang yang memilih bisnis ini, maka kita dituntut untuk semakin kreatif dalam menjalankannya. 

Kini usaha kuliner telah menjelma menjadi usaha yang penuh dengan kejutan setiap tahunnya. Karena mengikuti tren makanan yang viral. Ada juga yang tetap bertahan dengan makanan khas, namun disajikan sesuai dengan perkembangan zaman. 

Apalagi kini telah hadir juga jasa antar makanan, semakin mempermudah banyak orang untuk memesan makanan dari mana saja dan kapan saja. Contoh dari usaha kuliner adalah Rizka Wahyu (Kue Lapis Talas Khas Bogor), Teuku Wisnu (Malang Strudel), hingga Reza Murhaliman ( Keripik Maicih) 

  1. Usaha di Bidang Pertanian

Banyak yang mengira bahwa usaha di bidang pertanian adalah usaha yang harus memiliki lahan sawah untuk menanam padi atau jagung. Sehingga banyak yang memkamung sebelah mata usaha ini. 

Padahal kini jenis usaha UMKM di bidang pertanian telah menjelma menjadi usaha yang modern bahkan digandrungi oleh anak muda. 

Contoh dari usaha pertanian adalah menjual alat pertanian, menjual bibit tanaman (mulai tanaman hias hingga produktif), menjual tanaman hias, sayuran organik, hingga sayuran hidroponik. 

  1. Usaha di Bidang Fashion

Sama seperti bidang kuliner, fashion yang merupakan kebutuhan sehari-hari kini telah menjadi usaha fashion dengan mengikuti tren. Sehingga banyak sekali peminatnya. Bahkan jika usaha tersebut mampu memenuhi keinginan customer-nya, maka bisa dibilang bisnis tersebut akan laris dan selalu ditunggu-tunggu produknya. 

Beberapa produk fashion yang banyak diminati oleh pasar adalah baju wanita, tas wanita, jilbab, sepatu, pakaian anak hingga baju tidur. Modelnya pun berbagai macam, dan setiap tahun biasanya ada saja tren yang viral. 

  1. Usaha di Bidang Kreatif

Yang terakhir adalah usaha di bidang kreatif. Bidang ini mungkin belum banyak yang tertarik masuk ke dalamnya karena memerlukan keahlian tertentu untuk melakukannya. Usaha bidang kreatif berkecimpung pada usaha untuk membuat sesuatu yang unik. 

Misalnya saja hasil rajutan, pernak pernik dari gerabah, aksesoris dari manik-manik, hasil sablon, hingga pada karya digital yang dijual untuk kebutuhan estetika. 

Nah, itu tadi beberapa informasi tentang jenis usaha UMKM yang perlu kamu ketahui sebagai pebisnis pemula. Sebagai pebisnis, kami rekomendasikan kepada kamu Invoice Digital Sahabat Bisnis

Dengan berbagai fitur menarik yang akan membantu kamu dalam mengembangkan bisnis. Sahabat Bisnis juga akan merilis invoice financing yang akan membantu bisnismu berkembang melalui peminjaman modal. Semoga bermanfaat, ya! 

Jenis Usaha UMKM
spot_img

Latest articles

Explore more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here